Microsoft Bawa Aplikasi Android ke Windows 11

Microsoft Bawa Aplikasi Android ke Windows 11

NESABAMEDIA.COMMicrosoft telah mengkonfirmasi bahwa mereka sedang mencari cara yang paling tepat dan efisien untuk menghadirkan aplikasi Android ke Microsoft Store di Windows 11. Dalam event Windows beberapa hari yang lalu, Panos Panay mengkonfirmasi bahwa langkah ini bisa membantu meningkatkan jumlah aplikasi yang tersedia di platform tersebut.

Aplikasi Android itu nantinya akan bisa berjalan secara native atau asli di perangkat desktop dan Microsoft dalam hal ini tidak membicarakan mengenai metode streaming atau teknologi virtualisasi berbasis awan (Cloud).

“Mulai akhir tahun ini, pengguna bisa menjelajahi beragam aplikasi Android di Microsoft Store dan mengunduhnya secara langsung ke Amazon Appstore,” kata Panos Panay dalam event tersebut. 

Fitur ini akan dihadirkan pada akhir tahun ini, tidak diketahui kapan tanggal pastinya. Untuk memungkinkan aplikasi Android bisa didukung oleh Windows 11, Microsoft akan menggunakan mesin yang bergantung pada Windows Subsystem for Linux (WSL). Selain WSL, Windows 11 juga akan menggunakan teknologi Bridge milik Intel.

Windows tidak akan mendapatkan dukungan Google Play Services, yang ini berarti bahwa aplikasi yang membutuhkan Play Store dan Gmail yang bergantung pada Google Play Services mungkin tidak akan bisa digunakan. 

Nantinya, aplikasi Android di Windows 11 bisa disematkan di bagian Taskbar dan pengguna bisa menjalankannya bersamaan dengan aplikasi tradisional Windows. Aplikasi Android juga akan mendukung fitur Windows Snapping, Task View dan juga fitur-fitur desktop lainnya. 

Aplikasi Android itu nantinya akan bisa diunduh ke Windows 10 melalui Microsoft Store dan juga Amazon Appstore. Karena dukungan Play Store tidak memungkinkan saat ini, Microsoft pun bekerja sama dengan Amazon untuk meningkatkan kualitas aplikasi mobile itu. 

Dukungan asli untuk Android akan menjadi sebuah tambahan yang sangat besar untuk Windows dan Microsoft mengatakan bahwa hal itu akan bisa memberikan peningkatan sangat besar kepada para pengembang. Para pengembang bisa menerbitkan aplikasi mobile mereka di Microsoft Store untuk menjangkau lebih banyak pengguna, khususnya yang memakai Windows 11, ketimbang harus mengelola dan mengembangkan dua aplikasi yang berbeda. 

Untuk mengetahui informasi terkini seputar Windows, bisa mengunjungi link berikut ini:

Berita Terkini Seputar Windows

Kumpulan Tutorial Windows 10

Leave a Reply

Send this to a friend