Aplikasi Data Mining di PC dan Laptop

5 Aplikasi Data Mining di PC / Laptop Dengan Fitur Terlengkap

NESABAMEDIA.COM – Untuk membantu dalam melakukan data mining, terdapat beberapa beberapa aplikasi data mining di PC dan laptop yang tersedia dan tinggal memilih mana dari aplikasi-aplikasi tersebut yang penggunaannya sesuai dengan kebutuhan. Namun sebelum itu, kita perlu membahas apa itu data mining.

Data mining sebuah proses mengidentifikasi dan meringkas informasi yang berasal dari kumpulan data sangat banyak. Melakukan data mining memerlukan teknik statistik, kecerdasan buatan, dan juga matematika. Selain disebut dengan data mining, istilah lain yang memiliki pengertian dan konsep yang tidak jauh berbeda adalah pattern anylisis, knowledge extraction, data archaeology, dan information harvesting.

Lalu nanti hasil data mining akan dilakukan untuk apa? Perlu dipahami bahwa setelah melakukan data mining, biasanya hasilnya akan dimanfaatkan untuk membuat prediksi tren bisnis, menemukan pola, serta digunakan untuk membuat keputusan bisnis.

Mengenal Apa Itu Data Mining

Data mining adalah sebuah proses yang dilakukan untuk mendapatkan serta mengumpulkan informasi kemudian mengidentifikasinya. Informasi tersebut didapatkan dari sebuah data yang sangat besar. Di dalam melakukan data mining, seringkali memanfaatkan matematika, metode statistika, dan juga memanfaatkan kecerdasan buatan atau artifical intelligence.

Selain dinamakan data mining, proses ini juga disebut dengan knowledge discovery (mining) in database atau KDD, pattern analysis, knowledge extraction, data dredging,, data archeology, business intelligence, information harvesting, dan lain sebagainya.

Sebenarnya, data mining memiliki banyak fungsi. Namun fungsi utamanaya ada dua yakni descriptive dan predictive. Selengkapnya silakan simak di bawah ini.

  • Descriptive: sebuah fungsi yang digunakan untuk memahami secara lebih jauh terkait data yang sedang diamati. Diharapkan kita bisa mengetahui perilaku dari data tersebut yang kemudian akan dimanfaatkan untuk mendapatkan informasi seputar karakteristik data.
  • Predictive: sebuah fungsiyang digunakan untuk mengetahui pola tertentu dari suatu data. Pola tersebut diperoleh berdasarkan variabel-variabel data. Jika sudah mendapatkan pola, maka pola inilah yang nantinya akan dipakai untuk memprediksi pola yang lain.

Aplikasi Data Mining di PC / Laptop

Berikut ini kami sudah memiliki beberapa aplikasi data mining di PC dan laptop yang bisa menjadi pilihan terbaik untuk menghasilkan data mining sesuai yang kita inginkan.

1. WEKA

WEKA

Aplikasi pertama yang akan kita bahas adalah WEKA. Bagi yang sudah terjun ke dunia data mining dalam waktu yang lama, nama aplikasi ini tentunya sudah tidak asing lagi. WEKA memang mennjadi salah satu aplikasi data mining yang banyak digunakan. WEKA sendiri merupakan singkatan dari Waikato Environment for Knowledge Analysis. Aplikasi ini bekerja dengan cara menggunakan algoritma machine learning dalam melakukan data mining.

Beberapa fitur unggulan yang dimiliki WEKA menjadikan aplikasi ini sebagai salah satu aplikasi data mining yang populer. Fitur-fitur yang dimiliki WEKA sangat membantu dalam menggali informasi yang diperlukan pada basis data. Salahs satu fitur WEKA yang terkenal adalah regression. Fitur ini digunakan untuk memperkirakan atau memprediksi dengan berdasarkan pola yang telah dibentuk.

Pola inilah yang nanti akan digunakan sebagai model data. Selain regression, fitur lainnya yaitu clustering yang digunakan untuk mengelompokkan data. Setelah melakukan pengelompokkan tersebut, nanti kita bisa memperoleh pola tertentu dengan berdasarkan keterkaitan antara satu data dengan data yang lainnya.

Informasi yang ditampilkan oleh WEKA berupa chart dan juga gambar yang mudah dipahami. Software ini juga menawarkan tampilan antar muka yang sederhana sehingga meskipun pertama kali digunakan tidak membuat kita bingung.

2. RapidMiner

Aplikasi Data Mining di PC

Aplikasi data mining yang kedua adalah Rapid Miner. Tidak kalah dengan WEKA, aplikasi ini juga masuk ke dalam software data mining yang banyak digunakan. Dengan memanfaatkan RapidMiner, kita bisa melakukan text mining sepreti mengesktrak pola, mengolah teks. Setelah itu, kita bisa menggabungkannya dengan menggunakan metode statistika, kecerdasan buatan, dan database.

Fungsi lain yang dimiliki oleh RapidMiner adalah kita bisa melakukan deep learning, analisis predktif, dan juga machine learning. Software ini sudah banyak dimanfaatkan untuk berbagai macam kebutuhan seperti komersial, bisnis, pelatihan, riset, bahkan pendidikan, dan lain sebagainya. Untuk penerapan data mining dengan Rapid Miner dilaksanakan oleh ETL atau extraction, transformation, and loading.

Setelah itu, prosedur selanjutnya yang dilakukan antara lain: data preprocessing, visualization, modelling, and evaluation. Proses tersebut nantinya akan digambarkan melalui XML serta dibua dengan memanfaatkan GUI atau graphic user interface. Untuk bahasa pemograman yang digunakan adalah Java. Jika tertarik mencobanya, silakan mengunduh aplikasi ini melalui link yang kami bagikan di bawah ini.

3. Rattle

Rattle

Aplikasi data mining di PC atau laptop yang ketiga adalah Rattle. Aplikasi ini sudha dikenal cukup lama sebagai aplikasi yang handal dalam menjalankan data mining sesuai dengan kebutuhan. Dalam menjalankan tugasnya, Rattle memanfaatkan kekuatan R Statistical Software. Keunggulan lain yang ditawarkan Rattle adalah aplikasi ini dapat digunakan sebagai salah satu sarana mempelajari bahasa pemograman R.

Dengan menggunakan software ini, pengguna bisa membuat model maupun melakukan analisis statistik. Mengenai file inputs, bisa dibuat dalam bentuk ARFF, ODBC, CSV, TXT, R Dataset, Excel, Scripts, dan juga Corpus.

Sementara itu, untuk fitur clustering, Rattle mampu digunakan untuk mengelompokkan Clara, KMeans, BiCluster, dan juga Hierarchical. Untuk memaksimalkan hasil kerja, Rattle menggunakan charts ke dalam bentuk box plot, cumulative, dendrograms, histogram, dan lain-lain.

4. Orange

Aplikasi Data Mining Terbaik

Memiliki nama yang unik, namun siapa sangka jika software ini merupakan salah satu software data mining yang tidak kalah populer dengan aplikasi lainnya. Orange adalah sebuah aplikasi yang ideal dan cocok untuk melakukan data mining atau machine learning. Salah satu kelebihan yang ditampilkan Orange adalah aplikasi mempunyai tampilan visual yang bagus.

Untuk bahasa pemograman yang digunakan adalah Python. Adapun setiap komponen atau bagian yang ada pada Orange dinamakan widgets.

Bagi seseorang yang mencari aplikasi yang bukan hanya memiliki fitur lengkap melainkan menyediakan tampilan yang menarik, Orange merupakan pilihan yang tepat. Selain itu, pengoperasian aplikasi ini pun tidak terlalu sulit sehingga orang yang baru pertama kali menggunakannya tidak akan terlalu kesulitan.

5. KNIME

Aplikasi Data Mining untuk Windows

Aplikasi data mining di PC atau laptop yang terakhir adalah KNIME. Sebuah aplikasi yang pas untuk digunakan membuat analisis data maupun laporan. Secara umum, KNIME merupakan aplikasi yang dipakai untuk kebutuhan riset farmasi.

Nanti, aplikasi ini akan menampilkan data berupa analisis data finansial dan juga analisis data pelanggan. Terdapat dua fitur yang menarik diantara fitur-fitur yang lainnya yaitu scaling efficiency dan quick deployment.

KNIME merupakan software yang bisa menjadi rekomendasi jika ingin mencari sebuah aplikasi yang mudah digunakan dengan fitur-fitur-fitur yang membantu mempercepat pekerjaan. Ketika seseorang sudah menguasai dan mampu memanfaatkan fitur-fitur yang disediakan KNIME, maka pekerjaannya pun akan terasa lebih mudah dan cepat.

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan mengenai beberapa aplikasi pilihan terbaik untuk melakukan data mining baik di PC maupun laptop. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Send this to a friend