• Our Partners:

Aplikasi Emulator PS2

5 Rekomendasi Aplikasi Emulator PS2 untuk PC / Laptop Windows Terbaik

NESABAMEDIA.COM – PS2 atau PlayStatio 2 dirilis pertama kali oleh Sony Computer Entertainment pada tahun 2000 lalu. Pada saat itu, PS2 menjadi konsol favorit semua anak – anak pada masanya.

Bahkan hingga saat ini PS2 masih dianggap konsol game terbaik karena tingkat penjualannya yang menembus 155 juta unit. Karena begitu laris, game  – game yang dikeluarkan PS2 pun sangat beragam bahkan hampir 3.800 judul yang dikeluarkannya.

Namun, saat ini dengan perkembangan zaman konsol game PS2 sudah mulai ditinggalkan karena selain harganya yang mahal, sekarang orang – orang lebih ingin yang praktis yaitu dengan menggunakan aplikasi emulator. Emulator adalah sebuah aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk memainkan game – game PS2 layaknya sedang bermain menggunakan konsol game PS2.

Aplikasi Emulator PS2 Terbaik

Aplikasi emulator PS2 sangat banyak diproduksi oleh para developer. Para pecinta game – game lawas PS2 saat ini lebih suka menggunakan emulator karena lebih praktis dan mudah. Anda hanya membutuhkan sebuah handphone  ataupun PC / laptop untuk memainkannya dan tentunya karena beberapa aplikasi emulator ini menyediakan versi gratis jadi tidak perlu mengeluarkan biaya untuk menggunakannya.

Anda disini pasti sedang bingung untuk memilih aplikasi emulator PS2 apa yang cocok untu PC atau laptop. Berikut ini 5 rekomendasi aplikasi emulator PS2 yang bisa Anda gunakan. Langsung saja simak pembahasannya berikut ini.

1. PCSX2

Aplikasi emulator PS2 yang menduduki peringkat paling pertama adalah emulator PCSX2. Emulator PSCX2 merupakan aplikasi emulator paling rekomendasi sebagai emulator PS2 untuk PC atau laptop terbukti dengan angka penjualannya yang laris manis di pasaran hingga saat ini.

Aplikasi emulator PCSX2 ini termasuk emulator game PS2 yang paling banyak digunakan di dunia ini. Banyak game – game legendaris PS2 yang bisa Anda mainkan di PC ataupun laptop menggunakan emulator PCSX2 ini. Anda bisa memainkan game PS2 apa saja menggunakan emulator ini, tapi sangat disayangkan salah satu kelemahan dari emulator ini adalah Anda harus memiliki PC atau laptop dengan spesifikasi tinggi dan terbaik untuk menggunakan emulator PCSX2 ini.

Mengapa harus menggunakan PC atau laptop yang berspesifikasi tinggi? Karena emulator PCSX2 ini mempunyai sistem plug-in dan membutuhkan konfigurasi optimal agar dapat beroperasi. Jika sudah memiliki spesifikasi yang sesuai pada PC atau laptop, Anda dapat meningkatkan kualitas game menjadi HD dan bisa mendapatkan pengalaman main selayaknya di konsol PS2 aslinya.

Spesifikasi minimal dari PC atau laptop yang akan Anda gunakan adalah minimal RAM pada PC atau laptop Anda sebesar 2GB dan rekomendasinya sebesar 4GB. Lalu, PC atau laptop Anda harus sudah terpasang NetFramework 3.5 Sp1, DirectX9.0c dan Microsoft Visual C++ Redistributable 2008. 2010 dan 2015.

2. Play!

Rekomendasi aplikasi emulator PS2 selanjutnya adalah emulator Play!. Emulator Play ini mempunyai dua bentuk versi ada versi PC dan juga versi mobile. Tapi sebenarnya emulator Play ini lebih dikenal di platform Android dan iOS. Namun sayangnya aplikasi emulator yang satu ini sudah tidak tersedia di PlayStore, tapi Anda bisa mengunduhnya di situs – situs internet baik versi mobile ataupun PC.

Emulator Play! ini akan membantu dan memudahkan Anda tentunya untuk memainkan game PS2 di PC ataupun mobile. Aplikasi emulator ini bisa diunduh di situs mana saja termasuk situs resminya, tapi meskipun Anda bisa mengunduhnya secara gratis alias cuma – cuma, aplikasi emulator yang satu ini tetap mempunyai kelemahan.

Salah satu kelemahan dari emulator ini adalah Anda tidak bisa memainkan beberapa game PS2 seperti Final Fantasy X dan Resident Evil 4. Mengapa? Karena game – game tersebut memiliki resolusi yang cukup tinggi sehingga tidak mendukung dengan emulator Play ini. Walaupun mempunyai kelemahan, tapi aplikasi emulator ini memiliki keunggulan yaitu cara penggunaannya yang sangat mudah sehingga tidak membingungkan para penggunanya/ Anda tidak perlu mengunduh file BIOS dan beberapa file lainnya untuk dapat memainkan game.

Emulator Play bisa dikatakan cukup smooth. Dan aplikasi emulator ini termasuk jenis Plug and Play, yang mana Anda tidak perlu ribet mengatur pengaturan sana sini. Tapi Anda tetap harus memperhatikan spesifikasi yang diminta oleh aplikasi Play ini.

3. PPSSPP

PPSSPP merupakan salah satu emulator game PS2 yang juga dianggap paling populer. Jika Anda pecinta game PS2 terutama game lawas, aplikasi emulator ini sangat cocok bagi Anda karena banyak pecintas game lawas yang menggunakan aplikasi emulator ini untuk memainkan game nya.

Salah satu hal yang paling menarik dan sangat direkomendasikan dari aplikasi ini adalah ukurannya yang cukup ringan sehingga menjadikannya emulator game PS2 yang terbaik yang ada di Indonesia bahkan di seluruh dunia.  Emulator PPSSPP ini sebenarnya bukan hanya tersedia untuk PC atau laptop saja, tapi juga tersedia dalam versi perangkat mobile, PC for windows, dan juga Linux.

Tampilan antarmuka yang dimiliki aplikasi emulator PPSSPP ini bisa dikatakan sederhana sehingga hampir semua orang bisa langsung memahami dan memainkannya dengan mudah. Untuk versi mobile aplikasi ini memiliki ukuran sekitar 28MB saja sehingga dapat berjalan dengan baik meskipun dengan spesifikasi yang rendah.

4. RetroArch

RetroArch merupakan aplikasi emulator PS2 yang bisa dikatakan sudah ada dari dulu alias merupakan aplikasi emulator yang paling lawas. Meskipun termasuk aplikasi emulator yang sudah tua alias lawas, tapi emulator ini dapat berjalan dan dimainkan dengan cukup stabil.

Sebenarnya bukan hanya bisa digunakan untuk memainkan PS2 saja, tapi aplikasi ini juga mendukung Anda untuk memainkan game – game PS1. Aplikasi emulator ini bukan hanya sebatas pada konsol game miliki Sony saja, tapi Anda juga bisa menggunakan emulator ini untuk meniru beragam konsol game retro. Tampilan interface yang dimiliki emulator ini terlihat bersih dan rapih sehingga memungkinkan Anda untuk menemukan dengan mudah dan memindahkan file permainan yang dicari.

Anda juga bisa mendapatkan mapper kunci asli. Aplikasi emulator ini cukup terbatas karea membutuhkan pemasangan plugin untuk setiap konsol game secara tersendiri. Tapi aplikasi ini juga hampir bebas iklan, dan memiliki stabilitas pada semua game nya.

5. NeutrinoSX2

Rekomendasi aplikasi emulator PS2 yang terakhir adalah NeutrinoSX2. Jika dibandingkan dengan aplikasi emulator PS2 yang sebelumnya, NeutrinoSX2 ini masih kalah populer dengan yang lainnya tapi aplikasi ini dianggap sejajar dengan emulator PCSX2. Karena sama – sama bersifat open source.

Anda bisa memainkan berbagai game PS2 di emulator yang satu ini seperti game Mortal Kombat 5 dan lain sebagainya. Agar aplikasi emulator NeutrinoSX2 ini berjalan dengan maksimal, maka dibutuhkan GTK runtimes. Anda sebagai pengguna akan mendapatkan suara yang berkualitas tinggi dan didukung cheats. Tapi berdasarkan kabar atau informasi yang beredar, emulator NeutrinoSX2 ini masih bisa digunakan secara terbatas karena para developer masih terus mengembangkannya.

Sekian artikel kali ini yang membahas tentang aplikasi emulator PS2 apa saja yang bisa digunakan untuk memainkan game PS2 di PC ataupun laptop. Ada berbagai pilihan emulator diatas, Anda bisa memilihnya sesuai dengan keinginan Anda dan tentunya harus sesuai dengan spesifikasi perangkat yang Anda miliki agar dapat selalu bermain dengan baik dan lancar.

Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat bagi Anda. Terimakasih 🙂

Leave a Reply

Send this to a friend