Facebook Sediakan Kunci Enkripsi Fisik Untuk Perangkat Android

Facebook Sediakan Kunci Enkripsi Fisik Untuk Perangkat Android

NESABAMEDIA.COMFacebook mengungkap bahwa aplikasi media sosialnya itu akan mendukung enkripsi keamanan fisik untuk otentikasi dua faktor (2FA) di perangkat Android dan juga iOS. Fitur keamanan tersebut sebenarnya sudah tersedia untuk pengguna versi desktop sejak tahun 2017 silam. Opsi keamanan baru ini bisa diatur melalui halaman Keamanan dan Login dari menu Settings aplikasi Facebook.

Hidup di zaman yang semuanya serba terhubung dengan teknologi, adalah hal yang sangat penting agar akun online yang kita miliki mendukung fitur kata sandi yang aman. Mengingat tindakan peretasan yang semakin canggih, bocornya data-data login serta kata sandi, penipuan dalam bentuk phising, pelanggaran basis data dan informasi pribadi yang diperjualbelikan ilegal, mengamankan akun melalui otentikasi dua faktor adalah hal yang perlu diperhatikan.

Facebook dan aplikasi media sosial lainnya, telah lama menawarkan kemampuan untuk menambahkan lapisan tambahan pada keamanan login dengan menghadirkan otentikasi dua faktor, entah itu melalui SMS atau menggunakan layanan otentikasi pihak ketiga seperti Google Authenticator atau Authy. 

Kini Facebook memungkinkan para pengguna Android dan iOS untuk selangkah lebih jauh dari layanan tersebut dan memanfaatkan kunci keamanan hardware untuk bisa memberikan enkripsi yang lebih baik lagi,. Facebook telah memberikan fitur yang memungkinkan pengguna untuk login ke Facebook di aplikasi desktop dengan kunci keamanan fisik sejak tahun 2017 silam, dan kini mereka mencoba menghadirkannya untuk pengguna mobile. 

Begitu pengguna mendapatkan kunci enkripsi mereka, yang harus dilakukan adalah mengakses halaman Security and Login di aplikasi dan kemudian mengetuk otentikasi dua faktor, lalu mengikuti petunjuk yang disediakan.

Google Advanced Protection Program merupakan sebuah program yang mirip yang memungkinkan pengguna untuk membeli kunci keamanan Titan atau menggunakan opsi pihak ketiga. Beberapa kunci enkripsi pihak ketiga yang populer dan ternama dibuat oleh perusahaan bernama Yubico. Keduanya merupakan opsi yang bagus, dan bisa berjalan baik di perangkat Android maupun iOS. 

Khusus untuk perangkat Android, pengguna harus mencolokkan kunci tersebut ke port USB-C atau menggunakan NFC untuk mengaktifkannya. Lapisan keamanan ini juga bisa ditambah lagi dengan menggunakan layanan VPN, sehingga lalu lintas data pengguna bisa diamankan lebih baik lagi. 

Leave a Reply

Send this to a friend