Aplikasi Youtube Music Google

Aplikasi Youtube Music Dibanjiri Ulasan Bintang 1 dan Keluhan di Play Store

NESABAMEDIA.COMSebelumnya dikabarkan bahwa Google telah mematikan aplikasi Play Music, dan memaksa pengguna untuk beralih ke aplikasi Youtube Music. Sejak dirilis pada 2011 silam, Play Music telah diunduh lebih dari 5 miliar kali di Google Play Store, sebelum akhirnya dimatikan dan digantikan Youtube Music yang lahir pada 2018 lalu.

Di sisi lain, keputusan Google untuk mematikan Play Music itu tidak terlalu mengejutkan. Pasalnya aplikasi itu dianggap sudah terlalu tua dan pihak Google tidak banyak melakukan perubahan dan peningkatan, khususnya pada bagian antarmuka-nya. Ketimbang memperbarui antarmuka, Google pada akhirnya lebih memilih menawarkan Youtube Music ke pengguna.

Sebelum benar-benar mematikan, Google beberapa bulan sebelumnya telah meminta pengguna untuk mulai migrasi atau memindahkan file mereka yang ada di Play Music, ke Youtube Music

Dan hal yang tak terhindarkan akhirnya terjadi sejak bulan lalu, di mana pengguna Play Music disambut dengan notifikasi penutupan Play Music di perangkat mereka. Dan sejak saat itu, pengguna pun berbondong-bondong mengunduh Youtube Music.

Sayangnya, apa yang dilakukan oleh Google itu tidak mendapatkan sambutan hangat dari pengguna. Mereka yang sudah menjadi penggemar berat Play Music sejak bertahun-tahun lalu, mengecam aplikasi Youtube Music yang dianggap tidak memberikan pengalaman sebaik Play Music.

Hal ini bisa terlihat di halaman review Youtube Music di Google Play Store. Aplikasi itu hanya mendapatkan rating kurang dari tiga bintang. Ulasan terbaru pun didominasi oleh ulasan dengan bintang satu dan keluhan dari pengguna. 

Dari sini, pengguna benar-benar terlihat tidak senang dengan apa yang ditawarkan Youtube Music yang disebut pengganti Play Music oleh Google. Salah satu ulasan bahkan mengatakan bahwa seharusnya Google tidak mencoba memperbaiki hal yang sebenarnya tidak mengalami kerusakan. Sebuah sindiran yang cukup keras dari penggemar berat Google Play Music.

Keluhan paling utama yang diteriakkan pengguna adalah soal lagu yang tidak tersedia, tidak ada fitur cast ke desktop, dan masalah saat memuat file dari perangkat penyimpanan. 

Memang sejauh ini Youtube Music masih cukup baru dan hal yang baik membutuhkan waktu yang tidak instan. Di tengah banyak ulasan buruk, sejumlah ulasan baik juga terlihat yang menyebutkan bahwa setidaknya apa yang ditawarkan Youtube Music lebih banyak yang bersifat gratis, khususnya saat memutar lagu kesukaan. 

Youtube Music juga menawarkan fitur yang tidak dimiliki oleh kompetitornya (Spotify), yakni fitur untuk melakukan streaming video music. Selain itu juga memberikan pengalaman sinkronisasi yang sangat lancar dengan layanan utama Youtube.

Jika diperhatikan dengan sesama juga, kebanyakan keluhan itu diberikan oleh pengguna perangkat Android. Sementara pengguna perangkat iOS cukup bisa menyambut dengan hangat. Atau karena memang aplikasi tersebut tidak banyak masalah jika digunakan di perangkat iOS. Di App Store, Youtube Music justru mendapatkan total rating 4.7/5. 

Ulasan bintang 1 itu kemungkinan besar juga diakibatkan oleh kekecewaan para pengguna Play Music di Android yang harus dipaksa beralih ke Youtube Music oleh Google. 

Leave a Reply

Send this to a friend