7 Cara Mengatasi Android yang Lemot, Sudah Terbukti dan Berhasil!

Android yang lemot pasti sering kali membuat kamu kesal, iya kan ? Karena kita tidak sabar untuk menunggu prosesnya. Hal ini sering kali terjadi pada handphone yang memiliki RAM yang kecil. Seperti pada handphone Android yang memiliki RAM 1 GB dan 2 GB. Ya, RAM 1 GB dan 2 GB memang tergolong kecil untuk saat ini karena kebutuhan aplikasi semakin besar.

Yang pastinya penggunaan RAM juga harus besar. Untuk itu maka kamu harus menggunakan handphone Android yang memiliki RAM 3 GB, 4GB dan di atasnya lagi juga lebih baik. Bahkan saat ini banyak handphone Android yang mengusung RAM sebesar 8 GB.

Cara Mengatasi Android yang Lemot

Hal itu dipercaya untuk membuat handphone Android tidak lemot. Tetapi hal yang membuat Android lemot tidak melulu soal RAM yang kecil. Bahkan RAM yang besar juga pernah mengalami lemot. Maka dari itu, kamu dapat mengatasinya dangan cara-cara di bawah ini untuk mengatasi Android yang lemot.

1. Menggunakan Aplikasi Pembersih

clean master

Image : Clean Master

Cara pertama yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi Android lemot yaitu dengan menginstall aplikasi pembersih. Aplikasi ini berguna untuk kamu membersihkan junk file yang ada pada handphone, junk file tersebut akan memberatkan handphone Androidmu sehingga membuatnya menjadi lamban dan lemot.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Play Store Tidak Bisa Dibuka

Tidak hanya dapat membersihkan junk file, aplikasi tersebut juga memiliki fitur Phone Boost. Dimana fitur ini memungkinkan kamu untuk melegakan RAM pada handphonemu. Jadi handphone kamu akan sedikit lebih lega untuk melakukan beberapa kegiatan.

Kamu dapat menggunakan aplikasi Clean Master. Aplikasi ini dapat kamu download di Play Store secara gratis.

2. Menutup Aplikasi yang Berjalan

Cara Mengatasi Android yang Lemot

Image : Medium

Pasti kamu sering melakukan kegiatan multi tasking, bukan ? biasanya pasti kamu membuka banyak aplikasi tanpa menutupnya kembali. Nah, aplikasi-aplikasi yang aktif tersebut akan menumpuk pada Recent Apps.

Dan jika telah tertumpuk banyak, maka akan berdampak pada RAM, RAM pada handphonemu akan menjadi sesak sehingga membuat handphone Androidmu menjadi lemot. Untuk itu, kamu harus menutup aplikasi yang berjalan pada background Android.

Caranya kamu dapat menyingkirkan ke kiri aplikasi tersebut atau dengan mengklik Clear All pada Recent Apps. Dengan menggunakan cara tersebut, akan mengurangi beban RAM dan handphone kamu pun dapat berjalan lancar tanpa lemot.

3. Update Software Kamu

update

Image : TechExplained.net

Kamu sering mengabaikan pembaruan aoftware di handphonemu ? Jika iya, maka kamu harus melakukan update sekarang pada handphonemu. Karena hal tersebut bertujuan untuk memperbaiki masalah yang dibawa oleh system sebelumnya dengan segera.

Baca Juga: 2 Cara Balas Pesan WhatsApp Otomatis di Android

Dengan melakukan update software juga memungkinkan kamu untuk menikmati pengalaman yang lebih baik lagi dari sebelumnya. Para developer pasti akan menemui ada masalah pada sistemnya dan langsung memperbaikinya.

Maka dari itu, kamu harus sering memeriksa software update di handphonemu. Caranya yaitu dengan :

  • Pertama kamu harus masuk ke menu Settings.
  • Selanjutnya kamu dapat masuk ke menu About.
  • Dan pada menu About kamu akan menemukan menu System Update, lalu klik.
  • Terakhir kamu dapat mengeceknya dengan cara mengklik Check for Updates.

Mengupdate software pun sangat berlaku untuk aplikasi-aplikasi yang terinstall di handphonemu. Kamu dapat mengeceknya di Google Play Store. Lungkanlah waktu kamu untuk melakukan update pada aplikasi tersebut.

Dan periksa aplikasi yang sangat membutuhkan update di menu My Apps & Games yang ada di Play Store.

4. Mengurangi Animasi yang ada di Android Kamu

Cara Mengatasi Android yang Lemot

Image : TechExplained.net

Tahukah kamu bahwasanya animasi adalah salah satu pencuri RAM di handphone Android ? nah, maka dari itu kamu harus mengurangi animasi yang ada di android kamu guna untuk membuat Android kamu tidak lemot. Caranya yaitu :

  • Pertama kamu masuk ke menu Settings yang ada di handphone kamu.
  • Lalu kamu dapat masuk ke menu Developer Options.
  • Dan pada menu Developer Options, kamu dapat mengubah nilai Transition Animation, Windows Animation, dan Animator Duration Scale ke nilai yang lebih kecil atau kamu juga dapat membuatnya menjadi off. Guna agar handphone tidak menjadi lemot.

5. Periksalah Jumlah Memori

android

Image : Trenprime

Cara selanjutnya untuk mengatasi handphone Android yang lemot yaitu dengan memeriksa jumlah memori pada handphone. Selain RAM, memori Internal pada handphone juga sangat mempengaruhi performa pada sebuah smartphone.

Maka dari itu, apabila memori internal yang sedikit pasti akan membuat Android menjadi lemot. Untuk mengatasinya kamu dapat menghindari banyak data yang memenuhi memori internal.

Apabila kamu sering menyimpan banyak data pada smartphone, maka usahakanlah untuk membeli smartphone yang memiliki dukungan kartu memori eksternal. Atau kamu dapat membeli handphone dengan kapasitas memori internal yang cukup luas.

6. Mengurangi Menggunakan Widget

Cara Mengatasi Android yang Lemot

Image : Telset.id

Penggunaan Widget juga merupakan salah satu penyebab lemotnya handphone Android. Memang dengan menggunakan Widget,, handphone kita akan terlihat sangat menarik.

Apalagi widget memang sengaja dibuat untuk memperindah tampilan pada homescreen di handphone Android kamu. Dan juga Widget berguna untuk menjadi jalan pintas untuk memantau berbagai aplikasi tanpa harus membuka aplikasi yang terkait.

Baca Juga: Cara Membuat Logo di PicsArt untuk Pemula

Meskipun begitu, tetapi penggunaan Widget yang berlebihan akan menyita konsumsi RAM yang lebih besar. Hal itu juga yang membuat Android kamu menjadi sangat lamat. Maka dari itu, kamu harus mengurangi penggunaan Widget pada handphone kamu.

7. Menghapus Aplikasi yang Tidak Berguna

software

Image : novodo.ru

Cara terakhir untuk mengatasi Android yang lemot yaitu dengan menghapus aplikasi yang tidak berguna pada handphonemu. Memang mendownload dan mencoba aplikasi baru sangat menyenangkan, tetapi hal tersebut akan membuat handphone kamu menjadi lemot.

Tidak hanya itu, ruang penyimpanan pada Android kamu pun menjadi tersita oleh aplikasi yang tidak berguna tersebut. maka dari itu, kamu harus menghapus aplikasi yang tidak berguna di handphonemu.

Terkadang aplikasi bawaan system pun tidak dapat dihapus, tetapi aplikasi tersebut terus berjalan walaupun tidak kamu butuhkan. Yang mengakibatkan akhirnya mengkonsumsi RAM dan memperlambat Android kamu.

Cara untuk menghentikannya cukup gampang, yaitu :

  • Pertama kamu dapat masuk ke menu Settings yang ada di handphone kamu.
  • Selanjutnya kamu dapat masuk ke menu Apps.
  • Lalu kamu dapat memilih tab Running.
  • Setelah masuk ke tab Running, kamu dapat memilih aplikasi yang tidak kamu butuhkan atau tidak berguna tersebut.
  • Terakhir kamu dapat mengklik Disable.

Itulah cara-cara untuk mengatasi Androoid yang lemot, kamu dapat menggunakan cara ini agar handphone kamu menjadi lega dan selamat mencoba !

Tinggalkan Komentar

Leave a Reply