Saatnya Ucapkan Selamat Tinggal Untuk BlackBerry

Saatnya Ucapkan Selamat Tinggal Untuk BlackBerry

NESABAMEDIA.COMKompetisi di pasar smartphone benar-benar keras. Bagi perusahaan yang tidak mampu menghadirkan inovasi berkelanjutan yang akan memudahkan para penggunanya, mereka akan kehilangan posisi.

BlackBerry mungkin menjadi kekecewaan terbesar, dalam artian belum ada produsen smartphone kelas bisnis yang bisa menandingi merek tersebut, ketika baru diluncurkan. Namun semuanya mulai memburuk, hingga mereka berhenti meluncurkan perangkat baru sejak bertahun-tahun yang lalu, dan mungkin ini saat yang tepat untuk mengucapkan selamat tinggal kepada Blackberry.

Pada 2015, BlackBerry mencoba beralih ke Android, tetapi bahkan keputusan itu tidak mampu menyelamatkan mereka. Akibatnya, mereka berubah dari yang sebelumnya menjadi perusahaan perangkat keras menjadi perusahaan perangkat lunak. Dengan kata lain, mereka mulai mengalih-dayakan desain ponsel dengan brand BlackBerry ke perusahaan lain. 

Jika anda mungkin masih memiliki ponsel BlackBerry lama yang menjalankan sistem operasi BlackBerry, mungkin kini perangkat itu sudah menjadi perangkat cadangan. Dan situasinya pun berubah karena pihak perusahaan mengumumkan untuk mengakhiri dukungan layanan BlackBerry OS dan BlackBerry Playbook OS. Menurut mereka, akan banyak fungsi yang biasa digunakan pengguna tidak lagi bisa bekerja. 

BlackBerry mengumumkan bahwa setelah tanggal 4 Januari 2022, tidak akan lagi menyediakan layanan untuk BlackBerry 7.1 dan versi sebelumnya, BlackBerry 10, BlackBerry PlayBook OS 2.1 dan versi yang lebih lama. Model-model yang terhubung melalui operator atau layanan dan perangkat lunak Wi-Fi tradisional tidak akan lagi bisa beroperasi, ini termasuk data roaming, panggilan telepon, pesan teks dan panggilan darurat. 

BlackBerry mengatakan bahwa Wi-Fi dan data seluler juga mungkin tidak lagi bisa digunakan seperti sebelumnya. Selain itu, aplikasi termasuk BlackBerry Link, BlackBerry Desktop Manager, BlackBerry World, BlackBerry Project, BlackBerry Messenger dan BlackBerry Blend juga akan memiliki fungsionalitas terbatas. 

Tablet PlayBook juga akan mencapai masa akhir dukungan. Ini berarti bahwa komputer tablet ini akan sangat dibatasi penggunaanya setelah tanggal 4 Januari. Fakta bahwa BlackBerry telah menghentikan produksinya setahun setelah peluncuran, menunjukkan bahwa mungkin tidak banyak pengguna PlayBook sejak awal. Jumlah ini tentunya akan semakin terus berkurang ke depannya. 

Jadi, selamat tinggal BlackBerry, terima kasih sudah mewarnai hari-hari kami dan mengantarkan hadirnya sebuah ponsel pintar yang ada sekarang ini.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend