• Our Partners:

Apa itu Bahasa Pemograman Rust? Mengenal Bahasa Pemograman Rust

Apa itu Bahasa Pemrograman Rust? Mengenal Bahasa Pemrograman Rust

Bahasa pemrograman Rust merupakan salah satu bahasa pemrograman yang bisa Anda pelajari karena memiliki banyak kelebihan. Kelebihan-kelebihan yang dihadirkan tersebut membuatnya menjadi bahasa pemrograman favorit. Hal ini berdasarkan survei yang dilakukan oleh Stack Overflow. Rust merupakan bahasa pemrograman yang bersifat general-purpose.

Bahasa ini dikembangkan dengan berdasarkan bahasa C. Mozilla merupakan perusahaan yang mengembangkan bahasa pemrograman Rust. Tujuan hadirnya Rust adalah untuk memperbaiki struktur multi-core agar lebih efisien serta aman dengan banyaknya paradigma. Rust dirilis pada 2014 yang pada waktu itu muncul sebagai alternatif dari bahasa pemrograman C++. Bahasa Rust dianggap memberikan solusi terkait keamanan yang konon menjadi isu dari bahasa C++.

Kemudian Mozilla berhasil menciptakan dan mengembangkan bahasa pemrograman Rust. Diharapkan Rust mampu meningkatkan kinerja, paralelisasi, dan juga keamanan memori.

Pada prakteknya, Rust bukan hanya digunakan oleh Firefox dalam mengembangkan produknya misalnya Servo Browser serta integrasinya ke Firefox. Namun ternyata ada beberapa perusahaan yang memanfaatkan Rust karena kelebihan yang dimiliki oleh bahasa pemrograman yang satu ini. Perusahaan yang diketahui menggunakan Rust adalah Dropbox dan Academia.

Alasan mengapa Acedemia memilih menggunakan Rust karena ingin melakukan perubahan pada strings ke data pengarang. Sementara itu, alasan Dropbox menggunakan Rust adalah untuk membantu dalam mengoptimalkan penyimpanan data berbasis cloud yang mereka miliki.

Apa Saja Kelebihan Bahasa Pemrograman Rust?

Apa Saja Kelebihan Bahasa Pemrograman Rust

Seperti yang telah kami jelaskan bahwa kelebihan yang dimiliki oleh bahasa pemrograman Rust membuat banyak orang tertarik menggunakannya. Apa saja kelebihannya? Berikut ini penjelasannya.

1. Keamanan

Kelebihan pertama yang dimiliki Rust adalah seputar keamanan. Bahasa pemrograman ini memberikan jaminan keamanan memori. Hal ini membuat para pembuat program bisa menggunakan Rust untuk membuat atau memasukkan kode dengan aman dibandingkan dengan ketika menggunakan bahasa C++ maupun C.

Meskipun para developer tersebut nantinya menulis baris kode yang tidak aman, namun Rust secara default akan membuat kode-kode tersebut menjadi aman.

Para developer juga tidak harus mengelola memori maupun memberi petunjuk aritmatik ketika ingin membuat program seperti yang biasa dialami ketika menggunakan bahasa pemrograman C maupun C++. Dengan jaminan keamanan kode tersebut, maka obyek-obyek dapat dikelola dengan baik mulai awal sampai akhir.

2. Efisien

Efisiensi di dalam penggunaannya merupakan kelebihan lain yang dimiliki bahasa pemrograman Rust. Dikarenakan Rust dikembangkan dengan berdasarkan C, maka efisiensi yang dimiliki oleh C juga bisa Anda temukan pada bahasa Rust.

Selain itu, bahasa ini juga bisa Anda gunakan secara lebih cepat karena dilengkapi dengan runtime lebih sedikit. Bahkan berdasarkan pernyataan Academia, bahasa pemrograman Rust lebih cepat dibandingkan dengan Ruby untuk pengembangan produk layanannya.

Itulah informasi yang bisa kami berikan tentang Rust. Semoga bermanfaat.

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend