Bug Windows 10 Freeze

Bug Windows 10 Ini Baru Dapat Perbaikan Setelah 6 Bulan Berikutnya

NESABAMEDIA.COMWindows 10 menimbulkan sejumlah error yang disebabkan oleh pembaruan kumulatif, yang dilaporkan pengguna mereka mengalami freeze pada sistem perangkat mereka. Namun pihak Microsoft mengatakan telah mengetahui laporan tersebut dan mereka telah merilis pembaruan untuk perbaikan dalam versi Preview. 

Kembali ke bulan Mei 2020, Microsoft merilis pembaruan Windows 10 Mei 2020, yang merupakan pembaruan opsional selama kurang lebih dua bulan sebelum akhirnya dirilis secara umum. Namun sayangnya, pembaruan itu menimbulkan sejumlah masalah yang belum terpecahkan solusinya hingga sekarang. 

Salah satu yang paling dikeluhkan oleh pengguna adalah perangkat mereka menjadi freeze atau lebih lambat dari biasanya. Salah seorang pengguna dalam postingan di forum Windows 10 mengatakan jika saat bermain game, tiba-tiba saja perangkatnya melambat dan terkadang mengalami freeze (berhenti). 

Tidak banyak yang bisa dia lakukan untuk memperbaiki masalah tersebut, kecuali harus dengan melakukan hard reset perangkat. Setelah melakukan hard reset, dia bisa memainkan game-nya kembali namun beberapa saat berikutnya masalah yang sama kembali muncul.

Lebih lanjut, freeze itu muncul secara random setidaknya hingga tiga kali berturut-turut. Sistemnya tiba-tiba mendadak berhenti, semakin lama sering tidak merespon kecuali dia melakukan hard reset. Hal ini dia alami sejak meningkatkan versi Windows 10 miliknya ke versi 2004. Minggu kemarin, pengguna lain di Reddit juga mengeluhkan hal yang sama. 

Dalam sebuah pembaruan yang dipublish melalui halaman dukungan, Microsoft menjelaskan bahwa pembaruan Windows 10 KB4580364 bisa memperbaiki masalah yang membuat sistem operasi dan program tertentu menjadi tidak merespon dan berhenti bekerja. 

Secara lebih mendetail, Microsoft menyebut sumber permasalah diketahui karena adanya deadlock di driver TCP/IP sehingga menimbulkan masalah performa bagi sebagian user. Sebagai informasi, TCP/IP merupakan fitur berbasis jaringan yang menentukan bagaimana sebuah perangkat PC berkomunikasi dengan perangkat PC lainnya. 

Perlu diperhatikan adalah bahwa Windows 10 KB4580364 ini merupakan pembaruan opsional, jadi pengguna tidak perlu melakukan unduhan dan pemasangan jika memang tidak mengalami masalah seperti di atas. 

Pembaruan opsional selalu berisi perbaikan bug dan sejumlah peningkatan, namun pembaruan ini tidak terunduh secara otomatis di perangkat pengguna. Setelah pembaruan ini dirilis untuk pengujian di Windows Insider, kemungkinan akan dirilis bersamaan dengan Patch Tuesday berikutnya.

Leave a Reply

Send this to a friend