Apa itu Routerboard

Apa itu Routerboard? Mengenal Pengertian Routerboard

Mikrotik merupakan perusahaan yang bergerak di bidang produksi hardware atau routerboard dan juga perangkat lunak atau router OS yang berkaitan dengan sistem jaringan komputer. Perusahaan ini berkantor di Latvia yang bersebelahan dengan Rusia.

Perusahaan Mikrotik berdiri pada tahun 1995 yang memang bertujuan untuk mengembangkan sebuah router dan juga sistem ISP atau Interver Service Provider tanpa kabel atau nirkabel.

Kini, istilah mikrotik sendiri memang sudah identik dengan sistem jaringan internet. Banyak internet baik yang dipasang di sekolah atau bahkan di warnet sekali pun sudah menggunakan sistem mikrotik. Ketika menggunakan sistem ini pengguna harus memasukkan username dan juga password agar mereka bisa mengakses internet.

Pengertian Routerboard

Pengertian Routerboard

Ketika membahas tentang mikrotik, tentu kita tidak bisa mengesampingkan routerboard. Istilah ini juga populer dan pastinya mereka yang sudah lama mengenal mikrotik sudah tidak asing lagi dengan istilah yang satu ini. Routerboard merupakan sebuah perangkat keras atau hardware yang dibuat oleh Mikrotik. Perangkat ini bekerja dengan menggunakan sistem operasi berupa RouterOS.

Jika Anda perhatikan, routerboard merupakan sebuah perangkat yang memang sekilas hampir sama dengan komputer atau laptop. Hal ini karena perangkat tersebut mempunyai prosesor, RAM, ROM, dan bahkan Memory Flash. Namun yang menjadi pembeda memang sistem operasi yang digunakan di mana routerboard menggunakan sistem operasi khusus yang memang untuk perangkat jaringan internet yaitu RouterOS.

Routerboard memiliki beberapa tipe arsitektur, jenis, model, interface, dan lain-lain. Perbedaan ini memberikan kemudahan bagi kita karena kita tinggal memilih mana perangkat yang sesuai dengan kebutuhan jaringan kita.

Selain itu, terdapat beberapa seri dari routerboard yang berguna sebagai wifi, bridge, wifi client, access point, mislanya RB433, RB411, RB600. Mayoritas ISP wireless memakai routerboard di dalam menjalankan fungsi wirelessnya agar berjalan dengan baik.

Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan Routerboard?

1. Kelebihan Routerboard

  • Mudah dibawa ke mana saja, terlebih untuk RB750 yang cukup Anda masukkan saku
  • User friendly
  • Tidak memerlukan daya listrik yang besar
  • Garansi terjamin ketika terjadi kerusakan
  • Mendapatkan lisensi resmi langsung dari pabriknya

2. Kekurangan Routerboard

  • Ketika ada komponen yang rusak, maka kita kesulitan mengganti komponen tersebut
  • Troubleshootingnya cukup sulit ketika mengalami masalah yang cukup parah
  • Untuk RB750 terkadang mengalami hang yang disebabkan oleh resource dari CPU yang penuh

Dengan adanya routerboard, Anda juga bisa lebih mudah di dalam menjalankan fungsi router tanpa perlu lagi bergantung pada PC. Hal ini karena seluruh fungsi yan terdapat di dalam router tersebut sudah ada di dalam routerboard.

Dibandingkan dengan komputer yang diinstal RouterOS, routerboard memiliki ukuran yang lebih kecil. Selain itu, routerboard juga lebih compact dan tidak memerlukan konsumsi listrik yang besar karena Anda hanya perlu mencolokkan adaptor.

Leave a Reply

Send this to a friend