Fitur Windows 10X Anti Maling

Perangkat Windows 10X Akan Miliki Fitur Anti Maling

NESABAMEDIA.COMMicrosoft mencoba menambahkan sebuah fitur keamanan yang canggih di perangkat yang menggunakan sistem operasi Windows 10X nantinya. Fitur keamanan di Windows 10X itu adalah sebuah teknologi baru anti maling yang akan mencegah pencuri untuk mereset perangkat hasil curian dan menggunakannya untuk dijual atau dipakai sendiri. 

Dengan adanya fitur anti-maling yang diaktifkan, pengguna nantinya akan diminta untuk memasukkan PIN atau kata sandi akun Microsoft mereka untuk melakukan reset perangkat. Sehingga mereka bisa memasang ulang Windows 10X dan yang ada di dalamnya ke pengaturan bawaan. 

Jadi, jika ada orang tidak bertanggung jawab yang mencuri perangkat Windows 10X, mereka tidak akan bisa melakukan reset perangkat. Nantinya fitur ini juga akan memicu terjadinya penguncian perangkat, agar tidak bisa digunakan. Selanjutnya, fitur Find My Device juga akan diaktifkan secara otomatis, yang membantu pemilik asli menemukan perangkat mereka. 

Idenya adalah agar perangkat yang menggunakan sistem operasi Windows 10X tidak menjadi incaran para pencuri. Namun karena fitur ini masih baru, kemungkinannya para pencuri itu tidak mengetahui keberadaan fitur tersebut dan tetap berniat untuk mencurinya. Begitu pencuri sadar perangkat itu akan terkunci otomatis, mungkin mereka akan meninggalkan atau membuang perangkat tersebut dan ini akan memudahkan pemilik asli untuk menemukannya kembali. 

Namun sejauh ini masih belum bisa dipastikan apakah dengan melakukan pemasangan ulang Windows 10X, bisa mengakali fitur anti-maling tersebut. Tentu saja, fitur anti-maling terbaik untuk perangkat apapun adalah dengan tetap berhati-hati saat menggunakannya ke tempat umum.

Sepertinya, fitur anti-maling ini hanya akan hadir di Windows 10X saja, dan tidak ke Windows 10. Windows 10X sendiri merupakan versi alternatif dari Windows 10 yang awalnya ditujukan untuk perangkat layar ganda, namun kini akan dirilis untuk perangkat budget murah dan dengan spesifikasi rendah untuk bisa bersaing dengan Chromebook yang menjalankan Chrome OS.

Kemungkinan Windows 10X ini baru bisa kita nikmati setidaknya pada pertengahan pertama tahun 2021 ini, dan akan sangat menarik tentunya untuk melihat seberapa jauh ancaman Windows 10X ini terhadap Chromebook, yang saat ini masih mendominasi berkat sistem keamanan, performa yang handal dan harga yang murah. 

Bambang

Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense. 

Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website. 

Leave a Reply

Send this to a friend