Begini Cara Aktivasi Windows 7 32 / 64 Bit Secara Offline dan Permanen

Windows 7 masih menjadi pilihan bagi kebanyakan pengguna komputer. Meskipun ada versi Windows yang lebih baru, Windows 7 masih banyak digunakan karena sistem operasi ini tergolong ringan dan tampilannya juga tidak begitu ketinggalan zaman, ya meskipun jika dibandingkan secara apple to apple dengan Windows 10, tentu Windows 7 sedikit ketinggalan jauh.

Alasan pengguna masih tetap memilih Windows 7 sebagai sistem operasi mereka dikarenakan Windows 7 tergolong stabil, minim sekali adanya bug dan error dan hampir semua kalangan, baik kalangan muda dan tua, tidak akan kesulitan ketika menggunakan Windows 7.

Alasan lain kenapa kebanyakan orang masih menggunakan Windows 7 dikarenakan komputer / laptop mereka memiliki spesifikasi hardware yang cukup jadul sehingga mau tidak mau mereka harus menggunakan Windows 7 sebagai sistem operasi mereka. Jika komputer / laptop yang memiliki spesifikasi rendah dipaksa menjalankan sistem operasi Windows 10 atau yang lebih baru, yang ada kinerjanya bakalan tambah lemot / lag.

Cara Aktivasi Windows 7 Tanpa Ribet

Setelah melakukan instalasi Windows 7 yang sudah pernah saya bahas sebelumnya, langkah selanjutnya adalah melakukan aktivasi Windows 7. Mungkin beberapa dari anda kebingungan bagaimana cara melakukan aktivasi Windows 7 tanpa harus memiliki product key.

Seperti yang kita tahu bahwa harga product key Windows 7 cukup mahal, dan untuk kalangan pelajar sedikit keberatan dan tidak mempunyai cukup uang jika membeli product key Windows 7. Maka dari itu, disini saya akan memberikan solusi bagi anda untuk cara aktivasi Windows 7 dengan mudah:

1. Setelah anda selesai melakukan instalasi Windows 7 namun belum mengaktivasinya, maka jangan heran jika anda akan mendapati tampilan hitam / black screen seperti gambar dibawah. Dan biasanya di pojok kanan bawah tertulis “This copy of Windows is not genuine“. Tidak hanya itu, anda juga akan dibatasi dan tidak dapat menikmati fitur-fitur Windows 7 secara maksimal.

This copy of Windows is not genuine

2. Download dulu activator Windows 7-nya melalui link ini dan download juga WinRAR untuk keperluan mengekstrak file melalui link ini.

3. Sebelum melakukan aktivasi Windows 7, pastikan anda mematikan / disable sementara antivirus yang terinstall di komputer / laptop, entah itu Avast, Avira, ESET, Smadav atau yang lainnya.  Antivirus yang aktif biasanya dapat anda lihat di menu startup yang terletak di pojok kanan bawah. Seperti yang ditunjuk tanda panah merah, disitu saya menggunakan 2 antivirus, yang pertama ESET dan yang kedua Smadav.

Download dulu activator Windows 7-nya

4. Meskipun Smadav bukan termasuk antivirus utama, tapi kita tetap harus mematikannya dengan cara klik kanan ikon Smadav dan pilih Disable Protection (Until Next Restart).

cara aktivasi windows 7 ultimate

5. Kemudian disable juga antivirus ESET dengan cara klik ikonnya dan pilih Pause protection. Alangkah lebih baiknya jika anda menguninstall semua antivirus yang terinstall di komputer / laptop anda. Nanti setelah aktivasi selesai bisa diinstall kembali antivirusnya.

Disable Protection (Until Next Restart)

6. Namun jika anda baru saja selesai melakukan install ulang Windows 7 dan belum menginstall antivirus apapun, maka anda bisa skip langkah nomor 3 sampai 4.

7. Klik kanan file activator kemudian pilih Extract Here.

cara aktivasi windows 7 dengan windows loader

8. Setelah itu klik kanan windows loader dan pilih Run as administrator.

pilih Run as administrator

9. Setelah aplikasi terbuka, silakan pilih Install untuk mengaktivasi Windows 7 anda.

cara aktivasi windows 7 dengan cmd

10. Tunggu proses aktivasi hingga selesai.

Tunggu proses aktivasi

11. Jika anda mendapatkan warning seperti ini, pilih saja Restart.

pilih saja Restart

12. Setelah komputer / laptop nyala dan masuk ke desktop, silakan masuk ke menu System untuk mengecek berhasil tidaknya proses aktivasi. Caranya dengan cara masuk ke Start Menu, ketikkan “system” dan akan muncul opsi System.

cara aktivasi windows 7 offline

13. Pada opsi Windows activation akan muncul tulisan Windows is activated yang menandakan bahwa Windows 7 anda berhasil diaktivasi.

Windows is activated

Itulah tutorial cara aktivasi Windows 7 yang bisa saya jelaskan. Setelah berhasil melakukan aktivasi, anda tidak akan melihat lagi tulisan “This copy of Windows is not genuine” yang mengganggu.

Sekali lagi saya tekankan, jika anda mempunyai cukup uang untuk membeli product key Windows 7 yang asli, silakan anda beli saja, itu lebih baik. Namun jika anda pelajar yang tidak mempunyai cukup uang untuk membeli yang asli, bisa menggunakan cara ini sebagai alternatif untuk mengaktivasi Windows 7 anda. Semoga tutorial diatas bermanfaat dan mudah dipahami.

Leave a Reply

Send this to a friend