• Our Partners:

Bagaimana Nasib Microsoft Surface Neo Yang Terlupakan

Bagaimana Nasib Microsoft Surface Neo Yang Terlupakan?

NESABAMEDIA.COMSebelumnya pada peluncuran perangkat keras di bulan Oktober 2019, Microsoft mengumumkan dua perangkat layar ganda yang bisa dilipat. Ketika Surface Duo (kini Surface Duo 2) mendapatkan banyak pemberitaan, jarang terdengar mengenai perangkat satunya, yakni Surface Neo yang berukuran lebih besar. 

Perangkat itu seharusnya menggunakan Windows 10X, varian Windows 10 yang ditujukan khusus untuk smartphone layar ganda. Namun, dengan pembatalan produk dan peluncuran Windows 11, masa depannya pun diragukan. Lalu apakah Surface Neo masih akan dirilis? Jika iya, maka perangkat ini harus menggunakan sistem operasi yang berbeda.

Pada titik sekarang ini, hal tersebut mungkin tidak masuk akal, namun bukan berarti tidak mungkin. Surface Neo, seperti perangkat Surface Duo generasi pertama, seharusnya dirilis pada akhir tahun 2020. Segera setelah pandemi melanda, jadwalnya pun berubah, bahkan Microsoft menghapus tanggal rilisnya. 

Sampai dengan Mei 2021, ketika Microsoft mengkonfirmasi bahwa Windows 10X tidak akan dirilis, kabar soal Surface Neo pun menghilang sama sekali. Perusahaan pun saat itu mengatakan bahwa fitur terbaik dari OS tersebut akan dimasukkan ke dalam Windows. Itu ternyata adalah versi yang benar-benar baru bernama Windows 11, dengan banyak fitur yang mengadopsi Windows 10X. Sayangnya, pada saat itu sinyal untuk masa depan Surface Neo pun belum juga terdengar. 

Opsi yang paling mungkin adalah perangkat tersebut akan menggunakan Windows 11, terlebih OS baru itu memprioritaskan fitur input sentuh. Kemungkinan juga akan menggunakan Windows 11 SE, yang merupakan versi sederhana dari Windows 11, yang lebih berorientasi pada perangkat untuk kebutuhan pendidikan daripada konsumen umum. 

Sumber berbeda mengatakan bahwa kemungkinan sistem operasi Android akan bisa berjalan di Surafe Neo. Namun ini hanyalah sebuah bagian dari spekulasi yang tidak ditemukan fakta di dalamnya.

Laporan lain dalam bentuk video Youtube menyebut bahwa Microsoft tidak memiliki rencana untuk memproduksi Surface Neo. Setidaknya, tidak akan ada rencana apapun sebelum akhir 2023, walaupun segalanya bisa berubah. Akibatnya, skenario yang paling mungkin adalah perangkat ini bisa saja akan dihapus seluruhnya.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend