Download XAMPP 7.3.6

Download XAMPP Terbaru Developer: Apache Friends
OS: Windows
Lisensi: Freeware
Ukuran: 150MB


Mendengar salah satu software satu ini dahulu saya baru mengenalnya ketika duduk di bangku sekolah kejuruan. Mungkin bagi kalian yang masyarakat umum yang menyukai dunia teknologi informasi pasti sudah tidak asing.

Berbagai macam website sekarang sudah menjadi favorit bagi kemajuan di bidang teknologi. Salah satu software yang wajib kamu ketahui bagi kamu yang masih pemula dalam dunia web yaitu XAMPP.

Sebagian orang mungkin tahu dengan XAMPP tetapi dari mereka kebanyak belum mengenal lebih dalam tentang software satu ini. Namun kalian jangan khawatir karena kali ini saya akan membahas tentang software ini agar kalian lebih mudah memahami dan kalian bisa menggunakannya dengan bijak.

Kegunaan dan Bagian-Bagian XAMPP

Download XAMPP Terbaru

Tampilan XAMPP

Awalnya software XAMPP ini dikembangkan oleh tim proyek bernama Apache Friends. Nah nama XAMPP ini singkatan dari cross-platform (X), yaitu program yang dapat dijalankan oleh sistem operasi, seperti Windows, Linux, Mac OS, dan Solaris. Dan selanjutnya gabungan dari beberapa nama seperti Apache, MySQL, PHP, dan Perl.

Setelah menjelaskan tentang apa itu XAMPP, ternyata software tersebut gabungan dari beberapa nama software. Saya akan menjelaskan secara singkat fungsi atau kegunaannya. Apache merupakan aplikasi web server yang menghasilkan sebuah halaman web yang benar berdasarkan kode PHP yang ditelah dituliskan kepada pembuat halaman web. MySQL, merupakan sebuah aplikasi database yang mengelola dan membuat database beserta isinya.

PHP yaitu sebuah bahasa pemrograman untuk membuat website yang bersifat server-side-scripting, ini sangat memungkinkan kita agar dapat membuat sebuah halam secara dinamis. Yang terakhir Perl yakni bahasa pemrograman untuk segala keperluan yang telah dikembangkan oleh Larry Wall di mesin unix. Perl ini telah dirilis pada tanggal 18 Desember 1987 ditandai dengan keluarnya Perl 1 dimana saat itu masih menggunakan Unix.

Bagi mereka yang sudah terbiasa dengan software ini pasti sudah tidak asing dengan bagian dari XAMPP seperti Htdocs, phpMyAdmin, dan Control Panel. Tiga hal tersebut juga menjadi bagian penting dan perlu dijelaskan secara singkat.

  1. Htdocs, adalah folder tempat meletakkan berkas-berkas yang akan dijalankan seperti PHP, HTML, dan skrip lainnya.
  2. phpMyAdmin, merupakan bagian untuk mengelola basis data MySQL yang ada dikomputer.
  3. Control Panel, yakni berfungsi untuk mengelola layanan service seperti XAMPP. Seperti menghentikan layanan maupun menghidupkan layanan tersebut.

Download XAMPP Terbaru

Software ini mendukung banyak sistem operasi dan kompilasi dari beberapa program. Jadi software ini memberikan solusi untuk kalian yang ingin menjalankan web server di lokal komputer ketika akan melakukan pengetesan aplikasi yang dibuat. Software ini tersedia dalam GNU General Public License dan bebas. Download XAMPP terbaru dan gratis melalui link dibawah ini:

Sending
User Review
5 (1 vote)

Leave a Reply

Send this to a friend