• Our Partners:

Windows-11-Search

Behavior Form di Start Menu Windows 11 Insider Dev Telah Update

Microsoft telah lama merilis fitur Windows Search ketika mengakses Start Menu. Fitur ini memiliki kemampuan untuk mencari data di penyimpanan sesuai dengan kata kunci, namun hari ini ada tampulan UX baru dari Windows Search ketika diakses melalui Start Menu, Rabu (28/09).

Microsoft kini memberikan fitur baru mereka melalui Windows Search, fitur ini sebelumnya sama seperti kemampuan yang mereka berikan untuk fitur Search di File Explorer. Di mana pengguna bisa langsung mengetikan kata kunci tertentu, sementara Search akan menampilkan pencarian tercepat mereka sebelum pengguna menekan tombol Enter.

Seperti yang terlihat pada cuplikan video di atas, tampilan Windows Search akan langsung muncul untuk melakukan pencarian. Ini bisa dikatakan sebagai metode dari UX/UI yang lama, di mana sekarang Anda dapat langsung mengubahnya agar tidak langsung mengunjungi laman Windows Search. Misalnya seperti cuplikan di bawah ini:

Windows Search

Windows Search versi Baru

Pada tampilan di atas, pengguna bisa langsung mencari kata kunci tertentu tanpa perlu berpindah ke laman Windows Search. Pengguna juga bisa langsung mengetikan kata kunci, sementara Windows Search akan menampilkan berkas yang relevan.

Untuk dapat menggunakan fitur ini, maka Anda harus mengaksesnya melalui ViveTool. Namun, baru bisa digunakan oleh mereka pengguna Insider Dev Channel. Anda hanya cukup mengaktifkan fiturnya melalui beberapa langkah kecil seperti berikut:

.\vivetool /enable /id:38937525

Setelah mengisi perintah di atas, maka Anda bisa langsung melakukan Restart atau Reboot. Nantinya, sistem Windows 11 Anda telah berubah dan kini setiap kali Anda ingin melakukan pencarian di Windows Search, Anda tidak lagi dialihkan ke laman Google Search.

Pengalihan ini sebenarnya merupakan bagian dari Windows Search Behaviour, memberikan informasi terkini dalam dunia digital dan juga memberikan akses yang sama-sama mudah. Tetapi, tidak semua pengguna Windows menyukai fitur ini karena dinilai kurang begitu relevan dalam melakukan pencarian.

Pada akhirnya, layanan ViveTool seakan memberikan jangkauan yang lebih luas untuk mempersonalisasikan sistem Windows Anda agar dapat bekerja sesuai dengan apa yang kita inginkan. Fitur ini hanya diperuntukkan untuk pengguna Insider Dev, jadi periksa terlebih dahulu sistem Anda sebelum menerapkannya.

Bagaimana menurutmu? Tertarik mencoba fitur baru dari perintah ViveTool? Program ViveTool bisa langsung diunduh melalui laman resmi mereka di GitHub.

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend