6 Cara Agar HP Android Tidak Lemot Saat Main Game, Sudah Dicoba?

Jika kamu adalah seorang gamers, pasti hal yang paling menyebalkan saat kamu bermain game yaitu handphone yang suka lemot atau ngelag. Memang pada awalnya ketika kamu membeli sebuah handphone, handphone tersebut tidak menemukan masalah ketika kamu sedang bermain game.

Tetapi seiring dengan berjalannya waktu, pasti handphone tersebut akan terasa sangat lambat untuk menjalankan aplikasi game. Bahkan banyak kasus handphone yang mengalami lag atau patah-patah saat bermain game.

Hal tersebut sangatlah wajar, karena seiring bertambahnya waktu, maka semakin banyak pula aplikasi game dan aplikasi lainnya yang terinstall di handphone kamu.

Nah, banyaknya aplikasi-aplikasi terlebih lagi aplikasi game, akan banyak memakan RAM dan juga banyak meninggalkan cache sehingga membuat performa handphone kamu menjadi menurut.

Cara Agar HP Android Tidak Lemot Saat Main Game

Maka dari itu, untuk mencegah handphone kamu tidak lemot saat bermain game, kamu harus menggunakan cara-cara dibawah ini. Dan kamu tidak perlu khawatir karena cara-cara dibawah ini cukuplah mudah dan tidak ribet.

1. Bersihkan Cache Aplikasi

cache

Image : Tips dan Trik Android

Cache adalah file yang sengaja dibuat untuk menyimpan data semestara dalam handphone kamu. cache ini berfungsi untuk membantu mempercepat loading pada sebuah halaman atau untuk mempercepat performa transfer data pada suatu aplikasi.

Nah, hampir semua aplikasi yang ada di smartphone kamu menyimpan cache untuk berbagai keperluan. Tetapi terkadang ada aplikasi yang tidak bisa berjalan dengan normal dikarenakan cache yang lama. Maka dari itu, kita perlu untuk menghapus cache yang lama tersebut. kita dapat menghapusnya dengan cara manual, yaitu :

  • Pertama kamu harus membuka menu Settings.
  • Lalu buka lah menu Apps.
  • Dan kemudian kamu dapat memilih salah satu aplikasi yang terdapat dalam menu Apps.
  • Terakhir kamu dapat langsung menghapus cache yang ada di aplikasi tersebut dengan mengklik button Clear Cache.

Apabila kamu telah melakukan pembersihan data cache seperti diatas, pasti kamu sudah langsung merasakan aplikasi tersebut sedikit lebih ringan ketika kamu membukanya dari awal.

Selain dapat mengatasi handphone agar tidak lemot, kamu juga tidak perlu khawatir. Karena dengan menghapus data cache tidak akan menghapus preferensi, data pribadi, dan lainnya yang ada di aplikasi tersebut.

2. Menggunakan Aplikasi yang Khusus

clean master

Image : PusatTekno.com

Apabila kamu tidak ingin repot-repot atau tidak mau membersihkan data cache secara manual seperti diatas, kamu dapat menggunakan aplikasi khusus. Aplikasi khusus tersebut mampu membersihkan data cache, menghapus aplikasi yang tidak terpakai, hingga mematikan aplikasi yang membuat handphone anroid kamu menjadi lemot dan cepat panas.

Lebih menariknya lagi, kamu dapat mengunduhnya melalui Play Store secara gratis. Aplikasi yang disarankan yaitu kamu dapat menggunakan aplikasi Clean Master.

Aplikasi ini sudah terbukti dapat membersihkan junk file, dapat mematikan aplikasi yang akan membuat handphone kamu menjadi lemot serta dapat membuat RAM menjadi lebih lega.

Baca Juga: 7 Cara Mengatasi Android yang Lemot, Sudah Terbukti!

Dengan aplikasi ini juga kamu tidak perlu repot-repot untuk membersihkan data yang tak berguna. Kamu dapat menghapusnya dengan hanya sekali klik saja.

3. Update Selalu Game Kamu

update

Image : Jalan Tikus

Kamu dapat melakukan update aplikasi game kamu ke versi terbaru untuk mengatasi agar saat bermain game handphonemu tidak lemot. Apabila kamu tidak mengupdatenya ke versi terbaru, kemungkinan besar game kamu akan mengalami lag.

Karena versi yang lama sudah tidak available lagi untuk dimainkan. Dan akan mengakibatkan terhambatnya game kamu. Kamu dapat mengupdatenya di Google Play Games, dan kamu harus sering-sering mengecek versi terbaru dari game tersebut.

4. Menutup Aplikasi yang Sedang Aktif

tutup aplikasi

Image : MASKOOLIN

Salah satu hal yang sering menjadi masalah dan mengakibatkan handphone ngelag saat bermain game adalah banyaknya aplikasi yang terbuka di handphone. Hal tersebut akan membuat handphone kamu terasa lamban dan sangat berat, dikarenakan banyak aplikasi yang digunakan secara bersamaan.

Banyaknya aplikasi yang digunakan akan memakan banyak RAM di handphonemu. Tidak hanya memakan banyak RAM, aplikasi-aplikasi tersebut juga akan membuat baterai handphone kamu cepat habis. Sampai membuat performa yang ada pada handphone Android kamu semakin melemah.

Maka dari itu, disarankan agar kamu tidak banyak membuka aplikasi. Sebaiknya kamu menutup semua aplikasi tersebut saat akan bermain game. Maka hal tersebut akan meringankan kinerja handphonemu dan dapat membantu kelancaran saat kamu bermain game.

5. Restart Game Kamu

restart

Image : Satriyadi

Handphone kamu masih ngelag walaupun telah melakukan beberapa langkah diatas ? Jika iya, maka kamu harus melakukan restart pada game yang kamu mainkan.

Dengan melakukan restart pada handphone Android, kamu dapat meringankan kinerja dari handphone tersebut saat bermain game. Apabila kamu telah melakukan restart pada game, maka disarankan untuk kamu mendiamkannya selama 10 menit.

Baca Juga: Begini Cara Mengaktifkan Developer Mode di Android

Biarkan handphone kamu beristirahat sebentar sampai handphone kamu dalam keadaan normal kembali. Dan jika kamu telah merasa cukup, maka kamu dapat kembali bermain game. Cara ini juga bermanfaat agar handphone Android kamu tidak lemot saat bermain game.

6. Menghapus Aplikasi Yang Tidak Digunakan Lagi

hapus aplikasi

Image : Tribunnews

Pasti kamu pernah berasumsi bahwasanya aplikasi yang tidak digunakan lagi tidak akan menjadi masalah bagi handphone kamu, sehingga kamu membiarkannya begitu saja.

Hal tersebut memang benar adanya, tetapi kamu harus menghapus aplikasi yang tidak digunakan lagi di handphone kamu guna agar handphone kamu tidak ngelag saat bermain game. Hal tersebut berguna agar bisa menghadirkan ruang kosong untuk aplikasi lainnya.

Cara menghapus atau uninstallnya juga cukup gampang kok, yaitu :

  • Pertama kamu masuk ke menu Settings.
  • Lalu pada menu Settings tersebut, kamu dapat masuk lagi ke menu Apps.
  • Kemudan kamu dapat mencari aplikasi yang ingin kamu hapus.
  • Jika kamu telah menemukannya, maka kamu hanya menekan tombol Uninstall.

Tetapi sebelum kamu menghapus aplikasi tersebut, pastikan tidak ada data yang tersimpan di dalam aplikasi tersebut seperti dokumen, ebook dan data game kamu. apabila ada, maka kamu harus melakukan back up terlebih dahulu.

Jadi, kamu dapat menggunakannya dimasa yang akan datang. Dan juga dengan menghapus aplikasi tersebut, ruang penyimpanan di handphone kamu akan sedikit lega.

Demikianlah cara agar handphone Android tidak lemot saat main game, kamu dapat melakukan cara-cara diatas dan selamat mencoba !

Tinggalkan Komentar

Leave a Reply