Cara Install Python di Windows

Begini Cara Install Python di Windows untuk Pemula, Yuk Disimak!

Cara mudah menginstall Python di Windows 10, 8 dan 7 untuk pemula yang ingin belajar pemrograman Python.

Anda seorang programmer ? Atau Anda sedang mencari-cari bahasa pemrogramman yang ingin Anda pelajari lebih lanjut ? Maka salah satu bahasa program yang populer akhir-akhir ini seperti bahasa Python dapat Anda coba untuk dipelajari.

Python merupakan bahasa pemrograman yang interpretatid multiguna yang menggunakan filosofi perancangan yang berfokus pada tingkat keterbacaan dari code-codenya. Python juga telah menggabungkan kapabilitas, kemampuan, syntax code dan memiliki fungsi untuk library dengan kualitas yang tinggi.

Bahasa pemrograman Python dapat Anda pelajari dengan mudah karena memiliki struktur dan syntax yang lebih dipahami dibandingkan dengan bahasa pemrograman yang lainnya.

Cara Install Python di Windows

Python juga merupakan salah satu bahasa pemrograman yang sangat sederhana. Dibandingkan dengan bahasa program Java dan C++, bahasa program Python lebih cocok dipelajari untuk para pemula karena memiliki struktur yang sederhana dan juga telah memakai tata bahasa seperti kita berbicara dengan komputer.

Berikut langkah-langkah dalam menginstall Python di Windows 10.

1. Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu kita harus mendownload installer Python di website resminya. Klik disini untuk masuk kedalam website resmi Python. Setelah itu klik tombol Download Python 3.9.1. Saat ini versi terbaru dari Python adalah 3.9.1.

cara install python

2. Apabila installer python telah terdownload, klik dua kali pada installer Python tersebut.

Cara Install Python di Windows

3. Maka akan muncul window Warning. Klik button Run untuk menjalankan program.

python

4. Kemudian klik button Install Now untuk menginstall aplikasi Python 3.9.1.

Cara Menginstall Python di Windows

5. Maka Anda harus menunggu proses installasi aplikasi Python selesai.

python

6. Apabila proses installasi selesai dan berhasil, klik tombol Close untuk menutup installasi aplikasi Python.

python

7. Selanjutnya yaitu membuka idle Python dengan cara mencari Idle Python di mesin pencari Windows. Klik dua kali pada program app Idle Python.

python

8. Maka akan muncul editor Idle Shell seperti pada gambar dibawah ini. Disini kita akan mencoba  untuk membuat contoh program Python. Caranya yaitu dengan klik menu File yang berada di bagian toolbar. Setelah itu klik menu New File untuk membuat berkas baru.

python

9. Ketikkan perintah print (“Nesabamedia”). Maka output yang akan ditampilkan akan mencetak kata Nesabamedia.

cara installasi aplikasi Python

10. Setelah itu kliklah menu File. Dan didalam menu File, klik menu Save untuk menyimpan file python tersebut.

installasi aplikasi Python

11. Berilah nama file pada contoh program python tersebut. Disini saya akan memberikan nama Coba untuk file program python tersebut. Kemudian klik tombol Save.

installasi aplikasi Python

12. Jalankanlah program python tersebut dengan klik dua kali pada file program python Coba tersebut. Maka output yang dihasilkan akan seperti pada gambar dibawah ini.

installasi aplikasi Python

Bahasa pemrograman Python juga sekarang sudah banyak digunakan oleh berbagai perusahaan untuk keperluan teknologi informasi mereka. Sehingga Anda dapat dengan mudah untuk mencari pekerjaan dengan keahlian program Python.

Python memiliki fitur seperti struktur berorientasi kepada objek, dapat menciptakan modul baru yang dikembangkan dengan bahasa program python juga serta bahasa python memiliki banyak fasilitas yang dapat kita manfaatkan, sehingga proses pengerjaannya cepat dan tepat.

Dengan bahasa program Python, Anda dapat menciptakan program dekstop atau GUI, program CLI, program game, program aplikasi smartphone bahkan program web. Sekarang ini Python juga digunakan untuk membuat program hacking.

Demikianlah artikel yang menjelaskan mengenai cara install python di Windows. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply

Send this to a friend