10+ Cara Agar HP Tidak Cepat Panas yang Bisa Diterapkan Sekarang Juga!

Pernahkah handphonemu terasa panas saat dimainkan? Jika iya, berarti handphone kamu telah bekerja sangat keras. Aktifitas yang banyak memakan RAM dan lain-lain juga dapat membuat handphone menjadi cepat panas.

Untuk itu, kamu harus melakukan beberapa cara agar handphone tidak cepat panas. Karena handphone yang panas akan membuat kamu tidak nyaman saat menggunakannya. berikut cara agar handphone kamu tidak cepat panas :

1. Simpan Handphone di Tempat yang Sejuk atau Terhindar dari Panas

hindari panas matahari

Image : Tribun Medan

Cara agar handphone tidak cepat panas yang pertama yaitu kamu harus menyimpannya di tempat yang sejuk atau minimal simpan ditempat yang terhindar dari panas. Jadi sebaiknya kamu menyimpan handphone di ruangan yang tidak berpotensi menimbulkan panas pada handphone.

Kamu bisa menyimpannya dimeja kamar atau ditempat lain yang lebih aman.  Yang perlu kamu hindari yaitu meletakkan handphone di tempat yang menimbulkan panas pada handphone disaat handphone sedang diisi daya baterai. Hal tersebut akan membuat handphonemu menjadi rusak bahkan lebih parahnya lagi dapat membuat baterai handphone meledak.

2. Jangan Menyalakan Wifi Secara Terus Menerus

hidupkan wifi

Image : Oketekno

Cara ini harus kamu lakukan untuk membuat handphone tidak cepat panas. Pasalnya, dengan menyalakan Wifi secara terus menerus akan akan membuat Wifi mencari jaringan secara otomatis, meskipun kamu tidak berada di posisi dimana ada sinyal Wifi.

Baca Juga: Cara Membuat Akun BBM Baru di HP Android

Dan menyalakan Wifi terus menerus bahkan karena tidak ada jaringan Wifi di sekitarmu pun dapat membuat handphonemu cepat panas. Maka dari itu nonaktifkan Wifi dari handphonemu jika kamu telah selesai menggunakannya.

3. Jangan Menggunakan Handphone saat Sedang Mengisi Daya Baterai

charge sambil main hp

Image : haber-sanliurfa

Memainkan handphone disaat sedang mengisi daya baterai pasti pernah kamu lakukan, kan ? Tetapi hal ini sebaiknya jangan dilakukan, walaupun kamu hanya sekedar chatting maupun menelpon. Karena menggunakan handphone saat dalam proses charging akan membuat handphone menjadi cepat panas.

Dan lebih parahnya lagi akan membuat baterai pada handphone cepat menggembung. Untuk itu, maka kamu harus menghentikan kebiasaan ini dan gunakan handphone jika sudah selesai mengisi daya baterai.

4. Matikan Handphone Sejenak

nonaktif handphone

Image : kawaii beauty japan

Memainkan handphone memang suatu kegiatan yang mengasyikkan, terlebih dengan menggunakan handphone kita dapat bermain game, mendengarkan musik, menonton film dan bahkan bermain sosial media. Dengan kegiatan yang super berat tersebut secara terus menerus akan membuat handphone kita merasa tersiksa karena telah bekerja keras.

Dan kegiatan tersebut akan membuat handphone menjadi cepat panas. Sebaiknya kamu hentikan atau berikan waktu sejenak untuk handphone istirahat dari kegiatan yang berat. Alangkah baiknya jika kamu juga dapat mematikan handphone sebentar selama beberapa jam untuk handphone beristirahat sebentar dari kegiatannya.

5. Tutup Aplikasi dan Koneksi Jika Sudah Tak Digunakan Lagi

cara agar handphone tidak cepat panas

Image : android police

Cara yang ampuh untuk mencegah handphone menjadi cepat panas lainnya yaitu dengan cara menutup aplikasi dan koneksi jika kamu sudah tidak menggunakannya lagi.  Sebaiknya kamu bisa mengatur kapan kamu bisa menghidupkan dan mematikan koneksi internet pada handphonemu.

Jika kamu sedang belajar atau sedang tidur, lebih baik kamu matikan koneksi internetmu. Dan apabila hal itu tidak memungkinkan bagimu, sebaiknya kamu harus mematikan fitur bluetooth, NFC maupun GPS. Cara tersebut sangat efektif untuk mencegah handphone agar tidak cepat panas. Bukan hanya itu saja, dengan mematikan fitur itu semua, kamu dapat menghemat baterai handphonemu ,lho.

Baca Juga: Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di Android

Kamu juga harus menutup aplikasi yang sudah tidak kamu gunakan lagi. Terlebih lagi kamu harus menutup aplikasi berat seperti game, atau yang lainnya. Karena hal tersebut akan membebani handphonemu dan akan membuat  handphonemu menjadi cepat panas.

Biasanya saat kamu melakukan kegiatan multitasking, kamu akan menekan recent apps. Nah untuk menghapusnya kamu harus menekan button closed. Maka handphone kamu akan terasa lebih ringan.

6. Menggunakan Aplikasi Penghapus Data Yang Tidak Diperlukan

files go

Image : CNet

Umumnya, di smartphone android banyak sekali file yang tidak terlalu berguna. File-file tersebut biasanya berupa cache dan cookies. Dan jika file-file tersebut sudah terlalu banyak dan kamu membiarkannya saja, maka efek yang akan timbul yaitu handphone kamu akan menjadi cepat panas. Karena hal tersebut dapat memenuhi RAM dihandphonemu.

Maka dari itu, kamu jangan pernah membiarkan saja file-file sampah tersebut di handphonemu. Kamu harus rajin untuk melakukan pembersihan file secara rutin. Untuk melakukan pembersihannya, kamu dapst memanfaatkan beberapa aplikasi dari Google seperti Files Go. Aplikasi ini dapat membuat kinerja lebih baik dan ia juga memiliki akses izin aplikasi yang sangat aman.

7. Jangan Sampai Handphone Terkena Air

hindari air

Image : bitterwallet

Handphone kamu tidak memiliki fitur anti air ? Jika tidak, jangan sekali-kali handphone kamu terkena air. Karena ternyata handphone yang terkena air terlalu banyak dapat membuat handphone kamu menjadi panas bahkan menjadi rusak. Maka dari itu, kamu harus menghindari menggunakan handphone di pantai, danau, ataupun kolam berenang.

8. Menghapus Aplikasi yang Dapat Memberatkan RAM

cara agar handphone tidak cepat panas dengan mudah

Image : daily express

Jika kamu memiliki handphone dengan jumlah RAM yang kecil, sebaiknya kamu harus menghapus aplikasi yang dapat memberatkan kinerja pada RAM. Terlebih lagi pada handphone yang hanya memiliki RAM sebesar 1 GB yang memang tergolong jumlah RAM yang kecil.

Baca Juga: Cara Menghapus Data Otomatis Saat Smartphone Hilang

Aplikasi-aplikasi seperti games akan memberatkan kinerja RAM, dan aplikasi tersebut akan memberatkan sistem sehingga performa pada handphone tersebut menjadi menurun. Efeknya malah handphone menjadi cepat panas. Maka dari itu, kamu harus menghapus aplikasi-aplikasi yang dapat memakan memori RAM seperti aplikasi games.

9. Jangan Menyimpan Handphone di Tempat yang Tertutup dan Sempit

saku celana

Image : eibag

Apakah kamu sering menyimpan handphone di saku celana ? Jika iya, Sebaiknya kamu menghentikan kebiasaan ini. Karena menyimpan handphone di celana jeans yang ketat akan membuat handphone tidak mendapati udara segar. Kamu juga harus menghindari menyimoan handphone di tas maupun tempat tertutup lainnya. Karena dapat membuat handphone menjadi cepat panas dan mengurangi performa handphone tersebut.

10. Menggunakan Aplikasi Pendingin pada Handphone

cara agar handphone tidak cepat panas

Image : jalantikus

Cara yang terakhir untuk kamu coba agar handphone tidak cepat panas yaitu kamu bisa menggunakan aplikasi pendingin pada handphone. Aplikasi ini cukup bermanfaat dan dapat membantu handphone kamu menjaga suhu agar tetap stabil. Banyak aplikasi pendingin pada handphone yang dapat kamu gunakan yaitu, Ease-US, coolmaster, dan masih banyak lagi.

10 cara agar handphone tidak cepat panas diatas dapat kamu ikuti agar handphone kamu tetap awet dan tidak cepat rusak. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Send this to a friend