Huawei HarmonyOS 2.0 Smartphone Android

HarmonyOS 2.0 Bisa Mendukung 50 Perangkat Buatan Huawei

NESABAMEDIA.COMSistem operasi milik Huawei, HarmonyOS atau yang juga dikenal dengan nama Hongmeng, dikabarkan akan segera tersedia untuk perangkat smartphone. Meski kapan waktunya masih belum bisa dikonfirmasi hingga sekarang, namun daftar smartphone yang mendukung sistem operasi HarmonyOS itu beredar di internet. Setidaknya, terdapat sekitar 50 model smartphone Honor dan smartphone buatan Huawei lainnya yang bisa menggunakan sistem operasi tersebut.

HarmonyOS diharapkan bisa menjadi sistem operasi yang mendukung semua perangkat smartphone buatan Huawei di masa mendatang. Pasalnya, saat ini Huawei sedang mendapatkan sanksi dagang dari Amerika. Namun hal ini masih membutuhkan waktu, sebelum benar-benar bisa terpasang di perangkat.

Sebuah Software Development Kit (SDK) untuk Huawei HarmonyOS versi 2.0 beta telah dirilis pada bulan September lalu, untuk para pengembang ketika sistem operasi itu pertama kali diumumkan. Namun sayangnya, sistem operasi ini hanya mendukung smartphone dengan spesifikasi RAM tertentu saja. 

Hal tersebut diharapkan bisa mengalami perubahan pada bulan Desember nanti, karena pihak Huawei juga berencana untuk merilis SDK khusus untuk smartphone. Sementara untuk smartphone yang sudah menggunakan HarmonyOS versi sebelumnya, mungkin akan menunggu lebih lama lagi, setidaknya sampai tahun depan.

Melalui halaman Huawei Central, perusahaan mengumumkan ada sekitar 48 perangkat yang bisa menggunakan HarmonyOS 2.0, termasuk perangkat tablet dan juga aksesoris. Daftar smartphone Huawei tersebut mulai dari Nova 6 SE hingga seri Mate 40

HarmonyOS 2.0 merupakan sistem operasi berbasis mikro-kernel yang pada awalnya digunakan untuk mendukung perangkat Internet of Things (IoT). Kembali ke tahun 2019 lalu, pihak eksekutif Huawei menegaskan bahwa keberadaan dari HarmonyOS tidak untuk menggantikan peran Android di smartphone mereka.

Pernyataan itu diungkapkan sebelum adanya sanksi dagang yang dikenakan oleh pemerintah Amerika Serikat. Namun kemudian pihak pemerintah Amerika Serikat semakin memperketat aktivitas Huawei dan berujung pada pemberian sanksi dagang. 

Hal ini kemudian mempengaruhi keputusan dari para petinggi Huawei. Pihak Huawei pun semakin terbuka dalam memberikan pengumuman bahwa pada akhirnya HarmonyOS tidak terbatas untuk perangkat IoT saja, namun juga bisa dipasang di smartphone buatan mereka.

Bambang

Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense. 

Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website. 

Leave a Reply

Send this to a friend