Aplikasi Audio Editor PC / Laptop

10 Aplikasi Audio Editor PC / Laptop Terbaik untuk Pengguna Windows

NESABAMEDIA.COM – Pernahkah Anda ingin memodifikasi sebuah lagu yang Anda sukai? Atau mungkin Anda ingin memciptakan sebuah musik atau lagu? Saat ini dengan adanya teknologi, semua yang Anda inginkan menjadi mudah terpenuhi.

Meskipun Anda buka seorang profesional untuk menyunting sebuah lagu atau membuat sebuah lagu, dengan bantuan sebuah aplikasi yang dikembangkan oleh para developer, hal tersebut menjadi sangat mudah.

10 Aplikasi Audio Editor PC / Laptop

Banyak sekali aplikasi untuk menyunting audio khususnya di PC / laptop. Nah, maka dari itu artikel kali ini akan membagikan 10 aplikasi audio editor yang bisa Anda gunakan di PC / laptop. Langsung saja, silahkan simak penjelasannya berikut ini.

1. Audacity

Audacity

Audacity merupakan aplikasi audio editor PC / laptop yang sangat terkenal. Aplikasi ini sering digunakan oleh para profesional. Tapi, tidak menutup kemungkinan bagi para pemula untuk menggunakan aplikasi ini. Karena aplikasi Audacity ini sangat mudah dipelajari dan digunakan tentunya.

Keunggulan yang dimiliki aplikasi ini adalah aplikasi ini dapat diinstal dan digunakan di berbagai platform. Selain itu Anda juga bisa menambahkan berbagai efek dan macam – macam plugin lainnya. Banyak sekali fitur yang disediakan oleh aplikasi ini.

Anda dapat dengan mudah memotong lagu, menggabungkan lagu, menambahkan efek, menghilangkan suara vokal, bahkan Anda bisa langsung melakukan rekaman atau recording pada aplikasi Audacity ini.

Aplikasi Audacity ini mendukung berbagai macam format audio. Sehingga Anda tidak akan kesulitan jika ingin mengedit audio dengan format yang tidak biasa digunakan.

2. WavePad

WavePad

WavePad merupakan aplikasi audio editor PC / laptop buatan NCH Software. Aplikasi ini berukuran kecil sehingga sangat ringan dan mudah untuk digunakan baik untuk profesional ataupun pemula. Aplikasi WavePad ini dapat digunakan untuk berbagai macam format audio diantaranya mp3, ogg, wav, aac, dan lain sebagainya.

Aplikasi ini membuat pengalaman Anda mengedit audio di rumah seperti mengedit di studio. Aplikasi ini juga dapat Anda unduh secara gratis dan dapat diinstal di berbagai platform diantaranya sistem operasi Windows, MacOS, Android, dan iOS. Banyak fitur menarik yang ditawarkan oleh aplikasi ini seperti batch processing, scrub & search audio, dan lain sebagainya.

3. Mp3 SPLT

Mp3 SPLT

MP3 SPLT merupakan aplikasi audio editor PC / laptop yang mendukung berbagai macam format audio misalnya seperti flac, ogg, dan lain sebagainya. Tampilan antarmuka yang dimiliki aplikasi ini sangat sederhana sehingga aplikasi ini menjadi sangat mudah digunakan bagi para pemula sekalipun.

Aplikasi Mp3 SPLT ini bersifat open source dan mendukung berbagai platform seperti sistem operasi Windows, MacOS, dan Linux. Aplikasi ini sangat ringan sehingga tidak akan memberatkan PC / laptop dan Anda dapat dengan mudah memotong dan menyatukan lagu.

4. Qtractor

aplikasi audio editor PC / laptop terbaru

Qtractor merupakan aplikasi yang tentunya sudah tidak asing lagi bagi Anda yang sudah lama masuk ke dunia musik. Aplikasi Qtractor ini memiliki fitur unggulan yang hanya dimiliki oleh aplikasi ini yaitu MIDI Sequencing dan Multi Track Audio.

Dengan menggunakan aplikasi ini bukan hanya dapat mengedit audio seperti memotong atau menyatukan lagu, tapi Anda juga dapat memproduksi atau membuat musik sendiri dengan aplikasi Qtractor ini.

Dengan adanya fitur MIDI Controller Anda dapat dengan mudah membuat nada atau menciptakan musik Anda sendiri. Dan dengan aplikasi ini Anda juga bisa melakukan rekaman secara langsung.

5. Power Sound Editor Free

Power Sound Editor Free

Power Sound Editor Free merupakan aplikasi audio editor PC / laptop yang bisa dibilang mirip dengan aplikasi Audacity. Anda dapat langsung melakukan rekaman pada aplikasi ini layaknya berada di studio musik. Setelah melakukan rekaman Anda bisa langsung meng-editnya.

Aplikasi ini juga dapat ditambahkan berbagai macam efek agar hasil rekaman Anda semakin bagus. Selain dapat merekam suara, fitur lainnya yang dapat Anda nikmati seperti memotong lagu, menggabungkan lagu, mengubah tempo, menghilangkan suara, menghilangkan bagian lagu, dan lain sebagainya.

6. OcenAudio

OcenAudio

OceanAudio mempunyai tampilan antarmuka yang sangat sederhana sehingga memudahkan para penggunanya untuk menggunakan aplikasi tersebut. Aplikasi OcenAudio mendukung berbagai macam platform sehingga Anda dapat menginstalnya di berbagai sistem operasi apapun.

Fitur unggulan yang dimiliki aplikasi ini adalah Real Time Preview of Effect. Yang mana Anda dapat secara langsung mendengarkan hasil efek yang Anda gunakan pada musik atau lagu Anda.

Aplikasi OcenAudio ini juga dapat mengedit file audio yang berukuran cukup besar, fitur spectogram, serta dukungan VTS plugin, yaitu sebuah plugin yang mana Anda dapat mengakses berbagai macam efek. Aplikasi ini mendukung fitur peng-editan audio yang cukup kompleks.

7. Mp3 Cutter

aplikasi audio editor PC terbaik

MP3 Cutter merupakan aplikasi audio editor yang bisa Anda gunakan secara online ataupun offline. Aplikasi ini cukup ringan sehingga Anda dapat dengan cepat mengaksesnya dan aplikasi ini juga terbilang cukup stabil. Aplikasi Mp3 Cutter mendukung banyak format file audio sekitar 300 format yang didukung, diantaranya mp3, wav, ogg, dan lain sebagainya.

Fitur lainnya yang dimiliki aplikasi Mp3 Cutter ini adalah mendukung efek fade in dan fade out dan juga tersedia preset untuk menambah kualitas pada lagu Anda. Aplikasi ini tergolong sangat aman, karena saat Anda selesai mengedit atau mengolahnya, maka file Anda akan secara otomatis terhapus dari server Mp3 Cutter tersebut.

8. Wavosaur

Wavosaur

WavoSaur merupakan aplikasi audio editor yang mempunyai ukuran sangat ringan sekitar 300 KB saja. Aplikasi Wavosaur ini tidak memiliki iklan didalamnya dan Anda dapat menggunakannya secara langsung tanpa harus menginstalnya terlebih dulu. Karena aplikasi ini bersifat portable.

Meskipun aplikasi ini terbilang sangat kecil dan ringan, tapi fitur yang dimilikinya tidak dapat dianggap sepele. Aplikasi Wavosaur ini mempunyai berbagai macam fitur, misalnya seperti memotong, menyalin, menggabungkan audio, dan lain sebagainya. Dan aplikasi ini mendukung berbagai macam format file audio yang populer, seperti wav, mp3, ogg, dan lain sebagainya.

9. Audio Tool

aplikasi audio editor PC / laptop

Audio Tool merupakan aplikasi audio editor PC / laptop yang sering digunakan oleh para profesional. Mungkin jika Anda pemula, Anda akan merasa sedikit kesulitan untuk menggunakan aplikasi ini. Anda dapat menggunakan Audio Tool tanpa harus menginstalnya di PC / laptop Anda.

Anda dapat mengaksesnya secara online dan tentunya gratis untuk diakses. Sama seperti aplikasi Mp3 Cutter yang dapat digunakan secara online. Anda hanya perlu membuka situs resminya yaitu www.audiotool.com, lalu membuat akun dan langsung Anda bisa menikmati berbagai macam fitur menarik didalamnya. Salah satu fitur unggulannya adalah fitur kolaborasi, sehingga Anda dapat memproduksi musik bersama dengan editor lainnya secara online.

10. Music Editor Free

Music Editor Free

Music Editor Free merupakan aplikasi yang sudah sangat populer dikalangan para editor audio. Dengan tampilan antarmuka yang simpel dan sederhana, membuat para penggunanya mudah memahami untuk menggunakan aplikasi ini.

Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda dapat dengan mudah menyunting file audio atau lagu dengan sangat mudah. Ada berbagai macam fitur menarik yang dimiliki aplikasi ini, diantaranya seperti echo, amplify, normalize, menambahkan efek, reverb, dan lain sebagainya.

Sekian artikel kali ini yang membahas tentang 10 aplikasi audio editor PC / laptop. Banyak sekali aplikasi yang dapat Anda gunakan. Masing – masing aplikasi memiliki kelebihan dan kekurangannya. Silahkan Anda pilih aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda. Terimakasih 🙂

Zuhroh Nilakandi

Si pecinta hujan dan penikmat kopi yang suka duduk dalam lamunan sambil menghayal mimpi – mimpinya yang akan menjadi kenyataan.

Leave a Reply

Send this to a friend