Bug di Windows Defender Ini Bikin Ribuan File Dengan Sendirinya

Bug di Windows Defender Ini Bikin Ribuan File Dengan Sendirinya

NESABAMEDIA.COMDalam beberapa hari terakhir, sejumlah laporan di forum Reddit dan Microsoft muncul dan mengeluhkan mengenai adanya masalah dengan aplikasi Windows Defender yang menyebabkan boot drive milik pengguna mendadak kepenuhan.

Beberapa pengguna komplain ada sebuah file kecil berukuran 2KB yang menyebabkan masalah, sementara laporan lain mengatakan bahwa harddisk berukuran beberapa giga mereka dipenuhi oleh ribuan file dari folder Windows Defender. 

Lebih lanjut, file yang berjumlah ribuan itu muncul di folder ProgramData\Microsoft\Windows Defender\Scans\History\Store Folder, yang juga membuat pencadangan dalam jumlah banyak.

Jika melihat dari panjangnya respon dari postingan di kedua forum itu, bug tersebut sepertinya terjadi pada pengguna yang menggunakan beberapa software keamanan atau antivirus di Windows Server 2016 dan 2019. Beberapa pengguna mengaku mereka sama sekali tidak bisa membuka folder tersebut, karena boot drive yang terus menerus terisi file yang menyebabkan terjadinya lag. 

Sejumlah admin memberikan respon dengan menyarankan untuk mematikan perlindungan real-time yang ada di Windows Defender, sementara pengguna lain mulai membagikan skrip berisi perintah baris untuk menghapus file yang ada di folder riwayat tersebut.

File Yang Memenuhi Folder Windows Defender

File Yang Memenuhi Folder Windows Defender

Pengguna Reddit lainnya juga mengaku telah mengirimkan masalah ini kepada pihak Microsoft dan mendapatkan respon bahwa pihak Microsoft telah mengetahui masalah yang sedang terjadi ini dan mereka akan segera merilis perbaikan. 

Dalam responnya itu, pihak Microsoft mengatakan bahwa sumber masalah telah ditemukan terletak pada mesin Windows Defender dengan versi 1.1.18100.5 dan sedang diperbaiki dengan sebuah pembaruan, yang akan menjadikan versinya berubah ke 1.1.18100.6. Pembaruan itu sendiri dikatakan telah mulai diluncurkan ke pengguna sejak berita ini dibuat, dan mungkin akan hadir di perangkat pengguna secara bertahap.

Bug tersebut telah membuat sejumlah admin sistem begitu frustasi karena mereka tidak bisa berbuat banyak dengan perangkat yang mereka gunakan. Perangkat menjadi lambat, karena sistem terus membuat file baru di folder Windows Defender tersebut, dan bahkan membuat file pencadangan dari masing-masing file yang dibuat tadi. Jika anda mengalami masalah yang sama, ada baiknya untuk segera memeriksa halaman Windows Update di perangkat anda.

Leave a Reply

Send this to a friend