Apple Studio Display Bisa Digunakan di Windows 11

Apple Studio Display Bisa Digunakan di Windows 11

NESABAMEDIA.COMPekan lalu, Apple mengumumkan Studio Display baru mereka, yakni sebuah layar monitor berukuran 27 inci dengan dukungan resolusi 5K yang didesain untuk Mac Studio yang baru.

Pertanyaan pun muncul, apakah layar itu nantinya mendukung Windows atau tidak. Dalam situs resminya, Apple memberikan jawaban pada pertanyaan itu dan mereka mengatakan bisa. Itu artinya, pengguna Windows 10 dan 11 akan bisa menggunakan layar buatan Apple yang baru tersebut.

Mengikuti informasi yang ada, perusahaan mengatakan kepada media bahwa layar itu akan bisa digunakan untuk perangkat PC berbasis Windows. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Masalah utama, namun sudah bisa diprediksi, adalah aplikasi MacOS tidak akan tersedia. Itu termasuk fitur Center Stage, Hey Siri, dan Spatial Audio. 

Apple mengatakan inti dari produk tersebut adalah kesederhanaan dari sebuah layar monitor, yang bekerja seperti layaknya monitor PC normal yang memiliki speaker dan webcam terintegrasi. 

Webcam menjadi salah satu area di mana masalah kompatibilitas dipertanyakan. Apple mengatakan bahwa untuk menyediakan pembaruan firmware ke webcam, dibutuhkan sambungan ke perangkat Mac.

Saat memberikan pernyataan pada awak media tersebut, juru bicara Alex Bender mengatakan bahwa lensa 12MP yang ada pada webcam, akan bisa berfungsi di perangkat PC manapun. Sekali lagi, pernyataan itu tidak benar-benar menjelaskan jawaban dari pertanyaan soal pembaruan firmware.

Kemampuan Pada Windows

Apple Display memang mendukung untuk resolusi 5K di kecepatan refresh 60Hz, namun tidak semua perangkat PC Windows akan mampu mendukung kinerja tersebut. Jadi, resolusi akan bergantung pada perangkat PC anda. Tentu saja, itu adalah masalah yang ada pada semua monitor yang anda gunakan di platform milik Microsoft. 

Adalah hal yang baik jika Apple Display ini bisa bekerja pada perangkat Windows, namun ini bisa saja menjadi pilihan yang buruk untuk dibeli oleh para pengguna Windows 11.

Produk monitor ini lebih pada produk yang dibuat untuk bisa bekerja maksimal dengan perangkat Apple lain. Di Windows, masih ada pilihan yang lebih baik dengan harga yang lebih terjangkau, yang menawarkan kinerja setara atau bahkan memiliki spesifikasi yang lebih baik. 

Perlu diingat, bahwa Apple Studio Display ini dibanderol dengan harga mulai Rp22 jutaan. 

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend