Cara Aktivasi Microsoft Office 2016

Tutorial Cara Aktivasi Microsoft Office 2016 Secara Permanen, Mudah Banget!

Ketika membicarakan Microsoft Office, banyak yang mengira didalamnya hanya berisi Word, Excel dan PowerPoint. Untuk versi Microsoft Office 1.0 dan 1.5, memang benar isinya hanya ketiga software tersebut, tapi jumlah tersebut terus bertambah seiring dengan munculnya versi-versi baru. Di dalam Microsoft Office 2016, jumlah totalnya sudah meliputi 9 software.

Tidak hanya jumlahnya saja yang bertambah, tapi juga fitur-fiturnya. Sebagian diantaranya benar-benar fitur baru yang tidak ada di versi-versi sebelumnya, sedangkan sebagian lainnya adalah hasil pengembangan dari fitur-fitur yang sudah ada. Contohnya, Track Changes dan Co-Authoring.

Kalau anda tertarik dengan semua fitur tersebut, Microsoft Office 2016 harus melalui proses aktivasi dulu untuk bisa digunakan, yang langkah-langkahnya bisa anda telusuri di dalam artikel ini. Sebenarnya di dalam Microsoft Office 2016 itu sendiri sudah ada panduan berbahasa Indonesia untuk cara aktivasi Microsoft Office 2016, tapi nyatanya masih banyak pengguna yang tetap membutuhkan panduan yang lebih mendetail, dan karena itulah kami mengulasnya di bawah ini sejelas mungkin.

Cara Aktivasi Microsoft Office 2016

1. Setelah selesai melakukan instalasi Microsoft Office 2016, langkah selanjutnya adalah melakukan aktivasi. Jika anda cek pada menu File > Account maka disana anda akan melihat tulisan Activation Required yang berarti Microsoft Office 2016 belum diaktivasi.

Aktivasi Microsoft Office 2016 - Part 1

2. Untuk melakukan aktivasi Microsoft Office 2016, anda perlu mendownload activatornya disini. Setelah itu jangan lupa untuk menutup semua aplikasi Office dan matikan sementara antivirus yang anda gunakan. Jika dimintai password, masukkan: 000000

3. Bagi anda pengguna Smadav, terlebih dahulu anda harus klik kanan ikon Smadav yang ada di pojok kanan bawah desktop (taskbar) kemudian pilih Allow Windows-Script & Office-Macro (Until Restart).

pilih Allow Windows-Script & Office-Macro (Until Restart)

4. Klik kanan file yang anda download tadi kemudian pilih Extract Here.

Aktivasi Microsoft Office 2016 - Part 2

5. Masukkan password: 000000

 

Aktivasi Microsoft Office 2016 - Part 3

6. Masuk ke folder Activator > AAct 3.9.5 Portable kemudian klik 2X AAct_x64.

Aktivasi Microsoft Office 2016 - Part 4

7. Jika muncul warning seperti gambar dibawah ini, tinggal pilih Run anyway.

pilih Run anyway

8. Setelah aplikasi terbuka, pilih Office Activation dan tunggu proses aktivasi hingga selesai.

pilih Office Activation

9. Jika anda cek pada menu File > Account maka akan ada tulisan Product Activated yang menandakan bahwa Microsoft Office 2016 sudah berhasil diaktivasi dan siap digunakan.

Aktivasi Microsoft Office 2016 - Part 7

Fitur Microsoft Office 2016

Microsoft Office 2016 makin powerful jika digunakan di komputer yang terkoneksi dengan internet. Smart Lookup, misalnya, adalah fitur yang fungsinya mirip seperti asisten digital yang membantu anda mencari informasi di internet tanpa membuka browser.

Dengan koneksi internet tersebut anda juga bisa berkolaborasi dengan orang lain dalam mengedit dokumen. Jika ada yang melakukan kesalahan, saat itu juga kesalahan tersebut bisa langsung diperbaiki oleh supervisor atau rekan kerja yang mengedit dokumen yang sama. Inilah yang disebut fitur Co-Authoring. Di Microsoft Office 2013 fitur ini sudah ada, tapi lebih canggih lagi setelah kemampuannya ditingkatkan di Microsoft Office 2016.

Berbagi file juga lebih mudah asalkan anda sudah memiliki akun OneDrive. Di dalam Microsoft Office 2016 ada tombol Share untuk membagikan file yang sudah selesai diedit atau yang sedang dalam proses kepada orang lain melalui OneDrive. Anda pun bisa menyertakan pesan mengenai file tersebut melalui kolom pesan di dalam kotak dialog Share. Siapa pun yang menerima file tersebut bisa mengedit atau hanya membaca saja, tergantung dari hak akses yang anda berikan kepada si penerima.

Penutup

Itulah tutorial cara aktivasi Microsoft Office 2016. Software versi baru biasanya lebih berat daripada versi sebelumnya jika didalamnya mengusung banyak fitur tambahan, tapi sebagian pengguna berpendapat bahwa Microsoft Office 2016 justru terasa lebih ringan daripada Microsoft Office 2013. Hal ini menunjukkan bahwa Microsoft tidak hanya sukses dalam mengembangkan fitur-fitur di Microsoft Office 2016, tapi juga berhasil memperbaiki performanya secara signifikan.

Di sisi lain anda juga perlu tahu bahwa sebagian besar peningkatan fitur Microsoft Office 2016 ditujukan untuk kolaborasi yang menuntut koneksi internet. Tentu anda masih bisa menggunakannya secara offline, tapi itu berarti penggunaannya tidak akan bisa maksimal seperti yang seharusnya. Namun jika anda memiliki pertimbangan lain dan tetap ingin menginstall Microsoft Office 2016, petunjuk-petunjuk di atas untuk melakukan aktivasi dapat mempermudah prosesnya sehingga anda bisa segera menggunakan software tersebut.

Muchammad-Zakaria-Nesabamedia

Founder dan Chief Editor di Nesabamedia.com. Lebih suka nonton film ketimbang menulis, menulis kalau lagi mood aja. Salam kenal ya!

13 Comments

  1. Agung
  2. Iwan
  3. banyu
  4. kar
  5. Rezi Junialdi
  6. hetity
  7. Fikri Rabbani
  8. ella
  9. Robert
  10. Yuv
  11. dahlan
  12. saiful fata

Leave a Reply

Send this to a friend