Arsitektur Baru Armv9 Akan Bawa Smartphone Ke Level Lebih Tinggi

Arsitektur Baru Armv9 Akan Bawa Smartphone Ke Level Lebih Tinggi

NESABAMEDIA.COMSepertinya perangkat smartphone akan menjadi semakin powerful dibandingkan dari sekarang. Dilaporkan bahwa sebuah arsitektur baru dari ARM yakni Armv9 telah siap untuk menjadikan smartphone ke level lebih tinggi lagi. Seperti yang sudah diketahui banyak pengguna, arsitektur dalam sebuah proses sangat penting untuk menunjang kinerja komponen smartphone secara keseluruhan. 

Arsitektur dalam sebuah prosesor akan menentukan cara kerja dari prosesor itu sendiri, apa yang dapat dilakukannya, bagaimana memori akan diakses, dan banyak lagi lainnya. Armv9 yang baru ini akan memiliki desain perangkat keras fisik, set instruksi dan kemampuan yang semuanya serba baru. 

Smartphone selama ini telah menggunakan arsitektur Armv8 untuk prosesor mereka, dan revisi pada arsitektur tersebut selama hampir satu dekade. Armv9 yang baru akan menandai generasi inti CPU baru yang akan menjadi jantung dari smartphone di masa mendatang. 

Arsitektur baru ini merupakan yang pertama dari ARM dalam satu dekade ini dan akan mengubah cara kerja generasi berikutnya dari seluler, server dan prosesor lainnya. Arm mengatakan bahwa dua generasi desain CPU berikutnya akan meningkatkan kinerja sebesar 30 persen dibandingkan dengan inti CPU Cortex-X1 yang berkinerja tinggi saat ini. 

Hal ini mengabaikan semua jenis peningkatan kecepatan clock atau manfaat manufaktur lainnya yang bisa memeras lebih banyak kinerja. Selain itu, Armv9 akan lebih cepat ketimbang Armv8 dalam hal beban kerja Machine Learning, dan akan jauh lebih aman. 

ARMV9 Arsitektur

ARMV9 Arsitektur

Dua poin terakhir tersebut sangat begitu penting. Machine Learning kini menjadi hal yang semakin umum di smartphone yang ada saat ini. Selain itu fitur pengenalan seperti menggunakan smartphone sebagai kunci mobil, identitas dan keamanan lainnya adalah sebuah keharusan. 

Armv9 ini sepertinya akan bisa diluncurkan pada akhir tahun ini. Baru kemudian rahasia mengenai cara kerja yang digunakan oleh arsitektur baru itu akan bisa mulai terungkap.

Selanjutnya, para pabrikan smartphone bisa mulai mengembangkan arsitektur baru itu pada perangkat baru mereka. Perangkat smartphone baru yang menggunakan Armv9 diperkirakan baru akan ada pada tahun 2022 mendatang. Dan saat itu, smartphone akan menjadi begitu powerful.

Tags:,
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend