Lebih Dalam Mengenal Efek Mica di Windows 11

Lebih Dalam Mengenal Efek Mica di Windows 11

NESABAMEDIA.COMPerubahan Windows 11 yang paling menonjol adalah penambahan Start Menu baru, desain pusat notifikasi yang dipinjam dari Windows 10X. Start Menu berada di tengah, dan Microsoft juga menerapkan sudut membulat di mana-mana. Selain itu, Windows 11 juga mendapatkan efek desain baru bernama Mica yang bertujuan untuk meningkatkan tampilan dan nuansa pada jendela aplikasi. 

Menurut Microsoft, Windows 11 bertujuan untuk membuat desain baru yang benar-benar terasa seperti Windows, namun tetap hadir dengan antarmuka yang lebih lembut dan rapi. Misalnya, Windows 11 menggunakan efek Mica yang memungkinkan jendela aplikasi yang tidak aktif memudar ke latar belakang, agar membantu pengguna bisa tetap fokus. 

Microsoft mengatakan mereka telah mencoba untuk mengurangi kekacauan dan menyentuh semua sudut penting dari sistem operasi. 

“Kami benar-benar ingin mendesain dari bawah ke atas, tanpa melupakan dari mana kami memulai semuanya. Siluet ikonik itu, Taskbar, Start Menu. Kami mendengar dari pengguna, mereka menginginkan sesuatu yang terasa sedikit lebih alami,” kata Microsoft. 

Dalam kanal resmi Youtube dan akun Instagramnya, Microsoft juga telah memberikan tampilan lebih dalam animasi baru untuk ikon aplikasi dan tombol di Windows 11. Untuk ikon aplikasi baru ini, Microsoft mempertimbangkan pada beberapa hal seperti dimensionalitas, kedalaman, cahaya, tipografi, geometri dan bentuk. 

Tampilan Mica di Mode Gelap

Tampilan Mica di Mode Gelap

“Material baru, ikon baru, perilaku dan interaksi yang baru. Sampai ke piksel lateral. Kami telah memikirkan hal-hal dalam pencahayaan alami. Desain yang bagus. Desain yang baik tidak hanya fungsional. Itu juga harus indah. Kemudian ketika anda menyentuh ikon, anda juga akan melihat topografi dan bagaimana mereka begitu cocok bersama-sama,” tambah Microsoft.

Animasi Start Menu

Animasi Start Menu

Mica juga menjadi salah satu perubahan terbesar yang akan dilihat pengguna di Windows 11. Menurut pihak Microsoft, Mica merupakan sebuah material yang akan mengambil warna dari wallpaper yang digunakan pengguna, dan menerapkannya ke bar judul dan area lainnya di aplikasi. Mica hanya terlihat saat fokus dan kemudian memudar ke latar belakang ketika jendela tidak aktif.

Windows Settings, File Explorer dan fitur Windows 11 lainnya sudah menggunakan efek Mica yang baru bersama dengan Fluent Design. Faktanya, Microsoft telah mulai mengerjakan desain baru untuk browser Edge dengan Mica dan Fluent Design agar bisa selaras dengan tampilan dan nuansa Windows 11. 

Leave a Reply

Send this to a friend