Banyak Bug Windows 10X RTM Ditunda

Banyak Bug, Perilisan Windows 10X ke RTM Terpaksa Ditunda

NESABAMEDIA.COMSeperti yang sudah dikabarkan pada bulan Desember lalu, bahwa versi final dari sistem operasi Windows 10X build 20279 telah dikompilasikan, dan dalam tahap pengujian. Namun tampaknya, proses uji coba itu tampaknya justru menghasilkan banyak bug, yang kemudian berimbas pada ditundanya peluncuran Windows 10X ke RTM. Hal ini diungkapkan oleh narasumber yang sama, yakni Zac Bowden, wartawan dari Windows Central. 

Zac dalam cuitannya kemarin mengatakan bahwa final build dari Windows 10X yang akan dikirimkan ke RTM akan dilakukan beberapa minggu lagi. Sebelumnya, Windows 10x dibuat untuk perangkat high-end layar ganda, namun kini diubah dan ditargetkan untuk laptop dengan harga terjangkau yang menjalankan aplikasi UWP dan PWA, sebagai pesaing dari Chrome OS.

Perangkat pertama yang akan ditenagai oleh Windows 10X ini diperkirakan baru akan hadir pada musim semi tahun 2021 ini. Perangkat tersebut akan ditargetkan untuk pasar para pekerja di lapangan, yang kurang terbiasa dalam menggunakan perangkat komputer. Sehingga pengoperasian Windows 10X akan dibuat semudah mungkin, dengan menghadirkan versi minimalis dari Windows 10. 

Zac juga mengatakan bahwa saat ini pengujian terus dilakukan secara lebih mendalam, dengan berfokus pada penemuan bug dan mencari perbaikannya, agar bisa memberikan pengalaman serta fitur yang ditingkatkan sebelum dirilis ke RTM. Lebih lanjut, versi yang sedang diuji cobakan itu adalah Build 20280 Windows 10X, yang berbasis Windows 10 pembaruan versi 21H1 ‘Iron’. 

Apabila nantinya versi build 20280 ini telah memenuhi standar kualitas yang ditetapkan Microsoft, maka akan segera dirilis ke pabrikan dalam beberapa minggu lagi, dan Microsoft akan mulai menguji perangkat yang ditenagai oleh Intel untuk sistem operasi baru itu. 

Pada akhir 2021 atau awal 2022, Microsoft berencana untuk merilis pembaruan besar pertama untuk Windows 10X dengan peningkatan berdasarkan pembaruan Sun Valley yang ada di Windows 10. 

Adapun, beberapa peningkatan yang diharapkan hadir dalam Windows 10X ini antara lain adalah, bagian Taskbar, pengelompokan beberapa aplikasi dalam sebuah grup, animasi baru untuk berfokus pada bagian Taskbar, UI yang diperluas di mana Start Menu akan bergeser dengan rapi ke sebelah kiri Taskbar saat pengguna membuka lebih banyak aplikasi. 

Selain itu, juga akan dihadirkan tiga ukuran Taskbar yang berbeda yakni kecil, medium dan besar. Terdapat juga fitur gesture, di mana pengguna bisa menggeser ke manapun di Taskbar untuk membuka Start Menu. 

Leave a Reply

Send this to a friend