Aplikasi Untuk Recovery Data di PC / Laptop

10 Aplikasi Untuk Recovery Data di PC / Laptop Terbaik dan Paling Direkomendasikan

NESABAMEDIA.COM – Data atau file merupakan hal atau aset penting bagi kita dalam kehidupan berteknologi seperti saat ini. Segala cara pasti Anda lakukan untuk menjaga keamanan dan keselamatan data yang Anda miliki.

Meskipun Anda sudah menjaganya dengan sangat baik, hal atau kejadian yang mungkin tidak Anda inginkan bisa saja terjadi terhadap file atau data tersebut.

Banyak faktor yang bisa terjadi, misalnya seperti data Anda terhapus tanpa sengaja ataupun disengaja, file rusak, terkena serangan virus dan lain sebagainya. Sehingga mengakibatkan file atau data Anda akan hilang begitu saja. Jika sudah terjadi seperti itu, pasti Anda kesal apalagi data tersebut sangat penting.

10 Aplikasi Untuk Recovery Data di PC / Laptop

Saat ini banyak sekali developer berlomba membuat aplikasi – aplikasi canggih, salah satunya aplikasi yang dapat mengembalikan atau memulihkan data yang sudah terhapus baik sengaja ataupun tidak sengaja pada PC / laptop Anda.

Jadi, jika Anda tidak sengaja menghapus data atau kehilangan data, Anda dapat menggunakan aplikasi tersebut. Aplikasi apa sajakah itu?

Nah, pada artikel kali ini akan membahas tentang aplikasi apa saja yang dapat memulihkan atau me-recovery data di PC / laptop. Langsung saja, silahkan simak penjelasannya berikut ini.

1. Recuva

Recuva

Recuva disebut sebagau salah stu aplikasi untuk recovery data terbaik di PC / laptop. Aplikasi ini dapat mengembalikan file Anda yang sudah terhapus baik dari hard drive, CD, DVD, memory card, ataupun drive eksternal. Selain dapat menghapus data yang sudah terhapus, aplikasi ini juga dapat mengembalikan file atau data dari disk yang rusak, meskipun tidak seutuhnya.

Aplikasi Recuva ini dapat Anda unduh secara gratis. Selain memiliki versi gratis, aplikasi ini juga memiliki versi yang berbayar dan tentunya dilengkapi fitur yang lebih lengkap. Aplikasi Recuva ini juga dapat menghapus informasi penting, pribadi, serta sensitif dengan menggunakan teknik menimpa data yang aman

2. EaseUS Data Recovery Wizard Free

Aplikasi Untuk Recovery Data di PC

 

EaseUS merupakan salah satu pengembang yang menghasilkan atau menyediakan banyak aplikasi hebat, salah satu dari aplikasi buatannya adalah aplikasi untuk recovery data di PC / laptop yaitu EaseUS Data Recovery Wizard Free. Aplikasi ini dapat Anda gunakan secara gratis dan aplikasi ini cukup hebat dalam segala situasi.

Intinya, dengan aplikasi EaseUS ini Anda dapat mengembalikan file atau data yang hilang akibat kesalahan format, serangan virus, crash OS, serangan virus, ataupun kerugian partisi. Selain menyediakan versi gratis, aplikasi ini juga menyediakan versi yang berbayar atau premium dan pastinya memiliki fitur yang jauh lebih lengkap dibandingkan versi gratisnya.

3. PhotoRec

PhotoRec

Aplikasi PhotoRec sudah terbukti kehebatannya dalam me-recovery atau mengembalikan data yang sudah terhapus. Aplikasi PhotoRec dapat digunakan untuk memulihkan atau mengembalikan berbagai jenis data, misalnya seperti file dokumen, multimedia, dan lain sebagainya.

Bukan hanya dapat memulihkan data dari PC / laptop saja, tapi aplikasi PhotoRec ini dapat memulihkan data dari media lainnya seperti hard disk, memory card, flashdisk, CD-ROM, dan lain sebagainya. Tapi, sayangnya aplikasi ini tidak direkomendasikan untuk pemula karena aplikasi ini tidak memiliki GUI. Aplikasi ini hanya menggunakan tampilan command line saja yang mungkin akan membingungkan bagi para pemula.

4. TestDisk

TestDisk

TestDisk merupakan aplikasi untuk recovery data di PC / laptop yang bersifat open source dan multiplatform. Aplikasi ini dibuat dengan tujuan untuk memulihkan atau mengembalikan partisi yang hilang dan juga dapat memperbaiki disk non-booting.

Aplikasi bersifat multiplatform yang artinya dapat digunakan pada berbagai sistem operasi baik windows, macOS, linux, dan lain sebagainya. Aplikasi ini juga dapat Anda gunakan untuk memperbaiki masalah pada hard disk Anda.

Seperti partisi yang bisa saja menghilang tiba – tiba, “unallocated partition” atau RAW partition di Disk Management Windows. Biasanya hal tersebut disebabkan karena tidak sengaja ter-format atau terhapus partisi, salah konfigurasi saat instalasi dual-boot dengan Linux/*BSD, instal ulang atau upgrade Windows, dan software update.

5. PC Inspector File Recovery

Aplikasi Untuk Recovery Data di PC Terbaik

PC Inspector File Recovery merupakan aplikasi untuk recovery data di PC / laptop yang mendukung  FAT 12/16/32 dan NTFS, bahkan jika sektor boot sudah terhapus ataupun rusak. Aplikasi PC Inspector File Recovery ini memiliki tampilan antarmuka yang dapat dikatakan sedikit berantakan dan membingungkan.

Sehingga Anda harus hati – hati dalam menggunakannya. Untuk menjalankan aplikasi ini pun Anda harus menjalankannya sebagai administrator (Runs As Administrator).

6. Wise Data Recovery

Wise Data Recovery

Wise Data Recovery merupakan aplikasi recovery data yang dapat Anda gunakan secara gratis untuk memulihkan dan mengembalikan data, baik yang sudah terhapus ataupun ter-format. Aplikasi ini dapat menyelamatkan file atau data Anda, walaupun mungkin tidak sepenuhnya berhasil.

Aplikasi Wise Data Recovery ini mempunyai fitur unggulan yaitu dapat menerangkan tentang kondisi file yang berhasil dipulihkan atau dikembalikan. Mulai dari “Good”, “Poor”, “Very Poor”, dan “Lost”. Contohnya, jika data atau file memiliki kemungkinan besar dapat dipulihkan, maka aplikasi akan menampilkan keterangan “Good”.

7. Pandora Recovery

Aplikasi Untuk Recovery Data di PC / Laptop

Pandora Recovery merupakan aplikasi recovery data yang dapat digunakan secara gratis dan aplikasi ini sudah terbukti handal dan efektif. Aplikasi ini dapat mengembalikan file atau data yang sudah terhapus secara permanen. Permanen disini maksudnya adalah file tersebut sudah dihapus dari Recycle Bin atau sudah menekan hotkeys Shift + Delete untuk menghapus file dari DOS prompt.

Aplikasi Pandora Recovery ini mempunyai banyak fitur yang ditawarkannya. Salah satunya adalah Anda dapat mengembalikan file atau data yang sudah dihapus sebulan sebelum Anda menginstal aplikasi Pandora Recovery ini. Tapi, jika lebih lama dari itu aplikasi tidak bisa mengembalikannya. Aplikasi Pandora Recovery adalah aplikasi portable, sehingga tidak akan menghabiskan ruang pada hard disk Anda.

8. Undelete 360

Undelete 360

Undelete 360 merupakan aplikasi recovery data terbaik baik file tersebut sengaja dihapus ataupun tidak. Aplikasi Undelete 360 dapat mengembalikan file dari berbagai macam media, seperti hard drive PC / laptop, emory card, flashdisk, smartphone, pen drive, dan lain sebagainya.

Selain itu, aplikasi Undelete 360 ini juga dapat memungkinkan Anda untuk melihat file yang ditemukan berdasarkan kategorinya. Seperti bitmap, application, PDF, graphic, dan lain sebagainya. Anda juga bisa menggunakan beberapa fitur lainnya seperti fungsi pencarian, kode HEX, file preview, software log, dan melihat properti file.

9. Stellar Data Recovery

Stellar Data Recovery

Stellar Data Recovery dapat digunakan untuk recovery data pada berbagai macam sistem operasi di PC / laptop Anda, baik itu sistem operasi Windows ataupun MacOS. Aplikasi ini dapat mengembalikan berbagai macam jenis file, seperti dokumen, foto, video, dan lain sebagainya.

Aplikasi ini memiliki 4 jenis versi yang bisa Anda unduh, diantaranya Free, Standard, Professional, dan Premium. Aplikasi Stellar Data Recovery ini dapat Anda unduh secara gratis ataupun berbayar. Namun, fitur yang tersedia pun pasti akan berbeda sesuai dengan versi yang Anda gunakan.

10. Glary Undelete

Aplikasi Untuk Recovery Data di PC dan Laptop

Glary Undelete ini juga merupakan aplikasi terbaik untuk recovery data di PC / laptop. Aplikasi ini sangat mudah digunakan dan juga mempunyai tampilan antarmuka yang cukup menarik. Aplikasi Glary Undelete ini memiliki beberapa kelebihan.

Salah satu kelebihan dari aplikasi ini adalah mempunyai tampilan folder seperti Windows Explorer dan juga mempunyai keterangan tentang file yang dapat dipulihkan atau di-recovery.

Sekian artikel kali ini mengenai 10 aplikasi untuk recovery data di PC / laptop. Setiap aplikasi memiliki kelebihan dan kekurangannya masing – masing. Silahkan Anda gunakan aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda. Terimakasih 🙂

Leave a Reply

Send this to a friend