• Our Partners:

Apple Siapkan Perangkat Konsol Game Pesaing Nintendo Switch

Apple Siapkan Perangkat Konsol Game Pesaing Nintendo Switch

NESABAMEDIA.COMMeski sudah memiliki layanan gaming sendiri, Apple selama ini mengabaikan segmen konsol portabel. Alasan untuk hal ini mungkin berbeda, namun tidak ada yang mencegah perusahaan untuk berubah pikiran dan mencoba membuat konsol game portable mereka sendiri. Rumor telah merebak selama beberapa waktu terakhir yang menyebutkan bahwa Apple sedang mengerjakan sebuah perangkat konsol game.

Dilaporkan saat ini Apple sedang serius mencoba untuk membuat perangkat game portable. Memang langkah Apple ini sepertinya tidak akan berjalan dengan mudah, mengingat kerasnya persaingan di segmen ini, dan di sisi lain perusahaan juga tidak memiliki pengalaman spesialis di bidang konsol gaming. Oleh karena itu, Apple pun merekrut sejumlah teknisi Xbox untuk bekerja bersama mereka. 

Dijelaskan juga bahwa perangkat konsol game buatan Apple akan menggunakan prosesor khusus, yang memang didesain sedemikian rupa untuk kebutuhan gaming. Dapat diasumsikan bahwa ini akan menjadi versi kustom dari chipset buatan Apple, di mana subsistem grafis akan dipompa secara maksimal. 

Menurut beberapa laporan, Apple sangat berhati-hati dalam menawarkan katalog game untuk konsol game bermerk. Oleh karenanya, perusahaan saat ini tengah melakukan negosiasi dengan sejumlah studio game untuk pembuatan kontennya. Namun sejauh mana kemajuan dari negosiasi tersebut, sampai saat ini belum ada informasi. 

Apple sebelumnya telah memiliki layanan gaming sendiri, yang bernama Apple Arcade dan ini adalah layanan berlangganan video game. Layanan tersebut diluncurkan sejak 19 September 2019 lalu dalam event tahunan utama Apple. 

Layanan berlangganan bulanan ini menawarkan pelanggan akses yang tidak terbatas ke banyak pilihan judul video game, di perangkat Apple atau perangkat lunak apapun yang kompatibel dengan iOS 13, tvOS 13, iPadOS 13, dan macOS Catalina atau yang lebih baru. 

Layanan ini juga menawarkan pilihan paket bulanan dan tahunan dengan pilihan untuk individu atau keluarga, tidak termasuk iklan dan pembelian di dalam aplikasi, dan kemampuan untuk mengunduh game untuk dimainkan secara offline. 

Selain menggunakan layanan pada produk eksklusif Apple, gameplay-nya juga kompatibel dengan aksesoris pihak ketiga seperti gamepad, PlayStation 4, dan Xbox. Apple mengaku telah menginvestasikan sebesar $500 juta untuk meluncurkan layanan ini. Mereka juga membayar pengembang aplikasi dengan sistem pembayaran di muka untuk membuat video game di platform tersebut. 

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend