Cara Microsoft Menjadikan Windows Penguasa Pasar Selama Dua Dekade

Cara Microsoft Menjadikan Windows Penguasa Pasar Selama Dua Dekade

NESABAMEDIA.COMSistem operasi Microsoft Windows telah menjadi jawara dalam pasar sistem operasi perangkat PC selama hampir dua dekade lamanya. Meskipun beberapa versi Windows, termasuk Windows 8 memang tidak mendapatkan sambutan hangat dari pasar. Banyak perusahaan masih menggunakan PC berbasis Windows dalam jumlah besar, dan konsumen masih tertarik karena pengoperasiannya yang sudah familiar. 

Jika anda memiliki perangkat PC, besar kemungkinan itu menjalankan Windows, sistem operasi yang telah dijual Microsoft sejak tahun 1985 silam. Meskipun orang-orang membeli perangkat Macbook modern dengan chipset hemat daya ARM, dan bahkan sejumlah pelajar dan pekerja menggunakan Chromebook di kala pandemi, Windows masih menguasai 83 persen pangsa pasar untuk perangkat PC. Posisi tersebut tidak tergoyahkan sejak tahun 2000, dan mungkin akan terus bertahan hingga beberapa dekade nanti. 

Hari ini, Windows memberikan sumbangsih 14 persen dari pendapatan total Microsoft, dan secara historis Windows telah jauh lebih menguntungkan daripada bagian lain perusahaan yang memiliki nilai valuasi USD2 triliun tersebut. Ketika Windows tumbuh, maka Microsoft akan mendapatkan keuntungan.

Jadi sekali lagi Microsoft memberikan penyegaran terhadap sistem operasinya itu dengan pengumuman Windows 11 pada tanggal 24 Juni yang lalu. Persyaratan minimal yang baru mungkin akan membuat beberapa orang harus membeli perangkat PC baru, agar bisa menjalankan Windows 11, dan itu tentu saja akan semakin mendorong keuntungan franchise Windows. 

Track record yang dicatatkan Windows memang tidak selalu berjalan mulus. Dibutuhkan beberapa rilisan untuk bisa mendapatkan popularitas atas pendahulunya yang berbasis karakter, yakni DOS. Beberapa versi, termasuk Windows Vista dan Windows 8, tidak diterima dengan baik di pasaran. Ketika smartphone muncul di tahun 2000-an, Microsoft pun tidak dapat mencapai tingkat penjualan yang sama seperti yang terjadi pada perangkat PC. 

Namun beberapa tahun berikutnya, Microsoft menjadikan sistem operasi tersebut bisa lebih mudah digunakan, dengan beberapa tambahan seperti Start Menu, dan menawarkan peningkatan secara cuma-cuma. Dan karena banyak perusahaan telah terbiasa menggunakan Windows bersama produk Microsoft lainnya, wajar bagi mereka untuk tetap menggunakan sistem operasi tersebut. Dan Windows pun telah berhasil untuk bisa terus berkembang. 

Microsoft pun ingin menjaga momentum yang diraih Windows sekarang ini. Salah satunya adalah dengan menambahkan fitur yang dimiliki pesaingnya, Chromebook, yakni membawa aplikasi Android ke Windows 11. 

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend