Begini Cara Mengatur App Permission di Android dengan Mudah

Mungkin Anda bertanya-tanya apa itu App Permission. Apa itu App Permission? App Permission berasal dari bahasa Inggris yang  berarti Izin Aplikasi.

Ketika Anda menginstall sebuah aplikasi di Android, biasanya secara otomatis ada pemberitahuan untuk mengizinkan akses pada ke HP Anda. Seperti izin mengakses kamera, kontak, lokasi, dsb.

Sistem Android menampilkan daftar permintaan yang diperlukan saat suatu aplikasi akan diinstal dari Google Play Store. Daftar izin ini akan sangat penting karena berhubungan dengan data yang ada di gadged Anda. Namun, ada kalanya berupa data sensitif seperti permintaan untuk mengakses kontak ataupun lokasi Anda.

Oleh karenanya, ada baiknya jika Anda membaca dengan teliti satu persatu izin yang diminta untuk menjaga keamanan data sendiri. Sayangnya, setiap user malas membaca dan membuatnya selalu menekan tombol accept.

Namun, permission itu biasanya berkaitan dengan aplikasinya sendiri. Jika kita menonaktifkan salah satunya, mungkin aplikasi tersebut tidak bisa berjalan. Contoh: Ketika Anda menginstall aplikasi chatting seperti LINE ataupun Whatsapp, tentu aplikasi akan meminta izin untuk mengakses kontak Anda. Nah, izin akses kontak ini harus diaktifkan agar bisa terhubung selalu ke kontak yang ada di HP.

Cara Mengatur App Permission di Android

Jika Anda ingin meninjau kembali aplikasi yang terlalu banyak mengambil data pribadi, Anda dapat mengatur app permission di Android. Yuk, simak penjelasan cara mengatur app permission di Android berikut ini.

1. Buka menu settings di Android.

1-settings

2. Selanjutnya buka menu more settings untuk melihat lebih pengaturan yang ada.

2-more settings

3. Kemudian, pilih menu applications untuk melihat seluruh aplikasi yang ada di HP Anda.

cara mengatur app permission di Android

4. Untuk melihat aplikasi yang pernah Anda install di Android, klik installed.

3-about phone 4-installed

5. Pilih salah satu aplikasi yang Anda ingin ubah permissionnya. Disini saya ingin mengatur izin dari aplikasi LINE.

cara mengatur app permission di Android

6. Setelahnya, klik menu permissions di aplikasi tersebut.

6-izin

7. Disini kita akan buat LINE bisa mengakses SMS. Geser tombol slider hingga berubah menjadi on. Jika Anda ingin menonaktifkannya, silahkan geser tombol slider menjadi off.

cara mengatur app permission di Android

Begitulah cara mengatur app permission di Android. Sangat mudah, bukan? Sekarang Anda tidak perlu khawatir jika data pribadi akan terserap banyak oleh aplikasi tertentu. Selamat mencoba tutorial di atas. Jika artikel ini membantu, silahkan bagikan ke teman-teman lainnya. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Nesabamedia.com merupakan media online yang menyajikan konten menarik seputar komputer, internet, jaringan, android, website dan beberapa topik lain yang berhubungan dengan dunia komputer.

Leave a Reply

Send this to a friend