• Our Partners:

Aplikasi Web Server untuk PC Laptop

10 Aplikasi Web Server untuk PC / Laptop Windows Terbaik untuk Membuat Website

NESABAMEDIA.COM – Jika Anda ingin membuat suatu website maka diperlukanlah sebuah web server yang berfungsi sebagai penerima permintaan yang dikirim melalui browser lalu memberikan tanggapan permintaan dalam bentuk halaman situs web atau lebih umumny berupa dokumen HTML.

Banyak sekali aplikasi web server yang tersedia di dunia ini. Tapi masalahnya tidak semua web server bagus dan cocok untuk membuat website Anda. Sehingga Anda akan menginstal banyak web server dalam satu PC / laptop Anda. Hal tersebut dapat membuat PC / laptop Anda hang tentunya.

10 Aplikasi Web Server untuk PC / Laptop

Nah, agar Anda tidak kesulitan dalam memilih aplikasi web server mana yang cocok untuk website Anda. Maka, artikel kali ini akan menjelaskan beberapa aplikasi web server yang bagus dan cocok untuk Anda. Langsung saja, silahkan simak penjelasannya berikut ini.

1. XAMPP

XAMPP

XAMPP merupakan aplikasi web server untuk PC / laptop yang sudah terkenal karena mudah dalam menggunakannya. Walaupun Anda masih merasa kesulitas, Anda dapat dengan mudah mendapatkan tutorialnya dan cara penginstalannya pun tidak sulit.

XAMPP adalah sebuah singkatan, yang mana setiap hurufnya memiliki arti sendiri. X (Cross) berarti fleksibel, artinya aplikasi ini bisa dipasang di multiplatform atau berbagai sistem operasi. A adalah Apache, yang merupakan web server untuk modul ini. M adalah MySQL, yang merupakan aplikasi untuk mengelola database. P adalah PHP, yaitu modul untuk menjalankan script PHP. P adalah Perl, yaitu modul untuk menjalankan bahasa Perl.

Kelebihan yang dimiliki XAMPP yang menjadikannya aplikasi web server terbaik bagi para penggunanya adalah :

  1. XAMPP terbilang lebih aman karena dapat membatasi hak akses setiap akun.
  2. XAMPP tidak akan mengganggu aktivitas lainnya karena dapat berjalan di background PC / laptop Anda.
  3. XAMPP menjadi web server yang baik. Saat sistem log-off, service XAMPP akan tetap berjalan karena perpindahan atau lalu lintas data harus tetap berjalan.
  4. XAMPP juga memiliki fitu SSL.

2. WampServer

Aplikasi Web Server Terbaik

WAMP Server merupakan aplikasi web server untuk PC / laptop yang hanya dapat Anda gunakan pada sistem operasi Windows saja. Karena sesuai namanya WAMP yang mempunyai kepanjangan yaitu W adalah Windows and The Principal Components of The Package: Apache, MySWL, dan PHP.

WAMP Server hampir sama dengan XAMPP, bedanya XAMPP dapat digunakan pada multiplatform. WAMP Server hanya mendukung bahasa PHP dan MySQL dan WAMP Server tidak mempunyai fitur SSL. Konfigurasi WAMP Server lebih mudah dibandingkan XAMPP.

WAMP Server juga memiliki ukuran yang lebih ringan. Namun, untuk kinerjanya WAMP Server dan XAMPP tidak memiliki perbedaan yang jauh dan sama – sama bisa dikategorikan sebagai web server terbaik.

3. Apache HTTP Web Server

Apache HTTP Web Server

Apache HTTP Web server merupakan aplikasi web server yang banyak disukai oleh banyak orang. Mengapa? Karena fitur yang dimilikinya sangat lengkap. Apache HTTP Web Server ini merupakan salah satu web server yang dapat digunakan pada berbagai macam sistem operasi, diantaranya Windows, Unix, Linux, Novell Netware, dan lain sebagainya.

Kebanyaakn orang menganggap Apache Web Server ini paling baik diantara aplikasi web server lainnya karena performa yang dimilikinya sangat berkualitas. Selain mendukung multiplatform, Apache juga mendukung GUI (Graphic User Interface) yang memudahkan Anda dalam penggunaannya. Jadi Anda dapat menggunakannya tanpa menjalankan command prompt.

4. Microsoft Internet Information (IIS)

Aplikasi Web Server untuk PC

Microsoft Internet Information biasa dikenal dengan istilah IIS. IIS merupakan aplikasi web server yang dibuat dan hanya diperuntukkan bagi para pengguna Windows saja. Jadi, jika Anda menggunakan Linux pada komputer server maka tidak bisa menggunakan IIS.

IIS ini dapat Anda pasang pada versi Windows apapun, baik windows biasa ataupun windows server. Namun, untuk versi terbaru IIS 7.5 minimum Windows yang bisa digunakan adalah Windows 7.  IIS mempunyai 4 komponen pendukung, yaitu Protokol Jaringan TCP/IP, Domain Name System (DNS), menggunakan format NTFS agar lebih aman, dan software server untuk menangani website.

Fitur yang dimiliki IIS sangat banyak untuk web server, IIS mendukung protokol HTTP/HTTPS, Ftp, SMTP, dan NNTP. IIS juga bisa menggunakan berbagai bahasa pemrograman, diantaranya Javascript, PHP, .NET Framework, CGI, dan ASP.

5. Nginx

Nginx

Nginx cara bacanya adalah Engine X, bukan engings. Nginx merupakan web server yang gratis dan tentunya open source. Nginx juga memiliki fungsi sebagai proxy IMAP/POP3 yang bertugas untuk menangani jalur keluar / pengiriman email.

Pada tahun 2002, Nginx ditulis dan dibuat oleh Igor Sysoev, sampai akhirnya diperkenalkan ke publik pada tahun 2004.  Saat ini sudah banyak pengguna Nginx yang mana rata – rata mereka bukanlah pengguna baru. Performa yang dimiliki Nginx sudah tidak diragukan lagi. Jika dibandingkan dengan Apache, Nginx hanya memakan banyak memori hanya 15 MB saja dan pemakain CPU-nya hanya 10%.

Berbeda dengan Apache, saat melakukan pengujian ada kegagalan karena terlalu banyak thread yang berjalan dan memori yang terpakai sebanyak 400 MB dan terjadi memory leak sebesar 20 MB per jamnya.

Selain itu, fitur yang dimiliki Nginx cukup banyak, diantaranya adalah dukungan SSL / TLS, Virtual Host, URL rewritting, Static file serving, Load Balancing, Compression, Access Controls, Server side includes, dan masih banyak lagi.

6. Lighttpd

Aplikasi Web Server untuk Laptop

Lighttpd merupakan aplikasi web server untuk PC / laptop yang menggunakan bahasa C. Lighttps juga mendukung multiplatform yaitu bisa dijalankan di berbagai sistem operasi diantaranya Windows, Linux, dan Unix. Aplikasi web server ini dapat diunduh secara gratis dan bersifat open source dengan lisensi BSD yang artinya akan ada muncul beberapa iklan di dalamnya.

Aplikasi Lighttpd mengklaim bahwa web server mereka adalah yang paling ringan, memang terbukti dari ukurannya. Ukuran yang dimiliki Lighttpd hanya 1 MB saja, sedangkan web server lainnya sampai ratusan MB. Selain itu, penggunaan CPU pada Lighttpd sangat efektif, dan ia mempunyai beberapa fitur lainnya seperti SCGI, FastCGI, URL Rewriting, Output Compression, dan Auth.

Lighttpd mempunyai kelebihan pada virtual hostingnya yang fleksibel, HTTP compression-nya menggunakan mod_compress dan mod_deflate terbaru. Akan tetapi, web server ini belum mendukung Ipv6, Fast CGI- nya tidak sepenuhnya dapat berfungsi, dan penggunaannya tidak sebanyaka Apache dan Nginx.

7. Zend Server

Zend Server

Zend server merupakan aplikasi web server yang sudah memiliki fitur enterprise untuk bahasa pemrograman PHP. Namun, aplikasi Zend Server ini belum gratis, jadi Anda harus membayarnya untuk mendapatkan web server ini.

Tapi, Zend Server ada versi gratisnya dan fitur – fitur yang diberikan pastinya tidak selengkap fitur yang berbayar. Zend Server ini cocok untuk Anda yang ingin membuat website menggunakan bahasa PHP karena kinerja web server ini cukup berkualitas.

Zend Server juga dapat diintegrasikan dengan web server lainnya seperti Apache, Nginx, IIS. Salah satu fitur menarik yang dimiliki web server ini adalah fitur debugger, monitor aplikasi, dan cache data.

8. MAMP

MAMP

MAMP adalah sebuah singkatan dari MacOS Apache MySQL PHP. MAMP merupakan web server yang hanya dapat dijalan pada sistem operasi MacOS. Berbeda dengan web server lainnya seperti XAMPP yang mampu dijalankan di berbagai platform. merupakan singkatan dari MacOS Apache MySQL PHP.

Web sever MAMP mempunyai dua versi yaitu versi gratis dan versi berbayar. Tapi, jika Anda pemula Anda menggunakan versi gratis saja sudah cukup. MAMP, WAMP, LAMP, dan XAMPP hanya memiki perbedaan pada bundle sistem operasinya saja.

  • MAMP ->(M)-> MacOS
  • WAMP -> (W)->Windows
  • LAMP->(L)->Linux
  • XAMPP->(X/C)->Cross

9. AMPPS

Aplikasi Web Server untuk PC dan laptop

AMPPS merupakan web server terbaik yang dibuat oleh Softaculous. AMPPS juga hampir sama dengan XAMPP dan WAMP. Tapi, setelah dilakukan uji  coba, ada beberapa keunggulan yang dimiliki AMPPS, diantaranya:

  1. AMPPS mendukung bahasa Python dan PHP, dan juga merupakan server Python. Berbeda dengan XAMPP yang hanya merupakan server PHP dan Perl, sedangkan WAMP hanya versi PHP saja.
  2. AMPPS termasuk Local Domain, yang mana proyek Anda dapat diletakkan di mana saja saat menggunakan AMPPS. Lain halnya dengan XAMPP yang mengharuskan Anda untuk menyatukan atau meletakkan proyek Anda ke dalam folder htdocs.
  3. AMPPS juga memiliki fitur MysQLLite Explorer sebagai pengganti PHPmyAdmin untuk mengelola database.

10. EasyPHP

EasyPHP

EasyPHP merupakan aplikasi web server yang termasuk paket Apache, MySQL, dan PHP. EasyPHP mirip dengan WAMP, tapi EasyPHP mempunyai kelebihan yang unik yaitu EasyPHP mempunyai portabilitas yang baik.

Dengan arti lain, EasyPHP dapat disimpan di dalam flashdisk atau perangkat lainnya yang dapat dipindahkan ke mana saja. Jadi, Anda dapat menginstal EasyPHP hanya sekali, lalu copy folder hasil instalannya ke flashdisk dan EasyPHP pun bisa dijalankan pada PC / laptop lainnya.

Saat dijalankan, EasyPHP akan berjalan pada System Tray. System Tray merupakan sistem yang di dalamnya ada menu konfigurasi manual. Dan EasyPHP juga berjalan pada port 8888, tidak seperti lainnya atau Tomcat yang berjalan pada port 8080 yang mana akan sering terjadi konflik atau eror.

Sekian artikel kali ini yang membahas 10 aplikasi web server untuk PC / Laptop. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda. Terimakasih 🙂

Leave a Reply