Apple Jadi Perusahaan Publik Pertama Dengan Valuasi 3 Triliun Dolar

Apple Jadi Perusahaan Publik Pertama Dengan Valuasi 3 Triliun Dolar

NESABAMEDIA.COMApple menjadi salah satu perusahaan yang paling sering dibicarakan dalam beberapa waktu terakhir. Perusahaan yang memulai perjalanannya dengan menciptakan komputer untuk ‘orang biasa’ sekarang memiliki sebuah istana besar dan portofolio teknologi di semua segmen yang ada. Selain smartphone, komputer, perangkat wearable, Apple juga mulai menjajaki area baru seperti teknologi AR/VR dan bahkan segmen mobil. 

Perjalanan sukses Apple terus membawa hasil, dan pekan ini, mereka telah secara resmi menjadi perusahaan publik pertama yang memiliki valuasi $3 triliun. Capaian itu direngkuh dari setahun setelah mereka mendapatkan valuasi $2 triliun dan tiga tahun setelah mencapai $1 triliun. Dengan pencapaian ini, mereka dianggap sebagai perusahaan yang memiliki uang yang tidak terbatas jumlahnya. 

Kesuksesan Apple ini terutama berasal dari iPhone. Perangkat ini mampu merevolusi industri perangkat smartphone yang dimulai dengan opsi seperti perangkat BlackBerry yang berorientasi bisnis. Apple kemudian menyederhanakannya dengan iPhone, layar sentuh dan seluruh pendekatan komputer seluler. 

Beberapa tahun kemudian, perusahaan juga memutuskan untuk menawarkan sesuatu yang sesuai antara perangkat seluler ringkas ini dengan laptop, sebagai hasilnya mereka meluncurkan tablet bernama iPad. Dalam beberapa tahun terakhir, terlihat bahwa Apple mulai menjelajahi teknologi lain seperti teknologi perangkat wearable yang sekarang melahirkan jam tangan pintar, True Wireless Earbud, dan segera menyusul headset AR/VR. 

Divisi Mac Apple juga tak kalah suksesnya, di mana mereka mampu terus berinovasi menawarkan prosesor berbasis ARM-nya sendiri. Sekali lagi, inovasi dari Apple ini memulai tren baru untuk perangkat komputasi berbasis ARM.

Perusahaan Cupertino itu juga telah mendapatkan pendapatan yang cukup besar dari layanan yang mereka tawarkan. Pada tahun 2018, iPhone pada tahun itu bukanlah sebuah perangkat yang mengesankan dalam hal penjualan.

Oleh karena itu, Apple memutuskan untuk melakukan perombakan besar-besaran pada portofolio layanannya, semakin memperkuat mereka untuk menciptakan ekosistem layanan yang solid dan menguntungkan. 

Kini pengguna bisa mendapatkan layanan seperti Apple Music, Apple TV Plus, Apple Arcade dan banyak lagi layanan lainnya untuk memperkaya pengalaman, bagi mereka yang memilih perangkat Apple dan memasuki ekosistem yang solid ini. Terlebih, baru-baru in layanan perusahaan dan divisi Mac melaporkan pendapatan untuk kuartal keempat 2021 yang memecahkan rekor. 

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend