• Our Partners:

Aplikasi Simulasi Arduino di PC dan Laptop

10 Aplikasi Simulasi Arduino di PC / Laptop Terbaik untuk Pengguna Windows

NESABAMEDIA.COM – Sekarang ini banyak generasi muda yang senang atau sedang ingin mempelajari tentang mikrokontroler atau otomatisasi suatu perangkat atau biasa disebut IoT (Internet of Things).

Tapi ada beberapa kendala yang terjadi untuk mempelajarinya seperti harga mikrokontroler yang mahal. Untuk para profesional mungkin tidak masalah, namun untuk seorang mahasiswa mungkin harus mikir – mikir terlebih dahulu.

Maka dari itu, muncullah sebuah aplikasi simulator arduino yang bisa digunakan oleh siapapun. Jadi para pemula ataupun profesional bisa belajar, memprogram serta menguji ide – ide tanpa harus membuang – buang uang dan waktu.

Aplikasi Simulasi Arduino di PC / Laptop

Banyak aplikasi simulasi arduino yang bisa Anda gunakan baik versi gratis maupun yang berbayar. Supaya Anda tidak bingung, berikut ini 10 rekomendasi aplikasi simulasi arduino yang bisa Anda gunakan. Langsung saja silahkan simak pembahasannya berikut ini.

1. Autodesk Eagle

Autodesk Eagle

Autodesk Eagle merupakan aplikasi simulasi arduino yang menyediakan perangkat yang mudah digunakan dan kuat untuk para insinyur atau siapapun. Anda bisa menciptakan sebuah penemuan elektronik atau perangkat batu dengan bantuan rangkaian lengkap tata letak PCB dan alat penyuntingan skematis, fitur berbasis komunitas, serta konten perpustakaan.

Beberapa fitur utama yang dimiliki aplikasi Autodesk Eagle ini adalah

  1. Editor skematis,
  2. Multi Sheet Schematics – Anda dapat mengatur serta menyimpan desain dalam berbagai ukuran,
  3. Blok desain modular – Anda bisa menggunakan kembali blok sirkuit yang ada,
  4. PCB layout editor,
  5. BGA fanout – Anda bisa melarikan diri dari BGA selama beberapa detik,
  6. Sinkronisasi desain real time – Anda tetap bisa mensinkronkan antara tata letak PCB dan skematis,
  7. Aturan kelistrikan – Anda akan mempunyai kepercayaan diri pada desain skematis Anda,
  8. Model 3D untuk layout PCB – Anda bisa menyatukan PCB dan penutup / enclosure dengan mulus,
  9. Desain kecepatan tinggi – Anda bisa merancang menggunakan teknologi terbaru, seperti PCI Express, DDR4, atau USB-C,
  10. Komponen lengkap – iOne-Stop Shop untuk meninjau kebutuhan komponen,
  11. Program bahasa pengguna (ULP) – Anda bisa memperbaiki atau meningkatkan proses perancangan alat desain.

2. Autodesk Circuits

Aplikasi Simulasi Arduino di PC

Autodesk Circuits merupakan aplikasi simulasi arduino yang dapat memungkinkan Anda untuk menghidupkan ide – ide yang Anda miliki dengan menggunakan tools atau alat online yang gratis dan mudah digunakan tentunya.

Jika Anda merupakan seorang pemula, Anda bisa memulainya dengan eksperimen yang  sederhana di Circuit Scribe atau Electronics Lab. Tapi, jika Anda Pengguna yang lebih berpengalaman bisa langsung beralih dan langsung ke Desain PCB.

Aplikasi Autodesk Circuits memiliki beberapa menu atau fitur yang bisa Anda gunakan, yaitu:

  1. Pemrograman Arduino : Anda bisa memprogram serta mensimulasikan kode arduino apa pun pada editor, dan Anda juga mempunyai monitor serial lengkap dan koleksi library arduino yang beragam dan yang didukung.
  2. Simulasi real time : Anda bisa merancang serta membuat prototipe sebelum membangun sirkuit di kehidupan nyata. Anda juga bisa menggunakan apapun mulai dari kapasitor, resistor, potensiometer sampai osiloskop.
  3. Penyuntingan atau pengeditan kolaboratif : Anda bisa mengundang orang lain untuk mengedit secara kolaborasi dalam desain real time.
  4. Circuit Scribe Hub : Anda dapat merancang serta mensimulasikan rangkaian, lalu mencetak dan berbagi template. Anda juga bisa menanamkan desain dan belajar dari komunitas – komunitas pengembang sirkuit autodesk.

3. Proteus

Proteus

Proteus merupakan aplikasi simulator Arduino yang cukup hebat yang mampu menggabungkan kesederhanaan dengan berbagai macam fitur dan mengelola untuk membuat simulasi Arduino tampak seperti hal yang paling mudah. Aplikasi Proteus berhasil membuat sebuah terobosan di beberapa jenis industri contohnya seperti otomotif, pendidikan, IoT dan lain sebagainya.

Aplikasi ini juga sudah mendukung sistem operasi Linux dan Windows. Fitur yang paling menarik dan menonjol dari aplikasi Proteus ini adalah aplikasi ini mampu untuk mensimulasikan interaksi antara perangkat lunak yang berjalan di mikrokontroler berada pada skema bersama – sama dengan elemen lainnya dari desain produk yang Anda miliki. Aplikasi ini dapat mensimulasikan eksekusi kode objek Anda sama seperti chip nyata.

4. Fritzing

Aplikasi Simulasi Arduino di Laptop

Fritzing merupakan aplikasi simulator arduino yang bersifat open source yang dapat membuat elektronik bisa diakses sebagai bahan kreatif untuk semua orang yang suka dan tertarik pada subjek Anda. Situs web aplikasi ini juga menyediakan alat perangkat lunak, layanan arduino, komunitas, serta pemrosesan yang dapat menumbuhkan ekosistem kreatif yang memungkinkan pengguna dapat:

  • Saling berbagai prototipe dengan orang lain
  • Mendokumentasikan prototipe yang mereka miliki
  • Layout dan pembuatan PCB secara profesional
  • Mengajar elektronik di ruang kelas

Dengan menggunakan aplikasi Fritzing, Anda bisa dengan cepat dan mudah mengubah sirkuit menjadi PCB yang secara khusus Anda buat. Aplikasi ini juga bisa menjadi platform yang kreatif jika banyak yang menggunakannya sebagai sarana edukasi dan berbagi.

5. EasyEDA Simulator

EasyEDA Simulator

EasyEDA Simulator merupakan salah satu aplikasi simulator arduino yang favorit karena kegunaanm fitur, serta dukungan yang luas untuk sistem operasi.

Aplikasi EasyEDA Simulator ini didukung beberapa platform yaitu Windows, Mac OS, Linux, serta Android yang sering dipuji orang – orang. Selain itu, aplikasi ini juga menyiapkan materi pembelajaran yang cukup banyak dan komunitas online yang didedikasikan untuk membahas semua tentang EasyEDA Simulator.

6. Simulator Virtronics

Simulator Virtronics

Simulator Artrino Victronics merupakan aplikasi simulator arduino yang memiliki misi untuk menjadi aplikasi simulator yang mempunyai fitur paling lengkap yang tersedia sampai saat ini. Beberapa manfaat terpenting yang bisa Anda dapatkan dari aplikasi Simulator Artrino Victronics ini adalah:

  1. Aplikasi ini mampu untuk mengajar serta menunjukkan cara kerja sketsa arduino.
  2. Anda bisa melaukan debug sketsa
  3. Anda bisa menguji sketsa tanpa menggunakan hardware atau sebelum membeli alat – alat
  4. Anda bisa mengembangkan sketsa yang rumit menjadi lebih cepat daripada saat menggunakan hardware
  5. Anda bisa mengunduh versi gratis dan Anda juga bisa meningkatkannya ke versi Pro
  6. Aplikasi ini dirancang untuk Mega, Arduino Uno, dan papan Arduino standar lainnya

7. PaulWare’s Arduino Simulator

PaulWare’s Arduino Simulator

PaulWare’s Arduino Simulator merupakan aplikasi simulator arduino yang dibuat oleh Paul. Aplikasi ini bersifat open source dan sudah mengumpulkan para pengikutnya untuk membuat tutorial tentang cara memanfaatkan simulator.

Aplikasi ini gratis dan dibuat khusus untuk sistem operasi Windows dan memiliki banyak dukungan untuk simulasi yang akan dijalankan. Aplikasi ini juga menyediakan Platform Forum Arduino yang bisa Anda gunakan untuk belajar lebih banyak tentang skema peranangan dan pembaruan lainnya.

8.  LTSpice Arduino Simulator

Aplikasi Simulasi Arduino di Windows

LTSpice Arduino Simulator merupakan aplikasi simulator arduino yang memiliki rangkaian serbaguna dan akurat dan mampu untuk mensimulasikan program dan desain yang dikembangkan untuk ekosistem Arduino.

Aplikasi simulator ini memiliki banyak fitur yang memudahkan simulasi dan mencakup tangkapan skematik serta atribut penampil gelombang. Aplikasi ini bisa digunkan pada sistem operasi Windows dan Mac OS.

9. PSpice for Arduino

PSpice for Arduino

PSpice for Arduino biasa digunakan para mahasiswa untuk belajar dasar – dasar pemrograman dan rangkain desain. Aplikasi PSpice ini didukung oleh sistem operasi Linux dan Windows dan juga hadir dalam berbagai tipe atau modul.

Jika Anda hanya ingin menggunakan aplikasi ini untuk mempelajari dasar – dasarnya saja Anda bisa menggunakan PSpice Lite yang versi gratis, tapi untuk perusahaan, guru, dan pakar biasanya menggunakan PSpice berbayar.

10. Yenka for Arduino

Yenka for Arduino

Yenka for Arduino merupakan aplikasi simulator Arduino yang solid sehingga para pengguna khususnya para siswa maupun yang sudah berpengalaman bisa menggunakannya untuk belajar ataupun mengajarkan dasar – dasar desain sirkuit ataupun pemrograman.

Aplikasi ini dilengkapi dengan beberapa fitur yang dibutuhkan untuk mengui gagasan / sketsa, debug proyek, serta mengembangkan proyek yang rumit tanpa adanya hardware. Aplikasi Yenka ini sudah banyak digunakan oleh para pendidik untuk mengajarkan dasar – dasar elektronika. Dan aplikasi ini juga dapat berjalan pada sistem operasi Windows dan Linux.

Sekian artikel kali ini yang membahas tentang 10 aplikasi simulasi Arduino pada PC atau laptop. Silahkan Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat bagi Anda. Terimakasih 🙂

Leave a Reply

Send this to a friend