Aplikasi Web Server untuk Android

10 Aplikasi Web Server untuk Android Terbaik dengan Fitur Terlengkap

Kali ini kami akan membagikan informasi penting kepada Anda seputar apa saja rekomendasi aplikasi web server untuk Android. Namun sebelum itu Anda perlu memahami apa itu web server.

Web server merupakan sebuah perangkat lunak yang digunakan untuk melayani dan menerima berbagai permintaan yang dikirim oleh user melalui browser. Kemudian pesan atau permintaan yang dkirim oleh user tersebut ditampilkan permintaan user.

Ada juga yang mengatakan bahwa web server merupakan sebuah pusat kontrol yang digunakan untuk memproses permintaan yang berasal dari user melalui browser. Adapun cara kerja dari web server menerima serta memberikan layanan sesuai dengan permintaan pengguna.

Alurnya yaitu pengguna mengirim permintaan atau request melalui browser terhadap server atau HTTP Request. Selanjutnya, server akan menerima permintaan tersebut dan akan memprosesnya menjadi sebuah halaman situs web atau HTTP Response.

Aplikasi Web Server untuk Android Terbaik

Saat ini perkembangan teknologi membuat para pengguna Android dapat digunakan sebagai web server. Perangkat Android tersebut nantinya mampu digunakan untuk menjalankan MySQL, PHP, maupun hanya sekadar menyediakan layanan HTTP yang berperan sebagai media transfer data. Lalu apa saja aplikasi web server untuk Android tersebut? Berikut ini akan kami berikan pilihannya khusus untuk Anda.

1. kWS Android Web Server

kWS Android Web Server

Aplikasi web server untuk Android yang pertama kami rekomendasikan adalah kWS Android Web Server. Salah satu aplikasi yang akan memberikan layanan web server terbaik. Salah satu kelebihan dari aplikasi ini adalah mampu memberikan layanan web server dengan cepat. Memang aplikasi ini dirancang khusus untuk para pengguna smartphone Android. Sebuah aplikasi yang mampu menjalankan berbagai perintah sesuai keinginan Anda.

kWS Android Web Server sampai sekarang masih menjadi salah satu aplikasi web server yang banyak direkomendasikan. Berbagai fitur yang dimiliki oleh software ini membuat banyak orang lebih memilihnya dibandingkan dengan aplikasi yang lain. Kelebihan lain yag ditawarkan oleh kWS Android Web Server adalah memiliki tingkat keamanan bagus yaitu menggunakan Triple DES dan 128 bit AES.

Anda bisa menjadikan kWS Android Web Server sebagai salah satu aplikasi pilihan Anda. Anda juga perlu tahu bahwa aplikasi ini memperoleh rating sebesar 4.1. Sebuah angka yang menandakan kualitas dari aplikasi tersebut. Jika tertarik, silakan download melalui link di bawah ini.

2. KSWEB: server + PHP + MySQL

Aplikasi Web Server untuk Android

Bagi Anda yang sudah familiar dengan MySQL dan PHP, maka KSWEB: server + PHP + MySQL bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda. Salah satu kelebihan dari aplikasi ini adalah perangkat Anda atau dalam hal ini smartphone Android tidak perlu diroot.

Jadi, Anda tinggal menginstal KSWEB: server + PHP + MySQL dan langsung menggunakan aplikasi tersebut. Kelebihan lain yang dimiliki oleh aplikasi ini adalah cukup ringan sehingga tidak sampai memberatkan kinerja smartphone Anda.

Tampilan yang mudah dipahami semakin membuat aplikasi KSWEB: server + PHP + MySQL memiliki banyak pengguna. Di dalam KSWEB, terdapat beberapa dukungan seperti berikut:

  • Lighttpd server v1.4.35
  • MySQL v5.6.38
  • msmtp v1.6.1
  • Nginx v1.13.1
  • Apache v2.4.28
  • KSWEBFTP v1.0
  • Editor v1.0
  • Web Interface v2.11
  • Scheduler
  • dan lain-lain

Sampai sekarang KSWEB memperoleh rating sebesar 3.6. Angka yang cukup bagus mengingat Anda bisa memperoleh berbagai fitur dan dukungan lengkap.

3. AWebServer

AWebServer

AWebServer juga menjadi salah satu aplikasi web server untuk Android yang kami rekomendasikan. Aplikasi ini bisa Anda gunakan untuk berbagai berbagai file dengan mudah dan cepat baik antar ponsel maupun ke komputer.

Cara mengirimkannya pun terbilang mudah sehingga meskipun Anda baru pertama klai menggunakan AWebServer Anda tidak akan mengalami kesulitan. Selain itu, aplikasi juga menjadi pilihan yang bagus untuk mempublish website Anda melalui perangkat Android dengan menggunakan PHP.

Lalu apa saja kelebihan lainnya yang dimiliki oleh AWebServer? Aplikasi ini memiliki beberapa fitur seperti berikut:

  • MariaDb
  • Apache 2
  • MyPhpAdmin
  • Php 7
  • Indexes Options
  • Text Editor
  • Logs viewer

Kemudian untuk ratingnya sendiri, AWebServer memperoleh rating sebesar 4.1. Jika Anda tertarik menggunakannya, silakan dapatkan melalui link di bawah ini.

4. Web Server PHP/MyAdmin/MySQL

Aplikasi Web Server di Android

Aplikasi web server yang satu ini memiliki jumlah pengguna yang cukup banyak. Salah satu alasan mengapa Web Server PHP/MyAdmin/MySQL banyak didownload karena aplikasi ini mudah diinstal. Proses instalasinya pun berjalan secara otomatis.

Selain itu, pengaturan atau konfigurasi di dalam aplikasi ini juga sudah disetting atau yang disebut pre-configured. Tidak hanya itu saja, software web server terbaik ini juga tidak akan memberatkan kinerja smartphone Anda karena tidak memerlukan konsumsi RAM yang besar. Aplkasi ini memperoleh rating sebesar 3,7.

5. Tiny Web Server

Tiny Web Server

Aplikasi adalah aplikasi web server yang bisa digunakan untuk smartphone dengan perangkat Android minimal versi 4.0. Aplikasi memberikan kemudahan bagi para penggunanya ketika ingin melakukan konfigurasi. Selain itu, Tiny Web Server juga mempunyai tampilan yang minimalis sehingga tidak membingungkan.

Kelebihan lainnya adalah Tiny Web Server tidak memerlukan konsumsi memori yang besar. Dengan kata lain, Anda tidak perlu menggunakan perangkat dengan spesifikasi yang tinggi. Untuk ratingnya sedikit lebih baik dibandingkan aplikasi sebelumnya yaitu sebesar 3,8.

6. Palapa Web Server

Palapa Web Server

Jika Anda mencari aplikasi web server untuk Android yang ringan, maka kami menyarankan Anda mengunduh Palapa Web Server. Mungkin banyak dari Anda yang masih belum mengenal aplikasi ini. Padahal Palapa Web Server juga memiliki kemampuan yang tidak kalah dibandingkan dengan aplikasi lainnya.

Aplikasi ini memang dirancang untuk melakukan embedding dalam aplikasi lain. Salah satu aplikasi Android yang bersifat open source yang sudah berada di bawah lisensi Apache 2.0. Informasi selengkapnya tentang Palapa Website dapat Anda dapatkan dengan mengunduhnya melalui link berikut.

7. Mobile Web Server

Mobile Web Server

Sesuai dengan namanya, Mobile Web Server merupakan aplikasi web server yang memang dirancang untuk hp. Aplikasi ini digunakan untuk menghosting website serta melayani file melalui HTTP.

Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda bisa berbagi berbagai file dengan mudah tanpa memerlukan koneksi internet. Anda juga bisa menggunakan aplikasi ini tanpa khawatir terganggu oleh iklan. Mobile Web Server mendapatkan rating sebesar 3,1.

8. NiM Web Server

NiM Web Server

NiM Web Server merupakan software yang hanya bisa digunakan untuk smartphone yang minimal menggunakan Android vresi 7.0. Salah satu aplikasi web server yang menyediakan fitur menarik seperti halaman direktori khusus, dukungan direktor UTF-8, dukungan HTTP / 1.1 Range, dan lain sebagainya. Aplikasi ini berhasil memperoleh rating yang cukup bagus yaitu 3.1.

9. Server & Website Monitor

Aplikasi Web Server di Android Terbaik

Hanya dengan ponsel yang sudah diinstal aplikasi Server & Website Monitor, Anda sudah bisa mengontrol server dan juga website. Aplikasi ini sudah mendukung HTTP/HTTPS. Anda juga bisa menambahkan maupun melakukan modifikasi kode HTTP.

Salah satu aplikasi web server untuk Android yang menyediakan fitur yang tidak kalah menarik dibandingkan aplikasi sebelumnya. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa Server & Website Monitor memiliki rating yang bagus yaitu 4,4.

10. Server Ultimate

Server Ultimate

Aplikasi terakhir yang kami rekomendasikan adalah Server Ultimate. Aplikasi yang mendapat rating 4,0 ini mampu menjalankan hampir setiap server baik server berbasis data, server berbasis web, maupun server penyimpanan.

Selain menyediakan dukungan server yang lengkap, Server Ultimate juga memiliki fitur yang lengkap. Selengkapnya, Anda bisa mengeceknya melalui link di bawah ini.

Leave a Reply

Send this to a friend