Benarkah Kinerja Gaming di Windows 11 Mengalami Penurunan

Benarkah Kinerja Gaming di Windows 11 Mengalami Penurunan?

Windows 11 sekarang tersedia secara luas, dan Microsoft mencoba merayu para gamer dengan sejumlah kemampuan baru di sistem operasi tersebut. Di saat mereka menyatakan bahwa “jika anda seorang gamer, Windows 11 dibuat untuk anda,” salah seorang pengamat menunjukkan bahwa Windows 11 dapat “melumpuhkan” kinerja game. Menanggapi hal itu, beberapa orang lainnya pun memutuskan untuk memutakhirkan laptop gaming Windows 10 mereka ke Windows 11 dan mencari tahu kebenarannya.

Berdasarkan kata pengamat itu, anda kemungkinan akan mengalami masalah kinerja dengan perangkat pre-built. Ini karena Microsoft mengaktifkan Virtualization-Based Security (VBS) sebagai bagian dari kemitraan dengan OEM-nya pada sistem baru.

“Virtualization-Based Security (VBS) merupakan pengaturan yang diperkenalkan ke Windows 10 yang menggunakan virtualisasi perangkat keras dan perangkat lunak untuk meningkatkan keamanan sistem. Ini pada dasarnya menciptakan subsistem terisolasi yang membantu mencegah malware mengacaukan PC.

Ini adalah fitur yang terutama ditujukan bagi pelanggan perusahaan untuk dapat mengunci PC perusahaan yang mereka masukkan ke kantor mereka dan memastikan mereka tidak dikompromikan,” ungkap pengamat itu.

Jadi, sisi baiknya, jika anda memutakhirkan dari Windows 10 ke Windows 11 dan tidak menggunakannya di lingkungan perusahaan, anda seharusnya baik-baik saja. karena VBS kemungkinan dinonaktifkan untuk anda.

Jika anda menemukan bahwa itu diaktifkan, ada beberapa cara yang mungkin bisa dilakukan untuk menonaktifkannya. Sekali lagi, jika anda memilihnya, anda mungkin menempatkan komputer anda pada risiko yang lebih besar tanpa fitur keamanan yang ditingkatkan ini.

Pengujian pun dilakukan dengan menggunakan laptop gaming Acer Predator Triton 300 SE. Saat pengujian, perangkat itu mendapatkan penawaran untuk ditingkatkan ke Windows 11 lewat halaman Windows Update. Setelah mengklik penawaran itu, perangkat pun memulai proses pemutakhiran sistem operasi. Berikut spesifikasi laptop yang digunakan:

  • Prosesor quad-core Intel Core i7-11735H Generasi ke-11
  • NVIDIA GeForce RTX 3060 dengan RAM 6GB
  • SDRAM Dual Channel DDR4 16GB
  • 512GB PCIe Gen3 NVMe SSD
  • VBS dinonaktifkan

Setelahnya, dilakukan pengujian benchmark dalam game untuk beberapa game di Windows 10 dan Windows 11 (game dengan * di-benchmark menggunakan penghitung FPS dalam game dan kemudian dirata-ratakan). Semua game diuji tiga kali kemudian dan diambil rata-rata:

Pengujian Benchmark Game Windows 11

Pengujian Benchmark Game Windows 11

Seperti yang anda lihat, ada sedikit penurunan frame rate di Windows 11 dibandingkan dengan Windows 10 di sebagian besar game. Penurunan paling signifikan terjadi di game Wolfenstein: Youngblood (Riverside). Mengingat spesifikasi sistem pengujian yang digunakan, framerate Windows 11 lebih dari cukup untuk dimainkan. Dalam semua kasus, ketika memainkan game yang sebenarnya pada pengaturan yang diuji, mereka berjalan dengan baik, dan tidak terlihat perbedaan nyata dalam framerate dibandingkan dengan bermain di Windows 10.

Jadi dari pengujian tersebut bisa disimpulkan bahwa memang kinerja gaming di Windows 11 kurang begitu baik jika dibandingkan dengan Windows 10, meskipun selisihnya sangat tipis sekali. Oleh karenanya, penurunan memang ada namun itu tidak begitu signifikan dan game masih bisa dimainkan dengan baik.

Apakah anda juga telah meningkatkan ke Windows 11? Dan apakah anda mengalami penurunan kinerja dengan sistem operasi tersebut?

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend