Microsoft Kembangkan Efek Blur Baru di Windows 11 Bernama Tabbed

Microsoft Kembangkan Efek Blur Baru di Windows 11 Bernama Tabbed

NESABAMEDIA.COMSebuah Windows 11 SDK untuk build 22523 telah mengungkap bahwa Microsoft tengah mengerjakan sebuah efek blur baru untuk Windows 11. Ini ditemukan pertama kali oleh akun Twitter StartisBack, di mana efek tersebut nantinya bernama Tabbed dan menjadi tambahan dari efek Acrylic dan Mica. 

“Sebuah DWMWA_SYSTEMBACKROP_TYPE baru di SDK 22523, ada Win32 API publik untuk Mica, Acrylic dan sebuah efek baru bernama Tabbed,” cuit akun tersebut. 

Efek baru ini bisa terlihat dalam tangkapan layar berikut ini, yang diambil dari sebuah aplikasi sampel dari SDK tersebut:

Efek Blur Baru di Windows 11 Bernama Tabbed

Efek Blur Baru di Windows 11 Bernama Tabbed

Efek tersebut tampaknya seperti versi dari Your Wallpaper yang sangat buram tanpa adanya rona. Microsoft tampaknya bekerja cukup keras untuk membawa Mica ke lebih banyak aplikasi lawas, dengan build insider terbaru yang juga mendukung “MicaBakcropInApplicationFrameHostTitlebar”. 

Ini juga cukup menarik, karena terlihat sangat mirip dengan Mica, namun tidak terlalu transparan. Kemungkinan efek ini juga bukan menjadi satu-satunya perubahan yang akan datang untuk Windows 11. Menurut sumber yang diterima nesabamedia.com, Microsoft mungkin juga berencana untuk membawa efek Mica ke lebih banyak area lainnya. 

Seperti yang mungkin telah anda ketahui, Fluent Design adalah bahasa desain yang menjadi bagian dari Windows 10 dan 11, dan ini menonjolkan cahaya dan kedalaman untuk beralih dari tampilan datar yang ditawarkan oleh Windows 8. Ini juga hadir dengan material desain seperti Acrylic yang merupakan material transparan untuk menu, dialog latar belakang dan seluruh jendela aplikasi. 

Dengan Windows 11, Microsoft menambahkan sebuah desain material baru ke Fluent Design. Material ini bernama Mica, dan ini adalah sebuah efek blur transparan yang memungkinkan wallpaper desktop anda untuk bersinar menembus jendela aplikasi. Dalam hal tertentu, ini mirip dengan efek Acrylic Blur atau Aero Glass di Windows 7. 

Seperti halnya Acrylic, efek transparan Mica juga akan diatur ulang skalanya secara otomatis dalam mode hemat daya atau ketika perangkat terasa melambat kinerjanya. Meskipun ini adalah merupakan efek tembus cahaya, Mica adalah perubahan yang halus dan mengambil sampel wallpaper desktop untuk membuat visualisasinya, sehingga lebih ringan dari Acrylic.

Untuk saat ini, Mica memang belum bisa bekerja dengan semua aplikasi modern, dan ini akan segera mendapatkan perubahan. 

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend