Aplikasi Mixing Lagu PC / Laptop Terbaik

10 Aplikasi Mixing Lagu PC / Laptop Terbaik dan Gratis, Pilih yang Mana?

NESABAMEDIA.COM – Musik selalu menghiasi hari-hari kita, karena kita dapat mendengarnya dimanapun dan kapanpun. Bahkan, tempat-tempat seperti restoran, cafe, mall, toko pakaian dan lain sebagainya selalu menyalakan musik untuk para pengunjung mereka.

Tentu saja musik dapat melepaskan stress kita. Ada berbagai macam musik yang dapat Anda pelajari, contohnya yaitu seperti musik pop, jazz, rock hingga DJ. Apakah Anda berminat untuk mempelajari musik DJ ?

Musik DJ pada dasarnya dilakukan dengan cara mixing beberapa lagu dan menjadikannya satu lagu utuh. Nah, untuk membuat musik DJ, Anda juga harus memiliki software untuk menggabungkan beberapa musik tersebut. Berikut adalah 10 aplikasi mixing lagu PC atau laptop yang wajib Anda install di PC Anda.

10 Aplikasi Mixing Lagu PC / Laptop Terbaik

Musik DJ adalah suatu electronic music yang dibuat menggunakan perangkat elektronik juga. Nah, aplikasi ini diciptakan dengan bantuan software atau aplikasi tambahan. Software tersebut nantinya akan melakukan mixing terhadap musik yang ingin Anda ciptakan. Berikut adalah beberapa contoh aplikasi mixing lagu PC atau laptop yang dapat Anda gunakan.

1. MixPad

mixing lagu

MixPad merupakan suatu perangkat lunak yang dapat memungkinkan Anda untuk melakukan mixing terhadap lagu. Pada aplikasi ini memiliki berbagai tools yang sangat lengkap seperti dapat melakukan rekaman multitrack dan dapat mengedit musik secara profesional yang bisa memberikan hasil yang sempurna.

Anda bisa mencampurkan berbagai trek audio tanpa terbatas jumlahnya, dengan begitu maka tak akan ada pembatasan ketika Anda menciptakan sebuah musik atau lagu menggunakan aplikasi ini. Anda pun mempunyai kebebasan untuk menambahkan berbagai efek suara maupun menambahkan rekaman suara.

Tidak hanya itu, aplikasi ini akan menampilkan berbagai tools untuk melakukan proses mixing, serta menawarkan hasil yang sangat baik layaknya seorang profesional. MixPad juga sangat kompatibel dengan sampling frekuensi, baik dari 6 kHz sampai dengan 96 kHz.

2. WavePad

Aplikasi Mixing Lagu PC Terbaik

WavePad Sound Editor merupakan sebuah perangkat lunak untuk mengolah audio yang secara khusus diciptakan untuk memanipulasi dan mengedit file audio. Dengan menggunakan aplikasi ini, kita dapat melakukan perubahan terhadap file audio maupun suara yang dinilai terlalu pelan serta dapat mengubah intonasi dan tinggi rendahnya suatu nada.

User Interface yang ditampilkan pada aplikasi ini juga sangat mudah untuk dikenali, sehingga memudahkan Anda untuk mengoperasikannya. Apabila Anda memiliki komputer atau PC yang spesifikasinya tidak terlalu tinggi, maka aplikasi ini adalah solusinya. Karena aplikasi ini memiliki kapasitas yang sedikit, yaitu hanya sebesar 5,32 MB.

3. Adobe Audition

mixing lagu

Adobe Audition merupakan sebuah aplikasi mixer, multitrack digital audio recording dan editor yang telah digunakan serta mempunyai segala fasilitas untuk mengolah audio atau suara. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk merekam audio, menambahkan efek pada audio maupun dapat memperbaiki kualitas pada audio Anda.

Tahukah Anda bahwasanya aplikasi ini juga sangat digunakan oleh musisi profesional untuk menciptakan musik ? Hal ini dikarenakan aplikasi Adobe Audition memiliki fitur yang sangat lengkap dan memiliki 2 environtment yaitu multitrack dan edit view. Pada menu multitrack, Anda bisa menangani berbagai waveform secara sekaligus di berbagai track. Sedangkan pada menu Edit view, Anda dapat menangani editing 1 waveform pada satu waktu.

4. Sound Forge

Aplikasi Mixing Lagu PC Gratis

Aplikasi Sound Forge Pro merupakan suatu aplikasi yang memungkinkan Anda untuk mengedit audio layaknya seorang profesional. Nah, jika Anda berminat untuk mengolah musik dan menjadikannya karya seni Anda yang mengagumkan, Anda dapat menggunakan aplikasi ini untuk melakukan mixing pada lagu atau musik Anda. Versi terbaru dari aplikasi ini juga telah menyediakan berbagai fitur baru yang bermanfaat dan mudah untuk digunakan.

Fitur unik dari aplikasi ini yaitu mampu memulihkan track audio untuk merekam serta tidak memiliki banyak plug-in tetapi Anda dapat melakukan edit audio dengan mudah dan cepat.

5. Ocenadio

mixing lagu

Ocenadio merupakan sebuah aplikasi yang dapat menghapus fragmen, memutar file, mixing lagu, menambahkan efek pada audio, dan lain sebagainya. Aplikasi ini memiliki banyak sekali manfaat untuk mengolah file audio Anda. Dan aplikasi Ocenadio ini juga bisa Anda gunakan untuk memperbaiki audio yang memiliki noise dan mengubah format dari audio tersebut.

Aplikasi ini dapat Anda gunakan secara gratis di PC maupun laptop Anda. Ocenadio juga merupakan aplikasi multiplatform yang memungkinkan Anda untuk menganalisa dan mengedit tiap track audio secara sederhana.

6. Wavosaur

Aplikasi Mixing Lagu Laptop Terbaik

Wavosaur adalah sebuah aplikasi editor audio yang dapat mengolah audio, aplikasi ini bisa Anda jadikan aplikasi alternatif untuk aplikasi editor audio lainnya seperti Wavelab dan Soundforge. Wavosaur menyediakan dukungan untuk file VST dan Anda bisa mengedit dan mengatur track dari berbagai format.

Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda dapat menyalin memotong, memindahkan hingga menempelkan tiap bagian track audio yang Anda dipilih. Dengan begitu, maka kita dapat memperbaiki file audio kita. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga dapat memperbaharui dan menormalkan kembali tiap track tersebut. Contohnya yaitu seperti memberikan efek VST, mengirim data menjadi berkas teks maupun menghasilkan statistik.

7. Waveshop

mixing lagu

Waveshop adalah sebuah aplikasi editor audio yang dapat diakses secara gratis dan bersifat open source. Keunggulan utama pada aplikasi waveshop ini yaitu dapat berjalan secara cepat dan ringan. Nah, aplikasi ini sangat cocok untuk kamu yang memiliki spesifikasi laptop maupun PC yang rendah.

Waveshop bisa melakukan berbagai editing audio dan Anda dapat melakukan editing pada sebagian audio tanpa harus untuk mempengaruhi bagian audio lainnya.

8. Reaper

mixing lagu

Reaper adalah sebuah software atau aplikasi yang berbasis Digital Audio Workstation. Aplikasi ini bisa membantu Anda untuk memenuhi segala kebutuhan Anda dalam menyelesaikan proses atau project sebuah lagu. Anda dapat melakukan mixing lagu dengan mudah hanya dengan menggunakan software ini.

Penggunaan aplikasi ini juga dapat dengan baik untuk menyelesaikan dan menangani produksi sebuah musik yang memiliki format seperti MP3, Midi, Wave, AIFF dan lain sebagainya. Serta aplikasi ini juga bisa bekerja menjadi patchby atau host untuk suatu virtual instrument.

9. GarageBand

Aplikasi Mixing Lagu Laptop Gratis

Jika Anda memiliki project untuk membuat sebuah lagu, maka aplikasi ini dapat membantu Anda dalam proses pembuatan lagu atau musik. Karena dengan menggunakan aplikasi ini Anda dapat membuat sebuah project musik Anda sendiri seperti merekam audio, menambahkan instrument musik, menyusun audio, mixing audio, dan lain sebagainya.

10. Audacity

mixing lagu

Audacity merupakan software yang dapat memberikan efek audio yang terbaik untuk Anda, dan aplikasi ini juga bersifat open source. Audacity juga dirancang menggunakan library WxWidgets, dengan begitu maka aplikasi ini bisa berjalan di segala sistem operasi yang ada.

Aplikasi ini memiliki kelebihan yaitu dapat berjalan dengan stabil di komputer Anda. Proses yang dilakukan pada aplikasi ini dapat berjalan dengan sangat baik dan cepat. Design interface dari aplikasi ini juga sangat mudah untuk dikenali.

Demikianlah artikel yang menjelaskan mengenai 10 aplikasi mixing lagu PC yang dapat Anda install di komputer Anda. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda.

Sarifah Farrah Fadillah

Hanya seseorang yang suka menulis dan tertarik di bidang Teknologi. Dan orang yang selalu percaya akan kata-kata ‘Usaha tidak akan mengkhianati Hasil’.

Leave a Reply

Send this to a friend