10 Cara Menghemat Baterai Samsung Agar Awet dan Tahan Lama, Sudah Tahu?

Kamu merasa kesal dengan baterai handphone samsung-mu yang cepat habis ? Bahkan handphone yang memiliki kapasitas baterai mencapai 3.000 mAh pun sering kehabisan baterai dengan cepat.

Hal ini sungguh tidak mengenakkan ketika kita sedang berpergian atau memiliki aktifitas di luar rumah. Karena baterai Samsung yang cepat habis akan membuat kita harus meng-chargenya saat itu juga.

Dibalik itu semua, kita bisa saja menggunakan powerbank untuk mengisi amunisi. Tetapi perlu kita ingat juga bahwa pemakaian powerbank yang terlalu sering akan membuat kemampuan baterai melemah dan menurun. Karena arus listrik yang dikeluarkan oleh powerbank tidak stabil.

10 Cara Menghemat Baterai Samsung Agar Awet

Lalu bagaimana cara kita untuk menghemat baterai handphone Samsung ? berikut cara-caranya :

1. Mengaktifkan Daya Penghemat Baterai Ultra

Cara Menghemat Baterai Samsung

Image : telset.id

Cara yang pertama yaitu kamu dapat mengaktifkan daya penghemat baterai ultra. Dengan mode ini, pengaturan smartphone kamu akan berubah. Perubahan-perubahan tersebut memiliki tujuan untuk dapat menghemat pemakaian baterai pada handphone Samsung.

Dan saat kita mengaktifkan mode ini, maka layar akan berubah menjadi greyscale, penggunaan data akan dipangkas setiap ada notifikasi yang masuk dan bluethooth akan dimatikan.

2. Mengatur Screen Timeout

screen timeout

Image : Youtube

Tahukah kamu, kalau layar handphone yang terus menerus menyala akan membuat daya baterai menjadi cepat berkurang ? nah, untuk itu kamu harus menggunakan cara dengan mengatur screen timeout, agar baterai handphone Samsung-mu tidak cepat kehabisan daya.

Sebelumnya saya ingin memberi tahukan dulu kepada kamu, bahwa screen timeout ini merupakan fitur untuk mematikan lampu layar secara otomatis. Jadi layar akan mati dan otomatis terkunci dalam waktu yang kamu tentukan.

Baca Juga: 10 Cara Membersihkan Layar HP yang Kotor

Cara ini sudah terbukti dapat menghemat baterai handphone Samsung. Caranya sangatlah mudah :

  • Pertama kamu harus masuk ke menu Settings.
  • Lalu kamu scroll kebawah dan klik Display.
  • Lalu kamu dapat memilih Screen timeout.
  • Terakhir kamu dapat men-set waktunya menjadi 15 atau 30 detik.

Bagaimana ? mudah, kan ?

3. Kurangi Penggunaan Warna Putih Pada Layar

wallpaper - Cara Menghemat Baterai Samsung

Image : Wired

Cara ini berlaku untuk kamu yang memiliki handphone Samsung dengan layar super AMOLED. Seperti yang kita ketahui, layar super AMOLED ini adalah layar yang sangat bagus.

Tetapi jika kamu menggunakan wallpaper yang banyak menggunakan warna putih atau cerah pada layar super AMOLED, maka penggunan daya baterai handphone kamu akan menjadi lebih meningkat. Maka dari itu kamu harus menggunakan wallpaper dengan warna gelap seperti hitam, navy, dan lain-lain pada layar super AMOLED.

4. Mematikan Konektifitas Jika Tidak Diperlukan

konektivitas

Image : Android Authority

Penggunaan daya baterai handphone Samsung yang banyak juga diakibatkan oleh banyaknya konektivitas yang aktif. Memang konektivitas-konektivitas tersebut dapat membantu kamu melakukan banyak hal, tetapi untuk lebih menghemat baterai kamu wajib untuk mematikan konektivitas jika sudah tidak diperlukan.

Maka dari itu kamu harus mematikan Bluetooth, GPS, NFC, Wifi dan konektivitas lainnya. Karena jika kamu mengaktifkan konektivitas tersebut, maka handphone Samsung kamu akan cepat panas. Itu dikarenakan handphone Samsung kamu akan berusaha untuk terus mencari koneksi yang di perlukan. Dan akhirnya akan membuat handphone bekerja lebih keras dan dapat menghabiskan daya pada baterai.

5. Matikan Koneksi Data, dan Hidupkan Wifi

wifi - Cara Menghemat Baterai Samsung

Image : The Droid Guy

Salah satu cara ampuh yang dapat kamu lakukan untuk menghemat baterai yaitu dengan cara menggunakan Wifi. Hal ini juga telah diketahui oleh banyak orang. Untuk itu kamu dapat mematikan koneksi data ketika menggunakan Wifi.

Dibandingkan dengan menggunakan koneksi data, penggunaan Wifi dapat membuat baterai lebih awet. Itu dikarenakan jika koneksi data tidak stabil maka handphone tersebut harus terus mencari sinyal agar signal bar tetap terisi penuh.

Baca Juga: 5 Cara Download Video di Youtube Tanpa Aplikasi

Jadi jika kamu sefang berada di tempat yang memiliki Wifi, sebaiknya kamu pergunakan saja. Karena penggunaan Wifi dapat menghemat daya bateraimu.

6. Fitur Power Saving Mode

power saving

Image : Youtube

Tahukah kamu jika pada handphone Samsung memiliki fitur yang dinamakan Power Saving Mode ? jika kamu belum tahu, fitur ini berguna untuk menghemat daya baterai pada handphone Samsung kamu. Dan juga fitur ini sangat bermanfaat untuk menjada handphone kamu tetap aktif selama berjam-jam lamanya.

Cara kerja dari fitur ini sendiri yaitu ia dapat meminimalisir penggunaan pada CPU, menurunkan frame rate, mengurangi waktu timeout pada layar, mengurangi kecerahan pada layar, dan mematikan lampu tombol sentuh. Jadi secara keseluruhan fitur ini sangat berkontribusi besar dalam penghematan daya baterai pada handphone Samsung kamu.

7. Pastikan Kurangi Cahaya Layar

brightness

Image ; Youtube

Layar pada handphone Samsung seperti saat ini memang terbilang cukup bagus. Karena memiliki resolusi yang besar seperti QHD dan memiliki ukuran layar yang lumayan lebar juga. Sudah pasti untuk masalah kejernihan layar kamu tidak perlu khawatir. Karena dapat dipastikan kejernihan pada layar sangatlah bagus.

Tetapi layar yang memiliki cahaya yang terlalu mentereng akan membuat baterai kamu menjadi lebih cepat habis maka dari itu kamu harus mengurangi cahaya atau brightness pada layar handphone Samsung kamu.

8. Periksa Kembali Penggunaan Pada Baterai

battery usage

Image : Android Authority

Untuk mengetahui penggunaan pada baterai, kamu cukup membuka fitur abnormal battery usage. Karena Samsung terbaru saat ini telah memiliki fitu tersebut.

Fitur ini juga dapat menunjukkan aplikasi apa saja yang menggunakan daya baterai secara berlebihan. Karena aplikasi-aplikasi yang berat akan menggunakan daya baterai yang lebih besar. Sehingga baterai handphone akan cepat habis.

Baca Juga: Begini Cara Install Chrome Extensions di Firefox

Maka dari itu kamu harus mengecek segera dan periksa aplikasi apa saja yang menyebabkan baterai kamu menjadi cepat habis.bila perlu kamu harus uninstall aplikasi tersebut untuk baterai handphone yang lebih awet.

9. Hapus Aplikasi Yang Tak Berguna

uninstall

Image : Android Authority

Memang memori internal pada handphone Samsung saat ini telah mengalami perkembangan yang pesat. Mereka telah membekali handphone mereka dengan memori internal yang cukup besar. Sehingga kamu dapat mengunduh dan menginstall aplikasi-aplikasi yang ada di play store.

Tapi tahukah kamu bahwa terlalu banyak aplikasi akan membuat baterai handphone kamu cepat habis ? maka dari itu kamu harus uninstall atau non-aktifkan aplikasi yang sudah tidak kamu gunakan, ya.

10. Matikan Aplikasi Gimmick

gestures

Image : Gadget hacks

Semakin canggih handphone pada jaman sekarang maka semakin banyak pula aplikasi gimmick yang diinstall. Seperti contohnya handphone Samsung, mereka menyediakan fitur tampbahan seperti gestures, Smart Stay dan briefing.

Tapi apakah kamu pernah menggunakan fitur-fitu tersebut ? jika jawabannya tidak, kamu dapat menonaktifkan fitur tersebut. Karena jika aplikasi tersebut terus menyala maka, dapat membuat baterai kamu cepat habis.

Itulah 10 cara menghemat baterai pada handphone Samsung. Semoga artikel ini bermanfaat, selamat mencoba !

Nesabamedia.com merupakan media online yang menyajikan konten menarik seputar komputer, internet, jaringan, android, website dan beberapa topik lain yang berhubungan dengan dunia komputer.

Leave a Reply

Send this to a friend