10+ Aplikasi Edit Video Terbaik Ini Paling Direkomendasikan Untuk Membuat Video Menjadi Lebih Menarik

Semakin maju perkembangan teknologi informasi saat ini membuat segala bentuk dokumentasi pun juga menjadi lebih mudah. Tak hanya dengan foto, kini berbagi kehidupan pribadi melalui media sosial pun bisa dilakukan dengan video. Setiap orang pun bisa membuat film pendek atau rekaman untuk keperluan pribadi tanpa biaya yang mahal.

Sebelum sebuah video meluncur di ranah internet dan media sosial, tentu terlebih dahulu perlu dilakukan pengeditan untuk membuat viewer lebih nyaman menontonnya. Untuk itu, diperlukan aplikasi edit video terbaik yang mudah digunakan. Berikut merupakan 10 aplikasi edit video yang paling direkomendasikan:

10 Aplikasi Edit Video Terbaik

Logo KineMaster1. KineMaster

DOWNLOAD APLIKASI

KineMaster merupakan sebuah aplikasi edit video yang diperuntukkan untuk sistem Android, bisa digunakan untuk memotong, menambahkan audio, mengatur volume, menambah gambar dan teks untuk sebuah video. Cukup menarik sebab di Google Play sendiri, KineMaster memiliki rating 4,4/5,0. Fitur-fitur yang dimilikinya antara lain :

  • Multiple layer video untuk gambar, efek, overlay, stiker, teks, dan tulisan tangan.
  • Pemotongan video dengan sistem frame-by-frame.
  • Preview instan untuk video yang telah selesai diedit.
  • Pengguna bisa menambahkan berbagai macam efek, overlay, dan stiker dari KineMaster Asset Store. Terdapat efek blur, mosaik, dan juga animasi.
  • Filter audio, termasuk pengubah suara.
  • Untuk video klip, terdapat pengaturan kontrol kecepatan video.
  • Efek transisi (transisi 3D, wipes, fades, dan banyak pilihan lainnya).
Tampilan KineMaster

Tampilan KineMaster

logo VivaVideo2. VivaVideo

DOWNLOAD APLIKASI

Inilah solusi instan yang banyak dipakai masyarakat untuk mengedit video secara instan dan mengunggahnya langsung di akun sosial media pribadi. Tak heran kini pengguna VivaVideo diperkirakan telah mencapai 400 juta orang, dan ratingnya pun cukup baik, yaitu 4,6/5,0. Berbagai fitur yang dimilikinya antara lain :

  • SlideShow Maker: memungkinkan pengguna untuk memuat video slideshow dari beberapa foto. Cocok untuk Anda yang suka membuat foto kenangan dengan tambahan teks.
  • Video Editing Tools: termasuk video trim, pemotongan durasi, pemotongan gambar, penggabungan beberapa video, duplikasi, kolase, dan looping video.
  • Video Editing Effects: Terdapat sangat banyak efek dan filter yang bisa dinikmati pengguna, dengan lebih dari 1000 komponen tambahan seperti blur background, pengaturan kecepatan video diputar, slow motion, teks animasi, GIF, dan lainnya.
Tampilan VivaVideo

Tampilan VivaVideo

Logo PowerDirector3. PowerDirector

DOWNLOAD APLIKASI

Aplikasi edit video terbaik lainnya adalah PowerDirector. Dengan rating yang juga cukup baik (4,5/5,0), PowerDirector menawarkan fitur edit video dari mulai berbagai macam efek filter, slow motion, video reverse, pengeditan background, dan banyak lagi. Menggunakan PowerDirector, Anda akan disambut dengan timeline editing yang memudahkan proses pengeditan. Selain itu, terdapat fitur-fitur lainnya seperti :

  • Pengeditan Background dan Penambahan Efek dengan chroma key selector.
  • Pembuatan Kolase Foto atau Video.
  • Video Foto Editor : brightness, contrast, video trim, crop video, rotate video.
  • Memuat Video Slow Motion.
Tampilan PowerDirector

Tampilan PowerDirector

Logo AndroVid4. AndroVid

DOWNLOAD APLIKASI

Satu kelebihan yang dimiliki oleh aplikasi edit video yang satu ini adalah tampilannya yang sangat sederhana dan memudahkan pengguna. Androvid sendiri memiliki rating 4,1/5,0 di Google Play Store, walaupun sebetulnya fitur-fiturnya cukup lengkap, yakni :

  • Video Reverse: Untuk memutar video dari belakang ke depan.
  • Video Joiner: Menggabungkan beberapa video klip menjadi sebuah video yang utuh.
  • Video & Audio Mixer: Menambahkan musik untuk video, mengatur volumenya.
  • Animated GIF: Sebuah video dapat dipotong menjadi animated GIF.
  • Video Transcoder: Mengubah video agar tidak memakan banyak memori. Dapat menghasilkan video dengan format GIF, 3GP, AVI, FLV, MP4, MPG, WMV, VOB, dan MOV.
  • Fitur lainnya: Slideshow maker, frame grabber, video toolbox, video rotate.
Tampilan AndroVid

Tampilan AndroVid

Logo InShot5. InShot Video Editor

DOWNLOAD APLIKASI

InShot Video Editor merupakan salah satu aplikasi video editor yang dirancang khusus untuk mempercantik dan meningkatkan hasil video yang anda miliki. Aplikasi InShot Video Editor menyediakan berbagai fitur dan tool yang sangat membantu seperti membuat efek blur pada video, menerapkan beberapa efek filter, memasukkan teks ke dalam video, menggabungkan musik ke dalam video, memberi emojo-emoji yang lucu dan lain sebagainya.

InShot Video Editor ini hanya diperuntukan untuk editing yang ringan-ringan saja, jadi untuk anda yang pemula dalam mengedit video, maka InShot Video Editor ini merupakan aplikasi edit video yang perlu anda pertimbangkan.

Tampilan InShot

Tampilan InShot

Logo ActionDirector6. ActionDirector

DOWNLOAD APLIKASI

Jadilah direktur dari sebuah project pembuatan video dengan menggunakan aplikasi edit video ActionDirector. Aplikasi yang mendapatkan rating 4,5/5,0 di Google Play ini memasilitasi pengguna untuk merekam video, mengedit, sekaligus memberikan efek dan bisa langsung dibagikan kepada teman dan kerabat.

ActionDirector dilengkapi dengan Ultra HD 4K video editor yang membuat pengguna nyaman mengedit video hanya melalui gawai smartphone. Terdapat pula fitur repeat dan rewind untuk membuat video terbaik.

Tampilan ActionDirector

Tampilan ActionDirector

Logo FilmoraGo7. FilmoraGo

DOWNLOAD APLIKASI

Jika terdapat aplikasi Filmora untuk desktop, terdapat pula FilmoraGo yang diperuntukkan sebagai aplikasi edit video terbaik di smartphone. Beberapa fiturnya yang menjadikan unggul antara lain :

  • Penggabungan Video dan Foto: Tak perlu lagi memilih antara mengedit sebuah video atau membuat slideshow dari sejumlah foto.
  • Template dan Efek Melimpah: Hanya dengan sekali klik, pengguna dapat membuat tampilan video lebih sempurna.
  • Library Soundtrack: Terdapat cukup banyak pilihan soundtrack yang disediakan FilmoraGo.
  • Memilih rasio video: 1:1 untuk diunggah melalui instagram atau 16:9 untuk Youtube.
Tampilan FilmoraGo

Tampilan FilmoraGo

Logo Quik8. Quik

DOWNLOAD APLIKASI

Seperti namanya, aplikasi edit video yang satu ini menawarkan kecepatan dalam pengeditan sebuah video hanya dengan beberapa kali tap saja. Hanya dengan memilih beberapa foto terbaik atau video klip, pengguna tak perlu repot mengatur berbagai aspek video, Quik akan mengedit video Anda secara otomatis. Walau pengguna bisa juga menambahkan sendiri teks, musik, dan efek lainnya.

Pengguna dapat membuat slideshow dari sejumlah foto yang diimpor dari gallery, dengan jumlah maksimal 75 foto. Terdapat pula fitur face detector untuk diedit sehingga tampilan lebih sempurna. Ada 23 style video yang bisa dipilih pengguna dan Quik akan mengerjakan proses pengeditan secara otomatis.

Tampilan Quik Video Editor

Tampilan Quik Video Editor

Logo Adobe Premiere Clip9. Adobe Premiere Clip

DOWNLOAD APLIKASI

Adobe Premiere Clip merupakan aplikasi edit video yang cepat dan menarik untuk menghasilkan video berkualitas yang bisa langsung dibagikan, dan dikung pula dengan Adobe Premiere Pro CC untuk hasil video yang lebih menakjubkan. Beberapa fitur dari Adobe Premiere Clip antara lain :

  • Automatic Video Creation: Pilih video yang ingin diedit dan pilih musik yang diinginkan. Aplikasi ini akan menelaborasikannya dan pengguna tinggal menikmati hasilnya.
  • Powerful Video Editing: Potong bagian video yang tidak diinginkan, tambahakan klip atau foto yang diinginkan, atur transisi dari satu frame ke frame lainnya, dan bisa juga menambah efek slow motion untuk mendramatisir video.
  • Sounds Great dan Looks Great: Musik bisa dipilih dari library, pengguna juga bisa mengatur lighting dan warna secara custom.
Tampilan Adobe Premiere Clip

Tampilan Adobe Premiere Clip

Logo Videoshop10. Videoshop

DOWNLOAD APLIKASI

Sebuah aplikasi edit video yang cukup populer dengan rating 4,6/5,0. Fitur yang dimiliki videoshop antara lain pemotongan momen video yang tidak diperlukan, penambahan musik da sound effect, pembuatan video slow motion, pengaturan display (brightness, contrast, saturation), dan juga penggabungan beberapa clip menjadi satu video.

Selain itu, pengguna bisa juga menambahkan sendiri teks dengan berbagai warna dan font, menambahkan voice over, membuat video stop motion yang merupakan gabungan ratusan foto, serta tak ketinggalan resize dan reverse video.

Tampilan Videoshop

Tampilan Videoshop

Demikianlah ulasan mengenai 10 aplikasi video terbaik untuk ponsel android anda. Setiap aplikasi memang memiliki keunikan dan kelebihan tersendiri, Anda bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan pengeditan dan jenis aplikasi yang menurut Anda lebih nyaman digunakan. Selamat mengedit video sendiri dengan aplikasi edit video terbaik!

Leave a Reply

Send this to a friend