• Our Partners:

Microsoft Windows 10

Microsoft Tawarkan Opsi Pengaturan Lebih Detail Saat Instalasi Windows 10

NESABAMEDIA.COMProses instalasi Windows 10 oleh Microsoft dijadikan semakin cepat dan langsung terarah. Membutuhkan sedikit sekali interaksi pengguna untuk memasukkan data saat tahap instalasi, di luar kebutuhan privasi dan pengaturan kustomisasi pengguna. 

Meski hal tersebut menjadikan proses instalasi semakin cepat dan efisien, namun di sisi lain juga membuat kontrol pengguna terhadap perangkat mereka semakin kecil. Yang kemudian justru harus melakukan pengaturan lagi setelah proses instalasi selesai, untuk mendapatkan pengaturan yang diinginkan dan sesuai kebutuhan. 

Dalam pembaruan Windows 10 yang akan datang, Microsoft akan memberikan fokus dalam masalah pengaturan saat instalasi ini. Namun, detailnya masih misterius.

Jika melihat di lapangan, tidak banyak pengguna Windows 10 yang melakukan kustomisasi pengaturan secara mendetail dan hanya melakukan klik, menuruti perintah yang direkomendasikan Microsoft. Ini berarti, banyak pengguna yang tidak memaksimalkan fitur yang disediakan di Windows 10, kecuali Microsoft mengirimkan notifikasi bertubi-tubi untuk memperkenalkan fitur yang ada.

Hal itupun berarti juga banyak pengguna yang tidak menyadari, apa saja yang bisa dilakukan Microsoft di balik layar, dengan sejumlah aplikasi berjalan yang juga tidak diketahui fungsinya oleh pengguna.

Pada versi preview Windows 10 20231, Microsoft memperkenalkan fitur instalasi Windows 10 yang baru. Microsoft akan menawarkan pengaturan lebih mendetail mengenai penggunaan Windows 10 itu nantinya, berdasarkan minat, kesukaan dan latar belakang pengguna masing-masing. 

Tampilan Instalasi Windows 10 Baru

Tampilan Instalasi Windows 10 Baru

Sejauh ini Microsoft juga tidak menginformasikan secara mendetail setiap opsi atau pilihan yang ditawarkan kepada pengguna itu. Namun sekilas opsi pengaturannya ditujukan untuk Settings, Fitur dan Aplikasi bawaan yang terkait dengan opsi yang dipilih.

Pada pembaruan versi 20231 itu juga membawa sejumlah fitur dari peninjauan sebelumnya, seperti integrasi Skype Meet Now pada Taskbar Windows 10. Microsoft juga secara perlahan memindahkan informasi yang ada di halaman Control Panel ke halaman Settings untuk versi yang lebih lanjut.

Karena informasi yang diberikan Microsoft sangat terbatas, fitur opsi tingkat lanjut saat instalasi Windows 10 itu juga belum tentu akan hadir dalam pembaruan di waktu dekat ini. Pihak Microsoft juga menjelaskan, fitur uji coba opsi instalasi itu hanya akan muncul ketika pengguna yang tergabung dalam program beta tester, melakukan penginstalan ulang sistem operasi mereka.

Leave a Reply

Send this to a friend