Pembaruan Versi Windows 10 Dihentikan

2 Versi Windows 10 Akan ‘Dimatikan’ Microsoft Dalam Waktu Dekat

NESABAMEDIA.COMPembaruan terus dirilis oleh Microsoft untuk sistem operasi Windows 10 besutannya. Namun versi individu dari Windows 10 itu tidak semua mendapatkan pembaruan secara rutin. Dua versi paling populer diantaranya, bahkan akan dihentikan dukungannya pada tahun ini. Pengguna pun disarankan untuk beralih ke versi lainnya

Selama ini pengguna harus melakukan pembaruan secara rutin dalam jangka waktu yang cukup sering. Setidaknya ada dua kali pembaruan utama dirilis oleh Microsoft, dan pembaruan bulanan yang bisa datang tiga sampai lima kali dalam satu bulannya. 

Jika pengguna bukanlah seorang yang rutin memperbarui sistem operasinya, maka setidaknya pengguna itu harus tahu kapan dukungan untuk versi sistem operasi yang digunakan akan berakhir. Pasalnya, Microsoft tidak akan mengelola satu per satu versi sistem operasinya selamanya. Begitu dukungan dihentikan, maka Microsoft tidak akan lagi menjamin keamanan dan kestabilan dari sistem operasi yang digunakan pengguna itu. 

Seperti yang terjadi pada Windows 10 versi 1809 yang belakangan sudah jarang mendapatkan pembaruan, dan dikabarkan akan mulai berhenti mendapatkan dukungan pembaruan keamanan pada November mendatang.

Kemudian hal yang sama juga dilakukan pada Windows 10 versi 1903. Di mana dikabarkan akan dihentikan dukungannya dalam waktu sangat dekat. Meski demikian, dalam sebuah rilisan artikel resminya, Microsoft menjelaskan bahwa untuk versi 1903 masih akan mendapatkan pembaruan untuk keamanan saja hingga bulan Desember mendatang. 

Itu artinya, pengguna yang masih menggunakan kedua sistem operasi di atas yakni, versi 1903 dan 1809, disarankan untuk beralih ke Windows 10 versi terbaru. Setidaknya hingga beberapa minggu ke depan. 

Jika memang Microsoft memiliki jadwal tersendiri untuk memberikan dukungan pada sistem operasinya itu, tentu pengguna juga bisa mengetahui jadwal tersebut bukan?

Microsoft selama ini biasanya memberikan dukungan untuk versi Windows 10 rata-rata sekitar 18 bulanan. Biasanya begitu versi terbaru sudah dirilis, pengguna yang mengaktifkan fitur update otomatis, tidak perlu bingung karena sistem akan memberitahukan ketika versi terbaru itu sudah ada. 

Sementara jika pengguna tidak mengaktifkan fitur pembaruan otomatis dan sudah lama tidak memperbarui sistem operasinya, Microsoft juga akan memberikan notifikasi untuk melakukan pembaruan. Meski terkadang nofitikasi itu muncul lebih lambat daripada seharusnya.

Leave a Reply

Send this to a friend