Berkenalan Dengan Chipset Amazon AZ2 Neural Engine

Berkenalan Dengan Chipset Amazon AZ2 Neural Engine

NESABAMEDIA.COMPerangkat rumah pintar Amazon Echo Show 15 tidak hanya tergantung di dinding, tetapi juga bisa belajar dalam mengenali wajah anda. Itu karena di dalamnya memiliki silikon baru yang dirancang Amazon dan dijuluki Amazon AZ2 Neural Engine.

Ya anda tidak salah membacanya, Amazon custom mendesain chip ARM. AZ2 bahkan bukan yang pertama (oleh karena itu bernama AZ2), tetapi memiliki kemampuan lebih daripada AZ1, yang memberi daya pada beberapa speaker Alexa terbaik dan menawarkan sesuatu yang baru untuk edge-computing Amazon.

Jika anda tidak familiar dengan apa itu edge-computing, chip dan fungsinya sebenarnya membuatnya mudah dipahami. Semua pemrosesan untuk mempelajari dan mengenali wajah dilakukan menggunakan Machine Learning melalui chip itu sendiri dan tidak ada yang perlu dikirim melalui internet untuk mendapatkan hasilnya.

Bagi banyak orang memikirkan soal komputer yang mampu belajar mengenali wajah manusia cukup menyeramkan, tetapi melakukannya secara lokal ketimbang melalui server jarak jauh adalah hal yang keren. 

Apa yang dapat dilakukan AZ2 di atas kertas cukup mengesankan. Pertimbangkan AZ1 generasi terakhir, yang mampu mengenali suara anda tanpa Amazon perlu mengirim data itu melalui cloud. Model baru melakukan itu, tentu saja, tetapi juga mampu melakukan 22 kali jumlah operasi setiap detik.

AZ2 Neural Engine dapat bekerja 22 kali lebih cepat daripada prosesor generasi terakhir Amazon.

Ini berarti ia memiliki banyak bandwidth lokal untuk mempelajari wajah dan suara anda. Bahkan, Amazon mengatakan dapat memproses ucapan dan pengenalan wajah secara bersamaan. Alasan besar di balik kemampuan ini dikarenakan keberadaan prosesor neural-edge. Itu terdengar seperti kata-kata yang sering dilontarkan oleh perusahaan teknologi, tetapi mereka memiliki arti tertentu, di mana bagian “neural” berarti chip yang digunakan dengan algoritma untuk Machine Learning dan bagian “edge” yang berarti dapat melakukannya tanpa memerlukan keberadaan server.

Dengan melakukan sesuatu secara lokal, hampir tidak ada latensi, yang berarti hampir tidak ada waktu tunggu antara operasi. Sejauh ini belum diketahui akan seberapa baik itu benar-benar beroperasi nantinya, tetapi berdasarkan kemampuannya, sepertinya itu adalah chip yang sempurna untuk dimasukkan ke dalam sebuah produk seperti Echo Show.

Edge-Computing tidak hanya lebih baik untuk privasi, tetapi juga lebih cepat.

Sebagai informasi, Echo Show 15 adalah satu-satunya perangkat yang akan menggunakan chip AZ2 Neural Edge baru untuk saat ini. Diharapkan, hal itu bisa berubah karena Amazon menghadirkan fitur ID Visualnya ke perangkat lain. Mungkin bahkan drone atau robot.

Leave a Reply

Send this to a friend