LG Hendak Jualan iPhone, Samsung Geram

LG Hendak Jualan iPhone, Samsung Geram

NESABAMEDIA.COMPetinggi LG meyakini bahwa penutupan divisi smartphone mereka mungkin merupakan langkah terbaik bagi perusahaan untuk jangka panjang. Namun, ini mungkin masih memiliki konsekuensi dalam waktu dekat atau jangka pendek, salah satunya menyangkut keberadaan toko retail mereka di negara asalnya, Korea Selatan.

Toko-toko LG yang dikenal dengan nama LG Best Shops itu pada dasarnya ada untuk menyediakan laptop, aksesoris dan smartphone buatan perusahaan, namun tentu saja produk-produk itu tidak akan ada di masa mendatang. Kini, LG dilaporkan berencana untuk memanfaatkan ruang etalase toko yang kosong itu dengan menawarkannya ke Apple.

Dengan demikian, LG dalam waktu dekat akan menjual perangkat seperti iPhone, namun sepertinya tidak untuk MacBook atau Mac di toko mereka itu. Akan tetapi menurut laporan, langkah LG ini ditentang oleh Samsung. 

Samsung juga merupakan brand besar asal Korea Selatan dan menjalankan toko dengan tema yang sama dengan Best Shops milik LG. Maka rencana LG untuk menjual perangkat iPhone itu dianggap telah melanggar perjanjian yang telah disepakati oleh kedua belah pihak di tahun 2018 silam, di mana masing-masing akan menjual produk buatan mereka sendiri, agar bisa menjaga persaingan di negara itu. 

Akan tetapi pihak LG menegaskan bahwa perjanjian tersebut memiliki sebuah klausul tentang negosiasi ulang, jika terjadi perubahan besar, misalnya seperti yang terjadi saat ini di mana LG telah keluar dari pasar smartphone. Oleh karena itu, jika kemitraan yang baru dengan Apple akan berlanjut, itu mungkin akan menjadi sebuah pukulan yang besar untuk kepentingan Samsung di Korea Selatan, terutama dalam hal pangsa pasar smartphone 5G.

Saat ini Apple menjadi juara pertama dalam pangsa pasar smartphone 5G secara global, sementara Samsung berada di urutan keempat. Sepertinya produk terbaru iPhone 5G akan mulai diluncurkan pada bulan September atau Oktober, tidak lama setelah perjanjian antara LG dan Apple akan berlaku. 

Di sisi lain, Samsung juga mencoba menekan LG untuk mau menjual produk smartphone Galaxy di toko Best Shops milik LG. Akan tetapi langkah itu juga akan memberikan dampak buruk pada penjualan internal Samsung, karena bisa menurunkan penjualan dari toko-toko milik Samsung itu sendiri.

Leave a Reply

Send this to a friend