Apple iPhone Paspor KTP

Apple Bakal Sulap iPhone Jadi Pengganti KTP dan Passpor

NESABAMEDIA.COMApple memiliki ambisi yang cukup besar pada perangkat gadget mereka, yakni iPhone. Ke depan pihaknya memiliki target iPhone bisa menjadi gadget utama yang wajib dimiliki para pengguna dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Tak hanya sekedar untuk memudahkan aktivitas, namun hingga pada pengurusan dokumen resmi. 

Nantinya, Apple berambisi iPhone bisa menggantikan peran dokumen resmi pribadi seperti KTP, SIM hingga Passport. Untuk mewujudkan rencana ini, Apple tengah menyiapkan sejumlah paten aplikasi yang terangkum dalam “Providing Verified Claims of User Identity”. Cara kerjanya yakni menjadikan kartu-kartu identitas pribadi agar bisa ditransmisikan dan dikonfirmasikan secara real time.

Memang secara harfiah Apple tidak mencantumkan nama iPhone dalam perumusan hak paten tersebut. Namun nantinya teknologi iPhone akan diadopsi ke sejumlah perangkat yang bisa dijadikan pengganti tanda pengenal atau dokumen pribadi.

Prosesnya perangkat itu memungkinkan pengguna untuk mentransmisikan data-data pribadi di bawah fitur keamanan canggih, untuk kemudian diverifikasi melalui perangkat Apple lain seperti Apple Watch dan sejenisnya.

Secara khusus yang menjadi target Apple di tahap awal adalah menggantikan fungsi Passport. Namun secara luas, perangkat itu nantinya bisa menjadi pengganti fungsi dokumen identitas pribadi lain dalam bentuk digital. 

Lebih lanjut dalam teknologi yang dipatenkan itu, pengguna bisa memilih data-data pribadi apa saja yang bisa ditransmisikan, dan bagaimana data-data tersebut ditransmisikan secara aman. 

Langkah yang sudah dilakukan pihak Apple sejauh ini adalah melakukan kerjasama dengan pemerintah Inggris dan Jerman. Kerjasama itu yakni menciptakan sebuah teknologi yang memungkinkan pengguna menyediakan identitas resmi mereka dalam bentuk digital dengan tingkat keamanan yang canggih.

Sebenarnya pihak Apple lebih memilih untuk membuat sebuah ID khusus yang bisa menggantikan dokumen pribadi pengguna. Namun hal tersebut dirasa terlalu mustahil, karena pihaknya tidak memiliki kewenangan secara resmi untuk menerbitkan sebuah identitas kecuali dari pemerintah resmi itu sendiri. 

Melihat hal tersebut, akan lebih realistis jika saat ini pihak Apple lebih berfokus pada pengubahan dokumen Paspor atau SIM kendaraan dalam bentuk digital. Sebab Passport lebih bisa diterima secara global di negara-negara yang berbeda ketimbang dokumen lain seperti KTP yang membutuhkan verifikasi khusus oleh pemerintah bersangkutan.

Leave a Reply

Send this to a friend