Browser Microsoft Edge PWA

Browser Edge Versi PWA di Windows 10 Kini Dukung Fitur Pergantian Profil

NESABAMEDIA.COMDi Windows 10, browser Microsoft Edge kini mendapatkan tambahan fitur baru. Microsoft baru saja mengumumkan bahwa Microsoft Edge kini telah mendukung fitur pergantian profil pada Aplikasi Web Progresif (Progressive Web App atau PWA). Fitur pergantian profil ini telah tersedia untuk seluruh pengguna, selama mereka menggunakan browser yang berjalan di sistem operasi Windows 10 versi Mei 2020 atau yang lebih baru. 

Selama ini fitur pergantian profil di browser Edge hanya tersedia untuk versi standalone, namun kini Microsoft menghadirkannya untuk browser Edge versi aplikasi web juga. Fungsinya pun juga tidak ada perbedaan, yakni digunakan untuk memudahkan berganti profil ketika memuat situs untuk akun kerja dan akun untuk kebutuhan pribadi. 

PWA sendiri sekarang ini telah menjelma menjadi aplikasi yang semakin dibutuhkan oleh pengguna Windows 10, terlebih PWA mampu membantu pengguna untuk mengatasi kekurangan aplikasi yang tersedia di Microsoft Store. Di saat yang sama, semakin banyak juga perusahaan yang menambahkan dukungan PWA untuk situs mereka, termasuk di antaranya adalah Google. 

Awal bulan ini, Google secara resmi telah menawarkan aplikasi web untuk Youtube, yang memudahkan pengguna untuk memuat layanan tersebut. Dan diyakini bahwa Google juga tengah mengembangkannya untuk menambahkan fungsi penggunaan offline. 

Microsoft mengatakan, berpindah akun di browser Edge versi aplikasi web bisa dilakukan sangat mudah. Pengguna tinggal mengklik ikon profil mereka yang ada di Title Bar, di aplikasi yang dijalankan. 

“Jika anda memasang situs yang sama atau PWA pada profile Edge yang berbeda-beda, kami telah mengenalkan fitur penggantian profil di aplikasi agar pengguna bisa berpindah akun dengan mudah di dalam aplikasi. Dengan adanya eksperimen ini, anda hanya akan melihat sebuah tile aplikasi di Windows untuk aplikasi tersebut. Selain itu, ketika aplikasi mulai dijalankan, yang akan dimuat adalah profil terakhir yang digunakan. Fitur pengganti profil itu hanya akan ditampilkan jika terdeteksi ada lebih dari satu akun di aplikasi tersebut” kata Microsoft menjelaskan.

Fitur baru ini sekarang hanya tersedia untuk pengguna Windows 10 saja, namun Microsoft diyakini akan menambahkan ke versi browser lain dalam beberapa bulan mendatang. 

Bambang

Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense. 

Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website. 

Leave a Reply

Send this to a friend