Apple Podcast Music Microsoft Windows 10 Store

Apple Berencana Rilis Aplikasi Musik dan Podcast ke Microsoft Store

NESABAMEDIA.COMApple merekrut sejumlah teknisi untuk membuat aplikasi media generasi selanjutnya untuk perangkat Windows pada tahun 2019 silam.

Hasilnya, Apple mengeluarkan aplikasi TV yang dirilis ke perangkat Xbox pada tahun 2020 lalu. Kini, dikabarkan bahwa Apple tengah berupaya menghadirkan aplikasi Musik dan Podcast ke Microsoft Store, yang akan mereka rilis ke publik akhir tahun ini. 

Narasumber mengatakan bahwa Apple saat ini tengah melakukan uji coba kedua aplikasi tersebut untuk platform milik Microsoft dalam program beta yang tertutup. Sayangnya, sejauh ini tidak bisa dikonfirmasi apakah aplikasi itu akan kompatibel dengan perangkat PC Windows atau mereka hanya akan mengembangkannya secara eksklusif untuk perangkat Xbox, seperti aplikasi Apple TV sebelumnya.

Namun meski demikian, sangat mudah untuk dibayangkan bahwa kedua aplikasi itu nantinya akan bisa tersedia untuk perangkat PC, karena iTunes juga telah dihentikan layanannya sejak tahun 2019 dengan hadirnya Catalina macOS.

Meskipun Apple masih menawarkan versi iTunes untuk Windows, namun aplikasi itu sudah tidak lagi mendapatkan tambahan fitur baru sudah sejak lama, dan pengalaman untuk mengakses Apple Music dan Apple Podcast melalui iTunes sangatlah tidak nyaman. 

Saat Apple membuka lowongan pekerjaan mencari teknisi yang akan bekerja mengembangkan aplikasi Windows, Apple menekankan bahwa pekerjaan itu nantinya membutuhkan pengalaman dan pengetahuan soal Universal Windows Platform (UWP), yang pada dasarnya merupakan platform aplikasi Windows modern. 

Karena Apple saat ini juga tengah berupaya mengembangkan investasi ke produk berupa layanan, sangat masuk akal jika mereka akan menghadirkan lebih banyak aplikasi ke platform di luar Apple. 

Pada tahun lalu, tanda-tanda awal Apple yang berencana untuk merilis aplikasi Apple TV ke Microsoft Store, terungkap pada bulan September. Dan kemudian aplikasi itu benar-benar dirilis ke publik dua bulan setelahnya, yakni di bulan November. Kemungkinan, jadwal yang sama juga akan berlaku untuk aplikasi Apple Music dan Podcast tersebut. 

Jadi tidak hanya Microsoft saja yang tengah mencoba untuk mengembangkan layanan mereka ke platform diluar ekosistem mereka sendiri. Namun langkah yang sama juga coba dilakukan oleh Apple. 

Leave a Reply

Send this to a friend