Apakah Mode Gelap Benar-Benar Menghemat Baterai Smartphone

Apakah Mode Gelap Benar-Benar Menghemat Baterai Smartphone?

NESABAMEDIA.COMBanyak orang kini lebih suka untuk mengaktifkan mode gelap di smartphone mereka dan juga perangkat lainnya. Disebut-sebut bahwa mode gelap bisa mengurangi penggunaan baterai smartphone yang berlebihan.

Laporan baru dari Universitas Purdue menyoroti penelitian yang baru mereka lakukan atas pengaturan dan penghematan baterai dengan meredupkan lampu smartphone. Mereka juga memberikan gambaran sekilas tentang alat baru yang dapat digunakan pengembang untuk menilai penghematan daya aplikasi selama pengembangan.

“Di saat industri gadget elektronik bergegas untuk mengadopsi mode gelap, itu belum memiliki alat untuk mengukur secara akurat penggunaan daya dengan piksel. Namun sekarang kami bisa memberikan pengembang sebuah alat yang mereka butuhkan untuk menyediakan ke pengguna aplikasi yang lebih hemat daya,” ungkap Charlie Hu, profesor di balik penelitian tersebut.

Secara keseluruhan para peneliti menggunakan serangkaian aplikasi populer termasuk Google Play, Maps, News, Phone, Calendar dan Youtube untuk menentukan dampak mode gelap pada model smartphone termasuk Pixel 2, Pixel 4, Pixel 5 dan Moto Z3. Dari penelitian itu juga diyakini, dampaknya akan sama pada smartphone Apple. 

Sebagai kesimpulan, tim peneliti menjelaskan bahwa mode gelap hanya membuat perbedaan nyata pada masa pakai baterai dalam skenario tertentu. Di lingkungan indoor, fitur kecerahan otomatis akan terus menghilangkan tingkat kecerahan sekitar 30 sampai 40 persen. Namun peneliti mengatakan bahwa dengan mengaktifkan mode gelap, akan menghemat rata-rata 3 sampai 9 persen daya untuk beberapa smartphone OLED yang berbeda.

Persentase itu sangat kecil, sehingga kebanyakan pengguna tidak akan menyadari perbedaan pada konsumsi baterai. Namun semakin besar selisih kecerahan setelah beralih dari mode terang ke gelap, maka semakin besar daya yang dihemat. 

Ketika smartphone diatur pada tingkat kecerahan 100 persen atau terang penuh, mengaktifkan Dark Mode dinilai mampu menghemat rata-rata 39 sampai 47 persen daya baterai. Ini berarti, penghematan baterai dengan Dark Mode hanya akan bisa dirasakan secara signifikan ketika pengaturan tingkat kecerahan smartphone sangat tinggi. 

“Jadi jika melihat smartphone dalam mode gelap masih bisa dilihat oleh mata, dan itu nyaman, maka anda tidak perlu khawatir tentang tingkat kecerahan yang akan mengurangi daya baterai smartphone anda,” pungkas Charlie Hu.

Leave a Reply

Send this to a friend