Mengenal Android System WebView, Komponen Vital Android

Mengenal Android System WebView, Komponen Vital Android

NESABAMEDIA.COMKetika ada aplikasi Android yang mengalami crash, seringkali yang disalahkan ada Android System WebView. Alasannya adalah banyak aplikasi Android yang menggunakan komponen ini. Namun apa itu sebenarnya Android System WebView, apa fungsinya dan mengapa begitu penting?

Apa itu Android System WebView?

Android System Webview adalah komponen sistem yang memungkinkan aplikasi Android menampilkan konten web di dalamnya, tanpa harus membuka browser khusus. Dengan kata lain, WebView adalah mesin browser atau browser yang tertanam yang didedikasikan hanya untuk aplikasi yang menampilkan konten web.

Komponen ini biasanya sudah dipasang sebelumnya di sebagian besar smartphone Android. Dengan begitu, setiap pengembang yang menggunakannya untuk merender konten web di dalam aplikasi dapat melakukannya tanpa peringatan tentang masalah kompatibilitas.

Fungsi dari Android System WebView

Banyak aplikasi Android seperti Gmail, Twitter dan lainnya biasanya akan menampilkan konten dari internet. Google telah menjadikannya lebih mudah bagi para pengembang untuk merender konten internet ke aplikasi mereka lewat komponen ini.

Ini akan menghemat banyak waktu pengembang Android dalam menulis ribuan baris kode dari awal. Alih-alih melakukan render satu persatu konten web di dalam aplikasi, yang harus dilakukan para pengembang itu adalah menanam beberapa baris kode library WebView, dan semuanya akan muncul secara otomatis. 

Apakah Aman Mematikan WebView?

Sama sekali tidak. Meskipun WebView tidak lagi menjadi bagian dari Android belakangan ini, itu bukan berarti komponen ini tidak berguna. Sejak Android 10, Google telah memisahkan WebView dari inti utama sistem operasi. Namun hal itu tidak mengurangi pentingnya keberadaan dari WebView. 

Namun ada pengecualian. Pengguna bisa menonaktifkan Android System WebView di Android 7.0, 8.0 dan 9.0 tanpa ada resiko kesalahan teknis. Pada versi Android tersebut, Chrome menjadi driver utama di balik tugas-tugas WebView. Namun di versi berikutnya atau versi lebih lama dari Android tersebut, akan lebih baik tetap mengaktifkan WebView. 

Memang pengguna memiliki opsi untuk menonaktifkan WebView, meski tidak bisa melakukan pencopotan atau uninstall. Perlu dicatat bahwa dengan menonaktifkan WebView, kinerja sejumlah aplikasi Android akan terdampak. 

Secara keseluruhan WebView bukanlah malware atau bloatware, jadi tidak perlu khawatir tentangnya. Kecuali jika aplikasi yang digunakan seringkali mengalami crash, maka kemungkinan besar hal itu memang ada masalah pada komponen tersebut.

Leave a Reply

Send this to a friend