10 Aplikasi Khusus Xiaomi Terbaik yang Wajib Digunakan oleh Mifans!

Merilis aplikasi baru yang lebih canggih dan fresh merupakan salah satu cara yang harus dilakukan perusahaan smartphone agar brand-nya selalu mendapat perhatian masyarakat. Bagaimana tidak, setiap hari perusahaan teknologi terus memunculkan inovasi baru yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan pengguna produknya. Apabila tidak ada perkembangan, tentu saja brand akan tenggelam karena pelanggan beralih ke teknologi lain yang dapat memberikan pelayanan yang lebih baik.

Dan Xiaomi menyadari hal tersebut, maka dari itu perusahaan ini terus berusaha peka terhadap kebutuhan masyarakat dan memunculkan gebrakan-gebrakan baru melalui aplikasi-aplikasi yang dirilisnya. Dan berikut ini telah kami rangkum 10 aplikasi Xiaomi yang paling banyak digunakan.

Aplikasi Khusus Xiaomi

Aplikasi Xiaomi di bawah ini memberikan layanan yang sangat dekat dengan kebutuhan sehari-hari, jadi mungkin saja dari sepuluh aplikasi ini ada yang dapat Anda manfaatkan untuk membantu aktivitas Anda.

1. Mi Launcher

Aplikasi Khusus Xiaomi

Launcher adalah aplikasi khusus yang menawarkan banyak sekali pilihan bagi Anda yang ingin merubah tampilan layar Android. Ada banyak sekali Launcher di Google Play dan salah satunya adalah Mi Launcher keluaran Xiaomi. Aplikasi Mi Launcher dapat digunakan pada smartphone Android versi 4.1 ke atas. Dengan menggunakan Mi Launcher, Anda dapat langsung merombak dan mengelola tampilan smartphone Xiaomi menjadi lebih keren, misalnya mengganti bentuk grid, merubah tema icon, dan lain sebagainya.

2. Mi Remote Controller

Aplikasi Khusus Xiaomi

Mi Remote Controller adalah aplikasi keluaran Xiaomi yang memberikan alternatif remote control selain remote manual. Dengan hanya menggunakan Mi Remote Controller, kita dapat mengendalikan berbagai perangkat elektronika, seperti televisi, DVD, AC, kipas angin, dan berbagai alat lain yang sudah dilengkapi infrared.

Baca Juga: 10+ Aplikasi DJ Terbaik untuk HP Android, Yuk Belajar Menjadi DJ!

Supaya aplikasi ini dapat berfungsi, perangkat smartphone juga harus dilengkapi infrared di dalamnya. Beberapa smartphone Xiaomi keluaran terbaru sudah banyak yang menyediakan fasilitas tersebut. Sedangkan, untuk ponsel selain Xiaomi hanya beberapa yang sudah kompatibel dengan aplikasi ini.

3. Mi Fit

Aplikasi Khusus Xiaomi

Ingin memiliki gaya hidup yang sehat dan disiplin supaya dapat lebih produktif? Anda dapat mengandalkan aplikasi Mi Fit untuk membangun rutinitas tersebut. Mi Fit dapat membantu Anda dalam membuat program latihan fisik, mengatur bagaimana proses latihan supaya hasil lebih efektif, dan melakukan analisis terhadap kualitas tidur agar dapat memberi solusi bagaimana meningkatkannya. Aplikasi Mi Fit kini dapat kompatibel dengan berbagai perangkat, diantaranya Mi Band, Amazfit Bip, Mi Body Composition Scale, Mi Scale, Amazfit Pace, dan lainnya.

4. File Manager by Xiaomi

Screenshot_2018-08-17-13-15-25-1

Mi File Manager merupakan aplikasi yang dapat membantu Anda mengolah data dengan cepat, aman, dan praktis. Terlebih, aplikasi ini dapat Anda dapatkan secara gratis. Beberapa keuntungan yang akan didapatkan menggunakan aplikasi ini diantaranya yaitu akses file lebih cepat, pengelolaan lebih mudah, dan memungkinkan kita berbagi file dengan orang lain secara offline. Selain itu, aplikasi ini juga dapat menyimpan berbagai format file, seperti foto, video, musik, dan aplikasi. Dan menariknya lagi, Mi File Manager sudah mendukung Bahasa Indonesia.

5. App Vault

Screenshot_2018-08-17-13-15-36-1

App Vault adalah aplikasi Xiaomi yang berfungsi sebagai shortcut atau jalan pintas. Aplikasi ini akan memudahkan Anda dalam menampilkan aplikasi yang baru saja digunakan, sehingga Anda tidak perlu lagi menempuh banyak jalan untuk mengakses aplikasi tersebut, cukup dengan satu layar.

Baca Juga: 10+ Aplikasi Desain Rumah Terbaik untuk HP Android

Misalnya, Anda baru saja menggunakan kalkulator, dan ketika ingin menggunakannya lagi Anda dapat menggunakan jalan pintas supaya dapat langsung masuk ke aplikasi tersebut. Aplikasi ini berada di kiri layar home screen, sehingga Anda hanya perlu menggeser layar ke kanan kemudian akan muncul daftar aplikasi yang kerap digunakan.

6. Mi Video Call

Aplikasi Xiaomi

Walaupun namanya Mi Video Call, tetapi aplikasi resmi keluaran Xiaomi ini tidak hanya bisa digunakan untuk panggilan video saja, tetapi juga untuk melakukan panggilan suara atau mengirim pesan instan. Aplikasi ini bisa langsung didownload secara gratis di Google Play, hanya saja Mi Video Call hanya bisa dinikmati oleh perangkat smartphone atau tablet berbasis Xiaomi. Untuk bisa menggunakan aplikasi ini, Anda hanya perlu menginstalnya dan memasukkan nomor telepon untuk melakukan verifikasi.

7. Mi Wifi

Screenshot_2018-08-17-13-16-01-1

Mi Wifi merupakan sebuah perangkat yang dapat berperan sebagai router untuk membuat jaringan Wifi. Apabila di rumah kita tidak memiliki Wifi, kita masih dapat membuat Wifi baru yang dapat diakses seluruh anggota keluarga menggunakan produk ini. Tetapi syaratnya, Anda perlu memiliki smartphone Xiaomi yang sudah terkoneksi ke internet, dimana nantinya smartphone akan berfungsi sebagai manajer server.

Untuk menggunakan Mi Wifi, pertama Anda harus menginstal aplikasi Mi Wifi di smartphone. Kemudian hubungkan perangkat Mi Wifi ke smartphone dan secara otomatis smartphone akan langsung mendeteksi perangkat tersebut. Jika berhasil, maka seluruh pengguna internet di rumah dapat mengakses internet yang berasal dari smartphone Anda.

8. Mi Calculator

Screenshot_2018-08-17-13-16-11-1

Apabila pekerjaan menuntut Anda untuk sering berkutat dengan angka, tentu Anda perlu memiliki alat hitung yang canggih agar pekerjaan menjadi lebih praktis. Nah, sekarang Anda bisa menyimpan budget untuk membeli kalkulator, karena saat ini Xiaomi memiliki aplikasi kalkulator yang menyediakan alat hitung matematika yang lengkap, mulai dari kalkulator biasa, kalkulator scientific, kalkulator hipotek, dan bahkan aplikasi ini memiliki fasilitas untuk mengkonversi berbagai jenis mata uang dan juga berbagai jenis satuan ukuran, seperti panjang, luas volume, kecepatan, dan lain sebagainya.

9. Mi Drop

Aplikasi Xiaomi

Mi drop adalah aplikasi Xiaomi yang berfungsi untuk mentransfer berbagai jenis file, seperti gambar, musik, video, data, bahkan sampai aplikasi. Aplikasi ini memiliki peran yang hampir sama dengan bluetooth dan bahkan diklaim dapat mentransfer data jauh lebih cepat daripada bluetooth.

Baca Juga: 10+ Aplikasi GPS Terbaik di HP Android, Biar Gak Buta Jalan!

Untuk menggunakan Mi Drop, Anda tidak perlu menggunakan alat pendukung apapun, seperti kabel USB dan koneksi internet. Cukup miliki aplikasi ini dan nikmati proses transfer file yang secepat kilat. Anda juga tidak perlu khawatir apabila proses transfer gagal di tengah jalan, karena Anda masih dapat melanjutkannya dengan sekali klik.

10. Peel Mi Remote

Screenshot_2018-08-17-13-16-29-1

Apabila sebelumnya telah diulas mengenai Mi Remote Controller, kini akan diulas aplikasi pelengkap Mi Remote Controller yang dapat memberikan pengalaman menonton televisi yang lebih luas. Aplikasi Peel Mi Remote dapat bertindak sebagai panduan TV yang tidak dimiliki oleh Mi Remote Controller.

Dengan adanya kedua aplikasi tersebut akan memungkinkan Anda untuk mengakses televisi universal dan daftar TV siaran langsung. Aplikasi  Peel Mi Remote juga akan membantu Anda menemukan program TV yang Anda sukai melalui track program yang sering Anda tonton sebelumnya.

Nah, itulah sepuluh aplikasi Xiaomi yang dapat Anda andalkan untuk memudahkan pekerjaan sehari-hari. Semoga informasi ini dapat membantu dan bermanfaat.

Nesabamedia.com merupakan media online yang menyajikan konten menarik seputar komputer, internet, jaringan, android, website dan beberapa topik lain yang berhubungan dengan dunia komputer.

Leave a Reply

Send this to a friend