Aplikasi Benchmark di PC dan Laptop Terbaik

10 Aplikasi Benchmark di PC / Laptop Terbaik dan Paling Akurat

NESABAMEDIA.COM – Pernah mendengar istilah benchmark? Istilah ini dipakai ketika kita ingin mengetahui seperti apa kualitas atau kemampuan dari komputer maupun laptop. Tanpa benchmark, kita tidak tahu apakah performa yang dimiliki perangkat kita sesuai dengan kebutuhan yang kita inginkan. Sebenarnya, istilah benchmark sendiri bukan hanya digunakan untuk komputer melainkan juga dipakai untuk smartphone.

Lalu apa itu benchmark? Benchmark merupakan sebuah proses yang digunakan untuk menguji kemampuan dari suatu perangkat dengan memanfaatkan program atau software khusus.

Dengan kata lain, ada software yang memang dirancang khusus untuk membantu kita mendapatkan informasi seputar performa komputer atau smartphone.

Untuk proses benchmark cukup sederhana karena kita hanya perlu menginstal aplikasi benchmark kemudian menjalankan aplikasi tersebut. Setelah itu, kita tinggal menunggu beberapa saat sampai aplikasi benchmark memberikan informasi seputar performa perangkat yang kita uji.

Aplikasi Benchmark di PC / Laptop

Berkaitan dengan aplikasi benchmark di PC atau laptop, di bawah ini kami sudah memiliki beberapa aplikasi terbaik yang bisa menjadi pilihan tepat untuk menguji apakah perangkat yang kita miliki memiliki performa sesuai ekspekstasi terutama sesuai dengan harga yang ditawarkan.

1. MSI Afterburner

MSI Afterburner

MSI Afterburner merupakan salah satu aplikasi benchmark di PC atau laptop terbaik saat ini. Aplikasi ini bisa digunakan untuk melakukan overclock serta memonitor software di dalam satu program. Aplikasi ini akan menampilkan informasi seputar penggunaan RAM, suhu, speed clock, penggunaan CPU dengan berdasarkan core, kecepatan kipas, dan lain-lain.

Kelebihan MSI Afterburner yaitu pengguna bisa menyimpan pengaturan overclocknya. Jadi, ketika komputer atau laptop dinyalakan dan aplikasi ini diaktifkan, maka pengaturan overclock tersebut akan tersetting secara otomatis seperti yang sudah disimpan sebelumnya.

2. Intel Extreme Tuning Utility atau XTU

Aplikasi Benchmark di PC / Laptop

Sesuai dengan namanya, aplikasi benchmark yang satu ini dibuat oleh Intel yang namanya sudah kita kenal. Aplikasi ini menyediakan berbagai fitur yang cukup lengkap. XTU akan melakukan benchmark secara online untuk melakukan test pada RAM, prosesor, IGP atau Integrated Graphics, GPU, secara otomatis.

XTU juga dilengkapi dengan profile management dimana pengguna bisa melakukan advanced tuning. Adapun waktu melakukan benchmark dengan XTU kurang lebih berkisar antara 3 sampai 10 menit. Tentunya jangka waktu durasi tersebut menyesuaikan dengan spesifikasi yang ada pada komputer atau laptop yang dibenchmark.

3. CPU-Z

CPU-Z

Sebenarnya, CPU-Z merupakan aplikasi yang dibuat untuk menampilkan informasi seputar komponen-komponen komputer seperti yang ditampilkan oleh XTU. Aplikasi buatan CPUID ini memiliki versi terbarunya yang sudah dilengkapi dengan fitur benchmark. Dengan kata lain, CPU-Z juga tergolong salah satu aplikasi benchmark di laptop atau PC.

Akan tetapi, ada yang berpendapat bahwa hasil benchmark yang ditampilkan oleh CPU-Z masih kurang begitu maksimal. Hal ini karena CPU-Z memiliki kemampuan yang terbatas dalam melakukan benchmark. Waktu yang diperlukan pun sangat singkat yaitu sekitar 15 sampai dengan 20 detik saja. Penggguna juga bisa menekan tombol ‘Stop’ kemudian stress test bisa berhenti.

4. CineBench

Aplikasi Benchmark di PC Windows

CineBench adalah aplikasi buatan Maxon yang bisa menjadi salah satu pilihan terbaik untuk menguji kemampuan prosesor. CineBench mampu menguji prosesor baik yang single-thread maupun multi-thread dengan cara melakukan render pada gambar serta melakukan pengujian pada GPU.

Namun sebenarnya, aplikasi benchmark ini lebih cocok dipakai untuk mengetes performa prosesor serta stress test prosesor karena cara kerjanya memang memberikan beban yang berat terhadap prosesor.

Di dalam melakukan benchmark pada prosesor, performa RAM juga menentukan seberapa tinggi skor benchmark yang didapatkan. Untuk durasi melakukan benchmark kurang lebih 3 sampai 10 menit. CineBench merupakan aplikasi yang bisa didapatkan secara gratis. Hanya saja, aplikasi ini memiliki kapasitas file yang besar.

5. wPrime

wPrime

Masih berkaitan dengan aplikasi benchmark di PC atau laptop, kali ini kami akan membahas tentang wPrime. Aplikasi ini dibuat untuk melakukan pengujian pada multi-thread prosesor. Cara kerjanya yaitu dengan membuat prosesor menghitung bilangan prima dengan jumlah 32 juta. Salah satu kelebihan yang diberikan wPrime adalah pengguna bisa mengatur sendiri beruapa thread yang akan diuji performanya.

Sementara itu, waktu yang diperlukan untuk melakukan stress test biasanya tidak terlalu lama yaitu sekitar 30 detik. Namun untuk pengujian 1024 M biasanya memerlukan waktu antara 3 sampai 10 menit. Ada yang berpendapat bahwa kapasitas RAM tidak berpengaruh terhadap skor benchmark. Namun ada juga yang berpendapat jika RAM juga bisa menentukan skor benchmark. Jika penasaran, silakan unduh wPrime melalui link di bawah ini.

6. Super PI

Super PI

Pernah mendengar aplikasi benchmark bernama Super PI? Super PI merupakan aplikasi yang dibuat untuk menguji kemampuan single-thread prosesor. Untuk tugas yang diberikan hampir sama dengan yang dilakukan oleh WPrime. Skor benchmark yang didapatkan memang lebih berfokus pada performa prosesor. Akan tetapi, performa RAM di sini juga memberikan pengaruh terhadap skor benchmark yang diperoleh.

7. GPUPI

GPUPI

Diantara aplikasi yang sudah kami bahas, mungkin GPUPI merupakan aplikasi benchmark yang banyak orang belum familiar dengannya. Salah satu alasannya karena aplikasi ini cukup kompleks. Namun, untuk kemampuan GPUPI dalam melakukan benchmark tidak kalah dibandingkan dengan aplikasi yang lain dengan menawarkan kemampuan tes GPU yang hampir sama dengan yang dilakukan oleh Super PI.

8. Geekbench

Aplikasi Benchmark di PC / Laptop Paling Akurat

Aplikasi benchmark di PC atau laptop yang kedelapan adalah Geekbench. Aplikasi buatan Primate Labs ini merupakan pilihan terbaik jika kita ingin mengetahui kinerja single-thread maupun multi-thread pada prosesor. Kita juga bisa tahu seperti apa kemampuan atau performa RAM dalam menjalankan berbagai tugas berat. Durasi pengujian yang dilakukan Geekbench kurang lebih mencapai 5 menit.

Saat ini. Geekbench hadir dengan dua versi yaitu Geekbench versi 3 dan Geekbench versi 4. Meskipun bisa digunakan secara gratis, namun pada dasarnya versi gratisnya merupakan versi uji coba atau trial version sebelum pengguna akan diminta untuk mengaktifkan versi berbayar dan pengguna bisa lebih menikmati semua fitur yang diberikan.

9. Future Mark Suite

Future Mark Suite

Aplikasi selanjutnya juga memiliki kemampuan untuk mengetahui performa komputer yang tidak kalah dibandingkan dengan aplikasi lainnya. Future Mark Suite adalah salah satu aplikasi terbaik untuk mengetes kualitas GPU pada komputer maupun laptop. Aplikasi nanti harus diunduh melalui steam. Pengguna juga bisa memilih yang versi gratsis dan sudah dilengkapi dengan fitur benchmark berupa DirectX 12 Time Spy.

10. Unigine Suite

Unigine Suite

Jika mencari salah satu aplikasi benchmark di PC atau laptop yang sudah berpengalaman selama bertahun-tahun, maka Urigine Suite bisa menjadi salah satu referensi. Unigine Suite akan melakukan pengujian terhadap performa komputer maupun laptop dengan tingkat keakuratan yang bagus.

Jadi, skor benchmark yang didapatkan memang menunjukkan seperti apa performa yang dimiliki oleh PC atau laptop tersebut. Informasi yang dipaparkan oleh aplikasi ini pun sudah cukup lengkap sehingga tidak ada alasan untuk tidak memilih Unigine Suite.

Leave a Reply

Send this to a friend